4 Cara Mengatasi Kulit Kering di Bawah Mata

Mata adalah jendela dunia, bagi wanita maka adalah hal yang sering ditonjolkan penampilannya. Maka harus ada perawatan tersendiri bagi mata khususnya pada area kulit di bawah mata. Kekeringan kulit di bawah mata adalah satu dari sekian banyak masalah yang membuat wanita tampak lebih tua.

Maka dengan beberapa infomasi ini akan diulas cara agar membuat area bawah mata tidak kering. Selamat membaca, Ladies!

1. Minum air putih yang cukup

Menghidrasi kulit atau memberikan kelembapan pada kulit wajah memiliki banyak manfaat terutama kulit di sekitar bawah mata. Manfaat minum air putih jika diminum sebelum tidur juga banyak dampaknya untuk kesehatan tubuh. Mempertahankan asupan air yang cukup membuat kulit terhidrasi dan meingkatkan aliran darah kapiler untuk mendukung kulit yang sehat dan tampak muda.

Sebaliknya, keadaan dehidrasi mengentalkan darah dan mengeringkan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan air dapat meningkatkan hidrasi stratum korneum, yang merupakan lapissan luar kulit. Air juga membantu mencegah atau bahkan mengobati garis halus, bekas luka, jerawat, dan kerutan.

Kebutuhan air harian seseorang bervariasi tergantung pada faktor termasuk jenis kelamin, usia, kehamilan atau menyusui, diet, cuaca, dan tingkat fisik. Standar lama adalah minum setidaknya 8 gelas air sehari. Namun, National Academies of Science, Engineering, and Medicine menetapkan bahwa pria harus minum3,7 liter dan wanita 2,7 liter air sehari.

Asupan air harian harus terpenuhi, jika anda merasa haus maka anda telah berada di tahap awal dehidrasi. Asupan air dapat anda penuhi dengan mengkonsumsi

2. Hindari menekan kulit

Menekan kulit di bagian bawah mata dengan kencang dapat menimbulkan kerutan di bawah mata. Dengan menekan bagian kulit maka akan terdorong untuk masuk dan menimbulkan bekas kerutan yang akan menjadi kerutan mata di usia dini permanen di bawah mata.

Karena kulit bagian bawah mata termasuk kulit yang sensitif maka harus diperlakukan dengan lembut. Jika anda menggunakan make up mata seperti eyeshadow maka cara untuk membersihkannya pun harus dengan kapas yang lembut dan tidak boleh terlalu kuat saat menghapusnya.

Kerutan di bawah mata sering terjadi karena kesalahan perawatan yang dilakukan, seperti mengucek mata dan mengusap bawah mata dengan keras. Hal ini dapat menimbulkan itirasi atau kerutan-kerutan baru di bawah mata. Jika anda menggunakan pembersih mata, sebaiknya dilakukan pula hidrasi di bawah mata agar tidak menjadi kering setelah dibersihkan.

Anda bisa mengompres mata anda menggunakan irisan timun atau pelembab khusus untuk bagian bawah mata agar tidak kering. Jika bagian bawah mata anda kering maka akan mempercepat pula munculnya kerutan yang membuat anda terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Antioksidan untuk kulit awet muda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Manfaat antioksidan vitamin C, E, dan Zinc sudah diketahui dengan baik. Zinc juga melindungi terhadao radiasi UV, meningkatkan penyembuhan luka, berkontribusi untuk fungsi kekebalan dan neuropsikiatri, dan mengurangi resiko relatif kanker dan penyakit kardiovaskular.

Semua jaringan tubuh mengandung Zinc, di kulit, itu lima hingga enam kali lebih banyak terkonsentrasi di epidermis daripada dermis. Gelatin juga merupakan antioksidan yang diperoleh dari tulang dan kulit ikan.

Gelatin secara konvensional telah diekstrasi dari kulit dan tulang kolagen spesies tertentu terutama sapi dan babi. Tetapi karena pertimbangan sosial budaya dan keamanan yang terkadit dengan sumber sumber ini, sumber alternatif lain seperti spesies laut mulai digunakan.

Untuk tujuan teknologi, gelatin telah dikembangkan secara ekstensif digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan elastisitas, konsistensi dan stabilitas makanan, tetapi juga dapat menimbulkan peptida aktif oleh hidrolis protease, yang menunjukkan potensi untuk bertindak sebagai penghambat enzim pengubah angiotensin atau sebagai antioksidan.

4. Memakai Eye Cream Berbahan Lembut

Eye Cream merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk pemilik permasalahan kulit di sekitar mata terutama mata bagian bawah. Eye cream dapat menghidrasi kulit serta memberikan nutrisi pada kulit bagian bawah mata. Namun semahal apapun eye cream yang anda beli tidak dapat membuat awet muda, eye cream hanya dapat merawat kulit bukan mencegah penuaaan.

Meskipun tidak ada ekstrak ajaib yang akan menghentikan proses penuaan sama sekali, eye cream dapat membantu mengurangi tampilan kerutan, hanya jika memiliki komponen yang tepat. Produk mata dengan retinol untuk meningkatkan pergantian sel, dan diformulasikan gel karena lebih ringan dan mudah diserap.

Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit tidak bereproduksi dengan cepat dan retinol membantu mempercepat prosesnya. Memang, retinol (turunan vitamin A) memiliki kemanjuran yang telah lama terbukti dalam memerangi penuaan.

Rupanya, tidak hanya itu yang bisa dilawan. Retinol sebenarnya telah digunakan selama lebih dari 3000 taahun untuk membantu mengatasi segala macam masalah kesehatan, termasuk rabun senja. Direkomendasikan vitamin C dan peptida serta bahan-bahan mapan dengan manfaat anti-penuaan, ini akan membantu memperkuat kulit dan membuatnya lebih kuat.

Antioksidan dapat membantu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti asam natrium piroglutamat untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit. Ada juga yang menyarankan bahan aktiv bernama ceramide untuk pelembab, meskipun bukan sebagai solusi jangka panjanguntuk garis-garis halus. Dan ada juga yang menyarankan asam hialuronat untuk mengurangi tampilan kerutan.