21 Cara Melembabkan Bibir Secara Alami

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup sering diperhatikan oleh kebanyakan orang. Untuk itulah mengapa perawatan bibir sangat penting dilakukan dan harus dilakukan demi menjaga kesehatan serta kecantikannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bibir lebih cantik, misalnya saja dengan sulam bibir, atau bisa juga dengan melakukan suntikan agar bibir tampak tebal dan seksi. Namun sayangnya cara tersebut hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ahli, dan untuk menjaga kelembaban bibir serta kecantikannya tidak cukup dengan cara itu saja. Ladies, kali ini kita akan membahas bagaimana cara melembabkan bibir secara alami, yuk simak caranya yang berikut ini.

  1. Air putih

Air putih merupakan salah satu cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dan setiap orang harus mengonsumsi air putih paling tidak 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi. Air putih juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan tubuh kita, dan salah satunya untuk menjaga kelembaban bibir mu.  Dan untuk menjaga kelembaban bibir kamu harus mengonsumsi air putih sebanyak mungkin, agar bibir sehat dan lembab ya ladies. Cara memilih air putih yang sehat juga harus kamu lakukan, caranya dengan memilih air putih yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa.

  1. Susu skim

Susu skim merupakan salah satu susu yang bisa kamu gunakan sebagai masker bibir. Dan menggunakan susu skim sebagai masker bibir, bisa membuat bibir tampak lebih lembab setiap saat loh ladies. Kamu bisa menggunakan susu skim yang plan, dan hanya tinggal mengoleskan saja pada bibir mu yang terasa kering. Perawatan ini bisa kamu lakukan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya ladies.

  1. Yogurt

Tahukah kamu jika yoghurt juga ternyata bermanfaat dan berperan penting dalam menjaga bibir yang lembab. Kamu bisa menggunakan yoghurt krim untuk olesan bibir, dan cara ini banyak digunakan oleh beauty blogger untuk menjaga kelembaban dan kecerahan warna bibirnya. Kamu bisa menggunakan yoghurt dengan berbagai rasa, dan pastikan jika yoghurt yang kamu gunakan masih jauh dari tanggal kadaluwarsa ya ladies.

  1. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang berasal dari alam, dan madu juga sangat aman digunakan untuk bahan kecantikan bahkan untuk dikonsumsi. Kamu bisa memanfaatkan madu untuk masker bibir mu yang kering, dan cara melembabkan bibir dengan madu juga sangat mudah sekali loh ladies. Oleskan madu pada bibir mu yang kering dan pecah-pecah, lalu diamkan hingga madu mengering dengan sendirinya. Pastikan jika kamu menggunakan madu yang bersih ya ladies, agar tidak menyebabkan bibir mu teriritasi.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun ini sebagai salah satu cara mengatasi bibir kering . Minyak ini mengandung vitamin E yang mampu menutrisi kulit bibir yang dehidrasi. Dan hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir, kamu sudah bisa mendapatkan khasiatnya loh ladies.

  1. Makan sayur

Kurangnya nutrisi dalam tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah loh ladies, begitu juga dengan kulit bibir mu. Untuk menghindari kekurangan nutrisi pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi sayuran atau buah. Kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan lain sebagainya. Jangan lupa juga makan buah yang kaya akan nutrisi seperti apel, jeruk, pepaya dan lain sebagainya untuk menjaga kesehatan bibir mu dan kulit tubuh mu ya ladies.

  1. Lip balm

Lip balm bisa menjadi salah satu pilihan ketika kamu mengalami kekeringan di bagian bibir, dan kamu bisa memilih jenis lip balm yang mengandung air cukup banyak. Pastikan jika kamu memilih lip balm yang sudah terdaftar pada BPOM dan jauh dari tanggal kadaluwarsa ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit bibir mu dan terhindar dari bahan kosmetik yang berbahaya. Jangan tergiur dengan lip balm yang murah, perhatikan dahulu merk, fungsi dan manfaatnya sebelum kamu membelinya.

