13 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Daun Pepaya Pada Wajah

Pepaya adalah buah yang kaya akan kandungan beta karoten yang juga mengandung enzim – enzim kuat serta fitokimia yang bagus untuk kulit. Enzim di dalam pepaya akan memperlambat pembentukan garis halus serta keriput dengan melawan radikal bebas. Ramuan kecantikan rahasia yang ada pada pepaya adalah papain, suatu enzim yang mempunyai khasiat memutihkan dan bisa mengurangi penampakan bekas jerawat serta ketidak sempurnaan warna kulit. Digabungkan dengan alpha hydroxy acids, papain bertindak sebagai bahan pengelupas kulit yang dapat mengurai protein yang tidak aktif dan juga sel kulit mati.

Menggunakan pepaya secara topikal akan dapat melembutkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal. Jika buahnya saja sudah memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit, maka tentunya daun pepaya juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya. Ekstrak dari daun pepaya mengandung jumlah papain dan chymopapain yang tinggi, yang berguna untuk meningkatkan imunitas dan mengurangi radang pada tubuh. Selain itu, tentu saja daun pepaya juga berkhasiat tinggi untuk kulit.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kulit

Daun pepaya berisi vitamin, mineral dan enzim yang mempunyai manfaat untuk hampir segalanya dari mulai merangsang pencernaan, menyehatkan rambut, bahkan untuk kanker. Ini adalah beberapa manfaat untuk kulit yang berasal dari daun pepaya:

  • Pembersih kulit – Kesehatan kulit dimungkinkan oleh vitamin A dan C yang ada di dalam daun pepaya, bahkan kandungannya lebih tinggi daripada di dalam buahnya. Jus daun pepaya dapat digunakan untuk membersihkan kulit berkat kandungan karpain yang dapat menghambat mikro organisme dan segala macam racun. Selain itu, cara menghilangkan flek hitam di wajah juga bisa didapatkan dari kegunaan karpain tersebut.
  • Mengatasi jerawat – Penyebab wajah berminyak dan berjerawat bisa berasal dari makanan, genetika, dan berbagai hal lainnya lagi. Kandungan karpain juga berfungsi untuk menghilangkan berbagai noda, bercak dan jerawat pada kulit wajah serta masalah kulit lainnya yang dilawan dengan efektif. Selain itu Anda juga perlu mengetahui cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat.
  • Mengatasi eksim – Eksim pada kulit wajah juga dapat diatasi secara efektif menggunakan daun pepaya dengan mengoleskan jus daun pepaya ke area kulit yang bermasalah. Luka terbuka dan lecet juga dapat diatasi dengan jus daun pepaya, begitu juga infeksi jamur, kutil, bintik hitam dan cara menghilangkan bekas luka. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan enzim papain, lisozim dan khimoprotein.
  • Mencegah penuaan – Kandungan lebih dari lima puluh asam amino yang ada di dalam daun pepaya dapat memberikan manfaat sebagai cara mengatasi penyebab wajah cepat tua di usia muda, yang juga sering ditemukan dalam produk – produk kecantikan berbahan pepaya.

Cara Menggunakan Daun Pepaya untuk Flek Hitam

Berkaitan dengan cara menghilangkan flek hitam dengan daun pepaya, inilah cara membuat daun pepaya sebagai bahan alami untuk masker wajah:

  1. Siapkan kurang lebih tiga helai daun pepaya, pilihlah yang masih segar.
  2. Cuci dan keringkan daun pepaya sampai layu.
  3. Tumbuk daun sampai halus, tambahkan air hangat hingga menjadi pasta.
  4. Jika teksturnya sudah cukup halus dan merata, oleskan pada wajah secara keseluruhan.
  5. Biarkan untuk menyerap dan mengering selama lima belas sampai tiga puluh menit.
  6. Cuci dan bilas dengan air setelahnya.

