8 Buah yang Dapat Memutihkan Kulit

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa nutrisi yang bersumber dari makanan mempengaruhi kondisi kulit. Mengonsumsi buah, sayuran, dan lemak sehat memiliki pengaruh yang baik sebagai sumber vitamin, mineral, dan juga antioksidan.

Terdapat lebih dari Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat Alami dan Permanen, salah satunya adalah formula dari buah-buahan yang dapat memutihkan kulit. Berbagai merek kosmetik dan perawatan kulit bahkan menggunakan sayuran dan buah-buahan sebagai formula utama dalam produk mereka.

Tidak hanya dicampurkan pada produk kosmetik dan perawatan kulit, berbagai produsen juga menciptakan formula minuman yang bersumber dari buah-buahan agar lebih ringkas dikonsumsi. Berikut ini adalah 8 buah yang dapat memutihkan kulit.

1. Jeruk Nipis

Buah dengan rasa segar ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang membuat mapu mengatasi imflamasi dan penyakit kronis. Vitamin C dalam jumlah besar pada jeruk nipis akan melindungi dari infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Jeruk nipis dapat Anda konsumsi sebagai minuman dengan cara mencampurkannya dengan air hangat dan juga madu. Es jeruk nipis juga dapat menjadi pilihan lainnya, sangat cocok sebagai minuman pendamping dari makanan yang dibakar.

Jeruk nipis juga dapat Anda jadikan masker wajah dengan cara membelah jeruk nipis menjadi dua bagian dan menggosokkannya ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Masker jeruk nipis tidak dianjurkan bagi pemilik kulit kering dan digunakan dalam rentang waktu yang tepat karena terdapat Efek Memakai Masker Jeruk Nipis Setiap Hari.

2. Pepaya

Buah berwarna jingga ini mengandung vitamin A, C, dan B yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kulit. Anda pasti sudah sangat familiar dengan berbagai sabun yang mengusung pepaya sebagai ‘jagoan’-nya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi secara langsung buah pepaya. Buah ini akan membantu Anda memperlancar pencernaan sehingga kulit akan terlihat lebih bersih dan tampak lebih cerah.

Anda juga dapat menghaluskan pepaya untuk dijadikan masker pada wajah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pepaya untuk dijadikan lulur kulit tubuh dengan cara mencampurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh kulit jeruk, kemudian dioleskan pada kulit.

3. Asam Jawa

Terdapat banyak Manfaat Buah Asam Untuk Kecantikan. Asam jawa atau yang lebih dikenal sebagai tamarin ini ternyata memiliki khasiat memutihkan wajah, lho! Berbagai kandungannya antara lain AHA, vitamin A, dan vitamin C. Tiga kandungan ini akan membantu mencerahkan bekas jerawat dan mempercepat penyembuhan.

Asam jawa dapat Anda jadikan masker dengan cara merebus sekitar 30 gm dengan 100 ml air. Kemudian pisahkan daging buahnya dari biji saat tamarin sudah tidak panas. Campurkan daging buah tersebut dengan sejumput bubuk kunyit, aduk hingga rata. Lalu oleskan pada wajah.

Selain dengan bubuk kunyit, Anda juga dapat menyampurkan asam jawa dengan yoghurt, pepaya, madu, dan lemon. Gunakan campuran yang tepat sesuai dengan tipe kulit yang Anda miliki, misalnya menggunakan campuran lemon untuk kulit yang cenderung berminyak dan gunakan madu untuk kulit yang kering.

4. Lemon

Lemon dapat dikatakan salah satu buah populer yang digunakan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Mulai dari krim anti-jerawat hingga lotion anti-penuaan. Lemon juga banyak dikonsumsi untuk sistem pencernaan yang baik.

Vitamin C yang tinggi di dalam lemon membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi dan jaringan parut pada kulit. Lemon juga merupakan bahan pemutih alami karena mampu membantu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari.

Agar mendapat manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi air lemon yang dicampur dengan sesendok madu untuk diminum di pagi hari.  Apabila dioleskan pada kulit, Anda dapat menyampurkannya dengan madu atau susu.

5. Semangka

Buah merah menyegarkan ini mengandung banyak serat dan air. Selain itu, semangkan kaya akan mengandung Vitamin C, A, B1, B6 dan Lycopene yang penting dalam meningkatkan kesehatan dan tekstur kulit secara keseluruhan.

Selain buah untuk memutihkan kulit, semangkan juga berkhasiat melembabkan kulit karena 92% buah ini terdiri dari air. Satu hal yang menjadi favorit hampir seluruh orang adalah buah ini tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Semangka dapat kamu nikmati dengan cara dipotong-potong atau menjadikannya sebagai jus. Anda juga dapat mencampurkannya dengan buah lain untuk salah buah. Tentu saja Anda juga dapat mengoleskan semangka yang telah dihaluskan pada kulit wajah sebagai masker.

6. Mentimun

Buah ini seringkali digunakan sebagai masker untuk mengurangi ‘mata panda’. Tidak heran, buah ini mengandung Vitamin C, K, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit putih, cerah, dan bersinar.

Buah yang sebagian besarnya terdiri dari air ini memiliki efek mendinginkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan masker pada malam hari setelah seharian beraktivitas di bawah sinar matahari.

Anda dapat menjadikan mentimun sebagai cemilan sehari-hari dengan dipotong kecil, atau menyampurkannya dengan salad sayur. Sebagai masker wajah, Anda dapat memarut mentimun dan mencampurkannya dengan susu atau air mawar secukupnya, kemudian dioleskan ke kulit.

7. Pisang

Si kuning ini adalah salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, pisang juga sangat praktis untuk dikonsumsi. Pisang memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, C, K, E, mineral, dan folat. Setidaknya terdapat Manfaat Pisang untuk Kulit Wajah dan Tubuh, salah satunya dalam mencerahkan kulit wajah.

Pisang dapat dikonsumsi secara langsung, namun juga sangat nikmat disajikan dengan olahan lain seperti jus pisang susu, smoothies pisang, overnight oats dengan pisang, pudding pisang, dan roti dengan campuran pisang iris di tengahnya.

Anda juga dapat membuat masker pisang dengan cara yang mudah untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan tips di bawah ini.

  • Siapkan 1 buah pisang, susu secukupnya, madu secukupnya, dan air mawar secukupnya.
  • Campurkan semua bahan di atas hingga rata.
  • Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

8. Persik

Buah persik atau yang sering disebut buah peach ini adalah salah satu sumber vitamin C yang sangat terkenal dalam memutihkan atau mencerahkan kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, E, K, kalsium, dan mineral lainnya.

Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh kesehatan pencernaan, dan buah persik memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik bagi sistem pencernaan.

Anda dapat mengonsumsi beberapa irisan buah persik di pagi hari bersamaan dengan sarapan, atau mencapurkannya pada smoothies. Irisan buah persik juga dapat Anda letakkan pada wajah selama sekitar 10 menit sebagai masker yang akan memutihkan kulit.

Memutihkan kulit memang menjadi bagian perawatan para wanita yang memiliki tone kulit yang cerah. Namun, jika Anda memilki tone kulit gelap, Anda juga harus merawatnya dengan baik. Ada Cara Merawat Kulit Hitam Agar Eksotis yang dapat Anda coba.