  1. Gula dan madu

Membuat scrub dari gula dan madu adalah cara yang tepat dan alami untuk mencerahkan dan melembabkan bibir mu yang kering ataupun kusam. Gula dapat kamu gunakan sebagai butiran scrub, dan madu sebagai pelembab bibir yang kering dan pecah-pecah. Menggunaknnya juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan gula sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan madu sebanyak 1 sendok makan, dan campurkan dengan gula.
  • Selanjutnya aduk hingga tercampur.
  • Lalu oleskan pada bibir, gosok perlahan hingga 1 menit.
  • Kemudian kamu bisa diamkan hingga madu meresap pada bibir, dan bilas dengan air hangat.

Cara ini bisa kamu lakukan setiap 2 kali dalam seminggu, dan pastikan jika bibir selalu dalam keadaan yang bersih dan sehat ya ladies.

  1. Madu dan yoghurt

Madu adalah salah satu bahan alami yang dapat dihasilkan dari lebah. Madu sendiri mengandung banyak nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kita semua. Madu bisa kita manfaatkan untuk menjaga kelembaban bibir yang kering dan pecah-pecah, dan kamu bisa mencampurkannya dengan yoghurt. Cara membuat masker bibir menggunakan madu dan yoghurt juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama siapkan madu sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan yoghurt sebanyak 1 sendok makan, dan campurkan dengan madu.
  • Selanjutnya oleskan pada bibir secara merata, diamkan hingga agak mengering dan pijat perlahan hingga 2 menit.
  • Jika sudah dipijat, kamu bisa membasuh bibir mu dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan bibir yang lembab sempurna.
  1. Gula dan minyak zaitun

Gula bisa digunakan sebagai scrub bibir, dan kamu bisa mencampurnya dengan minyak zaitun loh ladies. Kamu bisa mendapatkan bibir yang cerah sekaligus lembab dengan menggunakan minyak zaitun dan gula. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama siapkan gula sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan, dan campurkan dengan gula.
  • Selanjutnya aduk hingga tercampur.
  • Lalu oleskan pada bibir, gosok perlahan hingga 1 menit.
  • Kemudian kamu bisa diamkan hingga madu meresap pada bibir.
  • Terakhir kamu bisa membilas bibir dengan air hangat.

Cara ini bisa bisa membuat bibir mu tampak lebih lembab, dan pastikan jika kamu melakukannya dengan bahan yang bersih dan bibir yang sudah bersih juga ya ladies. Lakukan perawatan untuk melembabkan bibir ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Mentega dan stroberi

Mentega adalah salah satu bahan yang sangat sering digunakan untuk membuat kue atau makanan, dan tidak hanya itu karena mentega dan stroberi bisa digunakan sebagai salah satu cara memerahkan bibir secara alami. Bahan ini juga sangat banyak dijual bebas di pasaran dan kamu juga bisa menemukannya di toko tradisional. Mentega bisa dimanfaatkan untuk emlembabkan bibir mu yang kering dan cara menggunakannya juga sangat mudah.

  • Pertama siapkan mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan stroberi, dan lembutkan stroberi dengan manual saja.
  • Selanjutnya campurkan mentega dengan stroberi, aduk merata ya ladies.
  • Kemudian oleskan pada bibir mu dan diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan tisu dengan cara ditepuk-tepuk saja.

Ladies, cara ini bisa kamu terapkan ketika kamu ingin membuat bibir tampak lebih lembab, dan pastikan jika mentega yang kamu gunakan belum memasuki tanggal kadaluwarsa.

  1. Mentega dan susu bubuk

Susu bubuk yang biasanya diseduh menggunakan air hangat, ternyata juga bisa kamu bisa menggunakan manfaat susu untuk kulit untuk pelembut bibir loh ladies. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, dan kamu bisa menambahkan mentega untuk pelembabnya.

  • Langkah pertama siapkan mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Langkah kedua siapkan susu bubuk sebanyak 1 sendok makan dan campurkan mentega dengan susu tersebut.
  • Selanjutnya aduk merata ya ladies.
  • Kemudian oleskan pada bibir mu dan diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Dan yang terakhir bilas dengan menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan tisu dengan cara ditepuk-tepuk saja.

