7 Buah yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

Tidak hanya makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan tidak hanya makanan yang dapat menyembuhkannya. Timbul dan hilangnya jerawat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti gen, gaya hidup, dan apa yang kita konsumsi.

Mengonsumsi makanan yang tepat akan berpengaruh pada hilang dan munculnya jerawat. Pada sebagian orang, camilan manis seperti cokelat dan produk berbahan susu akan menjadi pemicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, mengganti camilan manis dengan buah akan lebih direkomendasikan.

Buah yang bagus untuk kulit berjerawat, khususnya kulit berjerawat yang meradang, biasanya mengandung antioksidan dan anti-inflamasi seperti kiwi, persik, plum, cherry, pepaya, dan jeruk. Berikut ini manfaat dan kandungan dari buah-buahan tersebut.

1. Kiwi

Kiwi juga disebut sebagai Gooseberry Cina. Tanaman ini berasal dari daratan Cina dan Taiwan dan juga ditanam secara komersial di Selandia Baru dan California. Buahnya memiliki rasa yang sedikit asam dan bisa dimakan mentah atau dimasak. Jus kiwi dapat pula digunakan sebagai pelunak daging.

Kiwi mentah kaya akan vitamin C dan K. Sifat anti-inflamasi buah ini mampu melawan dan menghilangkan jerawat. Anda bisa mengoleskan kiwi yang sudah dihaluskan ke jerawat untuk membersihkannya lebih cepat. Kiwi juga berguna untuk mengontrol produksi sebum (minyak).

Kiwi adalah camilan yang lezat dan sehat, tetapi, seperti semua buah lainnya, kiwi masih mengandung gula alami. Karena itu, Anda harus mengonsumsi kiwi dalam jumlah sedang. Membatasi asupan kiwi hingga 140 gram atau kurang sangat penting untuk menjaga pola makan seimbang.

2. Persik

Sama halnya dengan Kiwi, Persik berasal dari Cina dan merupakan salah satu buah domestikasi paling kuno. Keragaman genetik yang luas ada di Cina di mana buah persik dan spesies terkait tumbuh di provinsi mulai dari Selatan subtropis yang hangat hingga Utara yang dingin dan kering.

Buah persik adalah sumber vitamin C yang baik. Persik dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam, noda, dan jerawat. Makronutriennya juga membantu menghilangkan kerutan dan mengencangkan pori-pori kulit. Tidak heran, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan persik sebagai bahan utama.

Vitamin A, K, E, dan C pada Persik membantu mencegah peradangan pada kulit dan mencegah peradangan yang timbul akibat jerawat di wajah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah persik secara rutin sangat baik untuk khasiat mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah.

3. Plum

Buah Plum dipercayai berasal dari Iran yang kemudian dibawa ke Inggris. Sedangkan dalam beberapa pendapat mengatakan bahwa buah ini berasal dari Cina dan Plum Eropa diperkirakan telah ditemukan dari daerah dekat Eropa Timur atau Asia Barat.

Karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya, buah plum sangat membantu dalam melawan jerawat dan kelebihan minyak dari kulit. Masker plum dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat dan komedo, serta Vitamin A yang dikandungnya dapat membantu mengurangi bekas jerawat secara alami.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah plum dapat menghilangkan luka bekas jerawat dengan cara berikut:

  • Campurkan secangkir plum yang sudah dihaluskan dengan jus mentimun segar. Mentimun juga memiliki berbagai manfaat untuk perawatan wajah.
  • Oleskan kedua campuran tersebut pada wajah di pagi hari.
  • Bilas dengan air setelah 10 menit.

4. Cherry

Cherry dipercaya berasal dari wilayah antara Laut Hitam dan Laut Kaspia yang kemudian berkembang ke Eropa. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa bangsa Yunani adalah yang pertama membudidayakan buah ini dan bangsa Romawi yang mengembangkan dan memperluas produksinya.

Buah merah ini memiliki sifat antibakteri yang mampu menghilangkan dan melawan bakteri jerawat vulgaris. Cherry juga membantu menghilangkan pori-pori yang tersumbat untuk kulit yang bersih secara keseluruhan. Menggunakan bahan ini dalam produk perawatan kulit dapat membantu menenangkan jerawat.

Jus buah cherry akan membantu proses ‘pembersihan’ jerawat dari dalam tubuh, sehingga baik dikonsumsi secara rutin tanpa tambahan gula. Buah cherry asam yang diolah sebagai minuman mengandung antioksidan dan vitamin A, B, C, dan D, dapat membantu menyeimbangkan pH kulit.

5. Pepaya

Meskipun asalnya agak tidak jelas, pepaya dapat mewakili perpaduan dua atau lebih spesies Carica yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Pepaya dipercaya telah tumbuh liar sejak zaman kuno yang kemudian menyebar ke Amerika Selatan, Karibia, Bahama, dan Bermuda.

Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan.Kandungan ini membantu mengurangi jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Papain juga dapat menghilangkan keratin yang rusak. Kandungan daun pepaya juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah.

Pepaya menjadi salah satu buah yang sangat familiar di Indonesia. Pepaya seringkali menjadi kudapan pembuka, baik dalam keluarga maupun kegiatan formal. Menikmati pepaya sangatlah praktis dan dapat diolah menjadi makanan lainnya seperti es buah, salad buah, rujak, lotis, dan jus pepaya.

7. Jeruk

Jeruk diyakini berasal dari Asia yang kemudian dibudidayakan di India dan di China sejak 2.500 SM dan didokumentasikan di China sejak 340 SM. Jeruk terdiri dari berbagai macam jenis seperti jeruk manis, jeruk pomelo dan jeruk mandarin.

Buah dengan rasa segar ini memiliki vitamin C yang sangat tinggi, yang mana merupakan vitamin untuk mencegah jerawat. Jeruk juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan pembengkakan dan kemerahan di sekitar jerawat.

Mengonsumsi jeruk sangatlah mudah, dengan rasanya yang segar maka dapat dimakan secara langsung atau pun dijadikan sebagai jus. Jeruk juga sering dinikmati sebagai puding, campuran jus wortel, dan campuran salad maupun es buah.