Anda juga dapat meminum air daun pepaya untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh dan juga kulit:

  1. Siapkan beberapa daun pepaya berukuran sedang.
  2. Cuci dan keringkan sedikit, tidak perlu sampai kering sepenuhnya.
  3. Potong – potong daun pepaya dan taruh di dalam panci lalu isi dengan sekitar dua liter air.
  4. Rebus sampai mendidih dan airnya menjadi berkurang setengahnya.
  5. Saring air daun pepaya dan taruh di dalam wadah kaca atau wadah kedap udara.
  6. Jus tersebut dapat dimasukkan ke dalam lemari es dan simpan hingga tiga sampai empat hari, namun sebaiknya gunakan air daun pepaya segar.
  7. Jika jus atau air rebusan pepaya yang disimpan menjadi keruh, buanglah dan jangan gunakan lagi.

Karena daun pepaya memiliki rasa yang relatif pahit, Anda bisa mencampurnya dengan jus buah lainnya untuk diminum. Namun perhatikan perbandingan komposisinya, jangan sampai rasa jus buah lain menutupi khasiat jus daun pepaya tersebut.

Manfaat Lain Daun Pepaya

Daun pepaya juga mengandung flavonoid yaitu antioksidan yang cukup kuat untuk mencegah berbagai macam penyakit, antara lain kanker dan penyakit jantung. Selain itu juga ada kandungan vitamin A, B, C, D dan E. Adapun manfaat lain daun pepaya untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan jumlah trombosit – Teh yang dibuat dari daun pepaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Trombosit di dalam darah bisa berkurang jumlahnya karena kekurangan vitamin, berada dalam pengobatan tertentu seperti kemoterapi atau terkena demam berdarah.
  • Mengatasi gangguan pada pencernaan – Daun pepaya mempunyai kemampuan untuk melawan bakteri yang menyebabkan masalah perut berkat kandungan karpain didalamnya yang dapat membunuh bakteri, enzim protase, amilase dan papain yang bisa memecah karbohidrat dan protein serta gluten untuk mempermudah kerja sistem pencernaan dalam mencerna ketiga bahan tersebut.
  • Mencegah Kanker – Senyawa actogenin yang ada di dalam daun pepaya dapat mencegah dan membunuh sel – sel kanker dengan memperkuat sistem imun tubuh.
  • Meringankan nyeri menstruasi – Waktu datang bulang seringkali menjadi suatu hal yang merepotkan bagi sebagian besar wanita karena rasa sakit dan kram perut yang kerap muncul. Air rebusan daun pepaya yang diminum tiga kali sehari dapat membantu meringankan rasa nyeri yang dirasakan wanita setiap kali sedang datang bulan.
  • Mengatasi sembelit  – Sembelit adalah masalah sulit buang air besar yang dialami banyak orang. Mengonsumsi teh kental yang terbuat dari daun pepaya juga berfungsi sebagai pencahar untuk mengatasi masalah sembelit.

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Selain membahas manfaat cara menghilangkan flek hitam dengan daun pepaya, ada juga manfaat pepaya untuk kulit yang perlu Anda tahu. Kandungan pepaya yang banyak bermanfaat untuk kulit wajah, tubuh dan rambut, membuat buah ini banyak digunakan di banyak produk kosmetik, perawatan kecantikan dan perawatan rambut. Berikut ini adalah beberapa manfaat pepaya untuk kecantikan:

  • Mencerahkan rona kulit

Salah satu keuntungan dari pepaya untuk kecantikan adalah khasiatnya untuk mencerahkan rona kulit melalui manfaat masker pepaya bagi kulit. Pepaya mengandung khasiat pemutih kulit alami. Tambahan lagi, manfaat lainnya adalah pepaya dapat membersihkan kulit dari kotoran apapun. Vitamin C yang ada pada pepaya juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Menghidrasi kulit

Kulit kering dan bersisik merupakan suatu hal yang tidak sedap dipandang serta menyulitkan untuk mengaplikasikan make up. Kulit menjadi kering karena kandungan air di dalamnya kurang mencukupi untuk memelihara kelembaban kulit. Pepaya kaya akan kandungan air yang membantu kulit tetap lembut, halus dan lembab. Salah satu masker wajah berbahan pepaya adalah manfaat masker pepaya dan jeruk nipis yang dibuat untuk kulit wajah.