Langkah ini bisa bisa membuat bibir mu tampak lebih lembab, dan pastikan jika kamu melakukannya dengan bahan yang bersih dan bibir yang sudah bersih juga ya ladies. Lakukan perawatan untuk melembabkan bibir ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Mentega dan madu

Tidak hanya susu bubuk saja yang bisa kamu manfaatkan untuk melembabkan bibir mu yang kering dan pecah-pecah, tapi madu juga bisa kamu gunakan sebagai perawatan bibir pecah-pecah dan kering. Dan dengan menambahkan madu pada mentega, maka bibir akan lebih ternutrisi serta lembut loh ladies. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali.

  • Pertama kali siapkan dahulu mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua kamu bisa siapkan madu sebanyak 1 sendok makan.
  • Selanjutnya campurkan mentega dengan madu ya ladies.
  • Aduk merata mentega dengan madu.
  • Lalu oleskan mentega madu pada bibir mu yang kering dan pecah-pecah.
  • Kemudian diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat, dan usaplah dengan tisu kering dan bersih secara perlahan.

Langkah ini bisa kamu pilih sebagai salah satu cara melembabkan bibri mu yang kering. . Lakukan perawatan untuk melembabkan bibir ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Mentega dan minyak zaitun

Menggunakan mentega dan minyak zaitun sebagai salah satu bahan alami pelembab bibir adalah ide yang bagus loh ladies. Kamu bisa memanfaatkan dua bahan yang mengandung minyak alami ini untuk di aplikasikan pada bibir mu yang kering. Cara untuk memanfaatkannya juga sangat mudah sekali, kamu bisa simak cara yang berikut ini.

  • Yang pertama kali siapkan dahulu mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Yang kedua kamu bisa siapkan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan.
  • Selanjutnya campurkan mentega dengan minyak zaitun ya ladies.
  • Aduk merata mentega dengan minyak zaitun merata.
  • Lalu oleskan mentega minyak zaitun pada bibir mu yang kering dan pecah-pecah.
  • Langkah selanjutnya, diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat, dan usaplah dengan tisu kering dan bersih secara perlahan.

Ladies, langkah ini bisa bisa membuat bibir mu tampak lebih lembab, dan pastikan jika kamu melakukannya dengan bahan yang bersih dan bibir yang sudah bersih juga ya ladies. Lakukan perawatan untuk melembabkan bibir ini paling tidak 2 kali dalam seminggu.

  1. Mentega dan minyak almond

Tahukah kamu, jika minyak almond ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pelembab bibir. Minyak almond ini biasanya mudah ditemukan di supermarket besar atau toko bahan kue, dan kamu bisa mencampurkannya dengan mentega. Cara menggunakannya juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Untuk pertama kali yang harus disiapkan dahulu adalah mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Yang kedua kamu bisa siapkan minyak almond sebanyak 1 sendok makan.
  • Selanjutnya campurkan mentega dengan minyak almond ya ladies.
  • Aduk merata mentega dengan minyak almond merata.
  • Lalu oleskan mentega minyak almond pada bibir mu yang kering dan pecah-pecah.
  • Langkah selanjutnya, diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat, dan usaplah dengan tisu kering dan bersih secara perlahan.

Langkah yang satu ini bisa bisa membuat bibir mu tampak lebih lembab, dan pastikan jika kamu melakukannya dengan bahan yang bersih dan bibir yang sudah bersih juga ya ladies sebelum di olesi . Lakukan perawatan untuk melembabkan bibir ini paling tidak 3 kali dalam seminggu.

  1. Mentega dan minyak kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut saja loh ladies, tapi juga menjaga kelembaban kulit bibir mu yang kering. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa pada mentega yang akan kamu oleskan pada bibir. Dan cara menggunakannya juga sangat mudah sekali, bahkan kamu hanya tinggal mencampurnya.

