7 Sayuran untuk Memutihkan Kulit

Kulit yang putih atau cerah merupakan dambaan bagi kebanyakan wanita di Indonesia. Merawat kulit untuk menjadikannya lebih putih atau cerah banyak dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan produk perawatan kulit hingga mengonsumsi makanan tertentu.

Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang ternyata memiliki khasiat untuk memutihkan atau mencerahkan kulit. Metode penyerapannya dapat melalui tubuh bagian dalam maupun dari luar.

Kondisi kulit yang terlihat dari luar merupakan gambaran kondisi tubuh dari bagian dalam. Oleh karena itu, untuk memutihkan kulit tidak hanya bisa melalui perawatan kulit dari luar namun juga melalui pola makan. Berikut ini 7 sayuran untuk memutihkan kulit.

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bagian “wajib” yang harus ada di dapur kita. Aroma-nya yang harum menambah kenikmatan di setiap masakan. Tidak heran, bumbu dapur yang satu ini akan terselip di hampir semua sajian masyarakat Indonesia.

Bawang putih kaya akan  Vitamin C, Vitamin B6, dan zat mangan. Meskipun terdapat kalori, jumlah yang terkandung dalam bawang putih sangatlah rendah. Banyaknya nutrisi yang terkandung menjadikan bawang putih sebagai sumber antioksidan.

Sayuran yang satu ini dapat membersihkan darah sehingga sangat dianjurkan bagi yang memiliki tipe kulit acne-prone. Manfaat bawang putih akan lebih maksimal jika dikonsumsi dalam keadaan mentah karena kandungannya banyak terurai pada saat dimasak.

2. Bayam

Sayuran yang terkenal karena Popeye Si Pelaut ini menjadi salah satu sayuran yang juga dapat memutihkan atau mencerahkan kulit. Daun hijau ini dapat diolah dalam berbagai sajian, bahkan bayam juga dapat dinikmati dengan cara di blend bersama buah dan sayur lainnya.

Bayam kaya akan beta-karoten, yang selanjutnya dirubah menjadi Vitamin A. Saat dikonsumsi, bayam akan meningkatkan kadar kelembaban pada kulit dan menghindarkan kulit dari rasa gatal dan membuatnya menjadi bercahaya.

Selain itu pula mengandung Vitamin C, Vitamin K, zat besi, folat, potasium, dan serat. Anda dapat mengonsumsi bayam secukupnya untuk menghindari terlalu banyak serat. Mengonsumsi serat berlebih akan menyebabkan perut ber-gas, sakit perut, dan kram.

3. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang merupakan pelindung sinar UV sehingga menghindarkan kulit menjadi gelap. Wortel juga kaya akan Vitamin  A yang dapat memperbaiki kerusakaan kulit. Selain itu, terdapat 12 Manfaat Wortel Untuk Kulit Wajah Dan Tubuh lainnya yang perlu Anda ketahui.

Wortel dapat dinikmati dengan berbagai cara. Anda bisa membuat jus wortel dengan memotong-motong ke beberapa bagian, blend potongan wortel dengan sedikit air lemon. Saring ampas wortel jika Anda tidak menyukainya.

Ampas wortel yang tadinya tidak terpakai, dapat Anda jadikan masker wajah dengan cara menempelkan ampas ke bagian wajah untuk sekitar 10 menit. Selain itu, wortel juga dapat digunakan bersamaan dengan kentang dengan Cara Membuat Masker Kentang dan Wortel Untuk Kecantikan Kulit Wajah.

4. Brokoli

Siapa sangka sayur hijau ini ternyata mengandung banyak vitamin C. Selain itu, lutein yang terdapat dalam brokoli mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Terdapat pula kandungan vitamin A, K, B kompleks, seng, tembaga, dan mineral penting lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat dalam brokoli, Anda dapat mengonsumsinya melalui berbagai sajian seperti brokoli rebus, brokoli tumis, jus brokoli, dan smoothies brokoli. Penyajian brokoli juga dapat dijadikan sebagai menu utama ataupun kudapan di sore hari.

Sebagai salah satu sayuran dengan nutrisi terbaik untuk kulit, brokoli sudah banyak ‘diusung’ menjadi peran utama dalam beberapa produk masker wajah. Anda juga dapat mencoba masker homemade dengan mencampurkan brokoli yang sudah dihaluskan dengan madu dan air teh hijau. Cukup gunakan 10 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Kale

Meskipun telah banyak dibudidayakan di Indonesia, Kale adalah sayuran yang berasal dari daratan Eropa. Sayuran hijau ini mengandung vitamin C, E, dan K. Kombinasi 3 vitamin ini dipercaya dapat membantu kulit terlihat lebih cerah. Sebagai sayuran hijau, kale juga menjadi salah satu dari makanan dari Makanan Agar Awet Muda.

Mirip dengan sayuran hijau lainnya, kale dapat diolah ke berbagai masakan, misalnya sayur kale kuah kari, sup kale, tumis kale udang, kale chips, sayur bening kale, dan masakan lainya. Jika Anda menyukai sayur segar, salad dan smoothie adalah cara terbaik unutk mengolah sayuran ini.

Kale juga banyak dijadikan bahan utama pembuatan masker wajah, meskipun saat ini belum banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa produsen yang memiliki masker kale antara lain Garnier dan Eminence.

6. Kentang

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kentang mampu mencerahkan noda hitam yang diakibatkan oleh sinar matahari dan freckles. Anda perlu mengetahui Perbedaan Freckles dan Flek Hitam di Wajah untuk menentukan penangan yang tepat. Kedua hal tersebut dapat diatasi dengan vitamin C, B6, potasium, dan mangan dalam kentang.

Banyak olahan kentang yang dapat Ana coba untuk meraih nutrisi pada kentang, antara lain mashed potato, potato schotel, kentang rebus, kue kentang, baked potato, sup kentang, perkedel kentang, dan masih banyak olahan kentang yang dapat Anda kreasikan.

Sebagai bahan yang secara langsung dioleskan ke kulit, Anda dapat mencoba tips di bawah ini :

  • Siapkan 3 sdm air perasan kentang dan 2 sdm madu
  • Campurkan kedua bahan hingga rata
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Bilas dengan air bersih

7. Kubis

Sayur kubis cukup banyak kita temukan di berbagai hidangan khas Indonesia ini ternyata kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit. Kubis mengandung vitamin C, K, dan B6 yang berperan besar dalam pembentukan kolagen yang sebaiknya diperoleh secara alami daripada suntik kolagen karena terdapat Bahaya Suntik Kolagen Bagi Tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat kubis, Anda dapat mengolahnya ke dalam berbagai sajian nikmat seperti salad kubis, kubis sambal pecal, sop ayam, capcay, siomay, dan kreasi kubis lainnya. Anda juga dapat menjadikan kubis sebagai ‘lalapan’, cukup dengan memotongnya menjadi lebih kecil dan mencucinya dengan bersih.

Selain diolah sebagai masakan, kubis juga dapat Anda gunakan sebagai masker wajah dengan cara berikut ini.

  • Siapkan 4 sdm kubis yang telah dihaluskan, 1 putih telur, 1 sdm madu, 2 sdt tepung beras, dan perasan lemon secukupnya.
  • Campurkan semua bahan hingga tercampur sempurna.
  • Oleskan pada wajah setelah wajah dibersihkan.
  • Pijat ringan kulit wajah selama kurang lebih 2 menit dan diamkan masker selama 20 menit.
  • Bilas wajah dengan air bersih dan gunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.
  • Gunakan masker kubis setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.