9 Perawatan Salon Untuk Menghilangkan Kutu Rambut

Pengobatan untuk kutu kepala sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sudah di diagnosis dengan infestasi aktif. Tidak hanya orang yang berkutu, namun anggota keluarga atau seseorang yang dekat dengan penderita juga harus diperiksa dan segera diatasi. Beberapa ahli mengatakan jika pengobatan profilaksis sangat tepat untuk orang yang berbagi tempat tidur dengan seseorang berkutu. Beberapa jenis obat kutu mempunyai efek ovumidal atau membunuh sampai ke telur kutu, sementara untuk obat yang mengandung efek ovumidal lemah atau tidak memiliki sifat ovumidal sama sekali, maka disarankan untuk melakukan peninjauan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa perawatan salon untuk menghilangkan kutu rambut yang sudah terbukti efektif dalam membasmi kutu beserta dengan telurnya.

  1. Steaming

Steaming merupakan salah satu jenis perawatan rambut di salon yang bertujuan untuk mengatasi rambut berketombe dan juga rontok parah. Steaming yang umumnya dilakukan bersama dengan hair mask atau creambath ini juga bisa dijadikan pilihan terbaik untuk menghilangkan kutu rambut. Jika steaming dilakukan untuk menghilangkan kutu, creambath atau hair mask biasanya diganti dengan obat penghilang kutu rambut khusus dan akan dilanjutkan untuk memanaskan atau steaming rambut sehingga kutu beserta telur kutu bisa lebih cepat mati.

  1. Clinical

Perawatan salon berikutnya untuk menghilangkan kutu rambut adalah clinical yang memang masih terdengar asing di telinga orang Indonesia. Clinical ini tidak hanya berguna untuk perawatan salon untuk rambut rontok dan berketombe serta mencegah kebotakan namun bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut dengan tambahan produk khusus pembasmi kutu rambut pada kepala.

  1. Oil Repellent

Oil repellent umumnya akan dilakukan di salon untuk membantu proses cara menghilangkan kutu rambut. Minyak khusus akan dioleskan paa rambut sehingga menghentik kutu untuk berkembang biak sekaligus membunuh kutu rambut yang tersisa sehingga tidak dapat menetas. Selain itu, oil repellent juga memiliki fungsi tambahan yakni memberikan perlindungan tambahan untuk rambut. Oil repellent umumnya akan disemprotkan ke rambut selama beberapa kali lalu dilanjutkan dengan pemijatan ringan di kulit kepala.

  1. Sampo Kutu Rambut

Perawatan salon selanjutnya untuk membasmi kutu adalah dengan mengganti sampo biasa pada saat akan keramas dengan sampo khusus kutu rambut yang bisa mencegah bahaya kutu rambut seperti gatal. Sampo pembasmi kutu yang ada di salon sudah dilengkapi dengan enzim alami yang sangat efektif digunakan untuk mengatasi kutu rambut dan tersedia dalam berbagai varian dan aroma khusus yang bisa dipilih sesuai selera. Dalam sampo penghilang kutu rambut di salon mengandung formula enzimatik dengan pH seimbang, biodegradable, bebas dari pestisida, ramah lingkungan dan bisa digunakan orang dewasa ataupun anak anak.

  1. Produk Spesifik

Setiap salon ternama tentunya memiliki bahan yang dirahasiakan dalam membasmi ciri ciri rambut berkutu sehingga bisa menambahkan keunggulan tersendiri pada salon tersebut. Setelah menggunakan produk yang spesifik, selanjutnya akan di sisir untuk menyingkirkan kutu rambut yang masih tersisa. Sedangkan pengobatan kutu rambut memakai alat yang dinamakan LouseBuster merupakan alat yang menghasilkan panas untuk membunuh kutu beserta dengan telurnya. Risiko kecil seperti kulit kepala yang terbakar bisa saja terjadi apabila dilakukan oleh operator yang kurang terlatih sehingga pemilihan salon terbaik harus dilakukan.

  1. Pemberian Pyrethrins

Pyrethrum atau pyrethrins merupakan bahan aktif yang ada dalam sampo perawatan rambut di salon yang berguna untuk menyerang sistem saraf kutu hidup penyebab rambut berkutu. Bahan ini adalah sejenis racun untuk kutu yang akan membuat kutu langsung mati. Namun, jika kutu rambut termasuk dalam kutu yang resisten terhadap toksin, maka dibutuhkan perawatan lanjutan untuk menghilangkan kutu sampai tuntas.

  1. Pemberian Sampo Lindane

Lindane merupakan organoklorida yang sudah mendapatkan persetujuan dari FDA untuk merawat kulit kepala dan membasmi kutu rambut. Namun, penggunaan lindane ini harus dilakukan dengan sangat hati hati, tidak boleh berlebihan dan tidak boleh tertelan sebab bisa menjadi racun bagi otak dan juga sistem saraf sehingga harus diberikan oleh salon yang sudah terpercaya. Lindane juga tidak boleh diberikan bagi bayi prematur, orang yang menderita HIV, mempunyai gangguan kejang, sedang dalam masa kehamilan dan menyusui dan memiliki luka di bagian kulit kepala.

  1. Penggunaan Hairdryer

Dalam sebuah penelitian, metode udara panas yang sering digunakan di salon untuk mengeringkan rambut terbukti ampuh untuk cara menghilangkan telur kutu yang masih hidup dengan aktif. Saat ini, salon juga tidak lagi menggunakan hairdryer kuno yang hanya bisa membunuh sekitar 89% telur kutu dan 10% kutu. Sekarang ini, salon sudah mulai memakai hairdryer terbaru yang ampuh membasmi hingga 89% telur kutu dan juga 55% kutu dewasa.

  1. Pemberian Spinosad

Spinosad adalah insektisida alami dari bakteri yang ditemukan dari tanah dan umumnya sudah dikemas dalam bentuk lotion. Spinosad ini sudah digunakan pada berbagai salon di seluruh dunia sejak bulan Januari 2011 untuk seseorang berkutu yang sudah berumur diatas 4 tahun. Pengobatan dengan memakai spinosad ini terbukti ampuh untuk cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam waktu 14 hari sebanyak 86.7%.

Perawatan salon untuk menghilangkan kutu rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda tergantung dari jenis produk penghilang kutu yang digunakan dan juga jenis treatment yang dilakukan dalam setiap salon. Pastikan untuk memilih salon yang terpercaya dan sudah dilengkapi tenaga ahli supaya terhindar dari kerusakan rambut yang semakin parah.