  • Langkah yang pertama adalah menyiapkan mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Langkah yang kedua adalah menyiapkan minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan. Dan pastikan minyak kelapa tersebut asli ya ladies.
  • Kemudian campurkan mentega dan minyak kelapa hingga tercampur merata.
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskannya pada bibir mu yang kering.
  • Dan diamkan hingga agak sedikit mengering sendiri.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat, dan usaplah bibir mu dengan menggunakan tisu yang bersih ya ladies.

Lakukan perawatan bibir ini sebanyak 3 kali dalam seminggu, agar kamu mendapatkan bibir yang lembabnya maksimal dan sehat. Pastikan kamu melakukan perawatan bibir dengan rutin, dan pastikan juga ketika kamu membuat masker bibir menggunakan alat yang steril ya ladies.

  1. Mentega dan alpukat

Ladies, alpukat tidak hanya bagus untuk kulit dan pencernaan saja, tapi alpukat juga sangat bagus untuk menjaga kelembaban bibir mu yang kering. Cara menggunakan masker alpukat sebagai pelembab bibir juga sangat mudah sekali loh ladies, kamu bisa mencampurnya dengan mentega.

  • Pertama kali siapkan dahulu mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua kamu bisa siapkan alpukat sebanyak 2 sendok makan.
  • Selanjutnya campurkan mentega dengan alpukat ya ladies.
  • Aduk merata mentega dengan alpukat.
  • Lalu oleskan mentega alpukat pada bibir mu yang kering dan pecah-pecah.
  • Kemudian diamkan hingga 30 menit lamanya.
  • Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat, dan usaplah dengan tisu kering dan bersih secara perlahan.
  1. Mentega dan yoghurt

Mentega yang biasanya digunakan untuk kue atau makanan, manfaat mentega untuk bibir  juga banyak, dan mentega bisa juga dicampurkan dengan krim yoghurt untuk melembabkan bibir loh ladies. Dengan mencampurkan kedua bahan ini, maka kamu akan mendapatkan bibir lembab yang maksimal loh, dan cara menggunakanhya juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan mentega sebanyak 1 sendok makan.
  • Kedua siapkan yoghurt sebanyak 1 sendok makan, dan campurkan dengan mentega.
  • Selanjutnya oleskan pada bibir secara merata, diamkan hingga agak mengering dan pijat perlahan hingga 2 menit.
  • Jika sudah dipijat, kamu bisa membasuh bibir mu dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan bibir yang lembab sempurna.
  1. Kurangi menjilat bibir

Menjilat bibir ketika terasa kering sangat sering sekali dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun tahukah kamu, jika dengan menjilat bibir ternyata bisa membuatnya semakin kering dan pecah-pecah. Ladies, ketika kamu merasa bibir mu kering, sebaiknya basuh saja dengan air yang bersih atau minumlah yang banyak. Jika kamu ingin lebih aman, oleskan saja lip balm pada bibir untuk menjaga kelembabannya.

  1. Kurangi kafein

Kafein sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, mengapa demikian? Karena kafein bisa membuat kulit kusam, kulit kering dan bahkan ,membuat kukit wajah semakin menua atau lebih tepatnya terjadi penuaan dini. Kelemababan bibir ternyata juga sangat dipengaruhi oleh kafein yang kita konsumsi loh ladies, oleh karena itu sebaiknya kurangi konsumsi kafein untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mu.

  1. Tidur cukup

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh mu dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kamu harus tidur paling tidak 7 jam dalam sehari, dengan begitu kamu bisa mendapatkan energi baru dan mendapatkan kulit tubuh yang sehat sepanjang hari, begitu juga dengan kulit bibir ya ladies.

Menjaga dan merawat kesehetan serta keindahan bibir menjadi tanggung jawab setiap wanita di dunia ini. Kamu bisa melakukan perawatan tersebut hanya dirumah sendiri loh ladies, tanpa harus datang ke salon dan melakukan perawatan yang mahal. Jadi jangan ragu untuk melakukan perawatan sendiri dengan bahan alami ya ladies.