  • Menjauhkan tanda penuaan

Kandungan vitamin A pada pepaya membantu menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit tetap lembut dan kenyal. Adanya fungsi AHA untuk kulit  (alpha hydroxy acid) dan manfaat AHA untuk kulit membantu menguraikan sel kulit mati untuk mencegah tanda – tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Sementara vitamin C dan E pada pepaya membantu meremajakan kulit untuk kulit wajah yang terlihat lebih muda, sebagai cara mencegah penuaan dini dan tips mencegah penuaan dini.

  • Mengurangi jerawat

Enzim papain pada pepaya memiliki manfaat pembersih kulit yang membantu menyingkirkan pori – pori kulit yang tersumbat. Hal ini akan membantu mencegah jerawat. Tambahan lagi, manfaat eksfoliasi wajah yang dimiliki pepaya akan menghilangkan sel kulit mati untuk membebaskan wajah dari kotoran dan pepaya dapat menjadi cara mengatasi wajah berminyak dan berjerawat .

  • Menghilangkan bintik di kulit

Pepaya juga pentng untuk mencerahkan kulit, cara menghilangkan belang di wajah, cara meratakan warna kulit dan menghilangkan noda di kulit, cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari berkat kandungan beberapa enzim di dalamnya. Pepaya juga dapat menjadi cara menghilangkan belang di tangan dan cara menghilangkan belang di kaki.

  • Mengatasi keriput dan kerutan di mata

Adanya kerutan mata di usia muda menyebabkan wajah juga terlihat tua. Manfaat pepaya juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan kerutan dibawah mata dengan khasiat antioksidan yang ada dan juga untuk menghilangkan kerutan di sekitar mulut atau dahi.

  • Mengatasi kaki pecah – pecah

Kulit kaki yang kering menyebabkan kulit memerah dan mengelupas, gatal, bahkan hingga berdarah yang terasa sakit dan terbelah. Penampilan kaki tentunya akan menjadi tidak enak dilihat apabila menggunakan sandal atau sepatu terbuka. Pepaya matang dapat mengobati kulit kaki yang pecah – pecah dan kering karena manfaatnya untuk melembabkan dengan cara menghaluskan telapak kaki .

  • Mencerahkan bulu di wajah

Manfaat bulu halus di wajah sebenarnya untuk kepentingan perlindungan wajah kita, namun seringkali bulu – bulu tersebut tampak terlalu jelas sehingga membuat kaum wanita merasa tidak nyaman. Untuk menghilangkan bulu diwajah yang tampak jelas, Anda bisa menggunakan pepaya mentah. Jika digunakan secara teratur, bulu di wajah akan berangsur berubah warna menjadi lebih terang dan enzim didalam pepaya akan melemahkan folikel rambut pada wajah untuk mencegah rambut tumbuh kembali. Enzim itu terkandung lebih banyak pada pepaya mentah daripada pepaya matang. Ada juga cara menghilangkan bulu di kaki dengan pepaya.

Cara menghilangkan flek hitam dengan daun pepaya memang sangat berkhasiat dan bisa Anda coba, namun dibalik itu semua waspadalah terhadap efek samping yang bisa merugikan bagi Anda yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif. Daun pepaya dan buah pepaya bisa menimbulkan alergi pada kulit, karena itu penting untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakan masker daun pepaya dan masker buah pepaya pada kulit. Walaupun Anda menggunakan masker yang berasal dari daun pepaya, resiko alergi tetap ada. Daun pepaya tetap bisa menjadi penyebab alergi kulit wajah. Oleskan dulu sedikit jus daun pepaya di kulit Anda pada bagian dalam siku atau belakang telinga. Jika tidak ada tanda – tanda alergi seperti kulit kemerahan, gatal atau meradang, maka Anda dapat mencoba daun pepaya dengan aman untuk kulit wajah.