20 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat Alami dan Permanen

Banyak alasan yang menyebabkan para wanita merasa penting untuk memutihkan dan mencerahkan wajah mereka. Kulit wajah yang gelap dan kusam yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi lingkungan, kondisi medis, kulit kering, stres, pemakaian kosmetik dalam waktu lama dan gaya hidup yang buruk dianggap akan mengurangi nilai penampilan seorang wanita. Karena itulah banyak wanita yang berusaha keras agar mendapatkan warna kulit yang persis seperti keinginannya, yaitu putih dan cerah.

Sekarang ini banyak sekali produk kosmetik yang dapat memutihkan kulit seperti metode suntikan, obat – obatan oral ataupun produk pemutih kulit berupa krim, lotion dan lain sebagainya. Semua cara ini bisa saja berhasil namun juga beresiko menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh. Anda bisa saja mencobanya, namun tidak bisa dipastikan bahwa semua metode tersebut aman dan tidak akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Jika Anda ragu mengenai cara memutihkan wajah dengan cepat alami dan permanen yang aman, maka lebih baik Anda menggunakan bahan alami yang sangat minim efek sampingnya.

Memutihkan Wajah Dengan Bahan Alami

Jika Anda dapat mempertahankan cara merawat kulit dengan benar, maka rutinitas tersebut akan membantu untuk menjaga kulit tetap bersih dan cerah. Beberapa bahan alami yang akan menjadi cara memutihkan wajah dengan cepat, alami dan permanen yaitu:

1. Susu bebas gula dan bir

Bir diproduksi dengan fermentasi ragi alami, dengan demikian selain memiliki kandungan alkohol rendah, bir mengandung beberapa enzim yang baik untuk kulit dan kesehatan. Cara membuat wajah putih bersih secara alami dan cepat serta  cara merawat wajah agar putih secara alami dapat dilakukan dengan susu dan bir. Untuk mengaplikasikan cara ini, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Siapkan setengah kaleng bir, 30 ml susu segar dan setengah sendok makan garam laut
  • Campur semua bahan dan aduk
  • Gunakan pada wajah, biarkan selama 15-20 menit lalu bilas.

2. Yogurt

Yogurt merupakan produk turunan susu yang memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit, dan juga mengandung asam laktat yang memiliki khasiat memutihkan kulit sehingga dapat menjadi cara memutihkan wajah secara alami dalam 1 minggu dan juga cara membuat wajah putih untuk pria. Ramuan yogurt cocok untuk digunakan oleh semua tipe kulit wajah. Gosokkan perlahan yogurt pada kulit, biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Anda dapat melakukan perawatan ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasilnya.

3. Putih Telur

Telur adalah makanan yang memiliki banyak manfaat dan tidak hanya dapat digunakan untuk tubuh sehat serta menguatkan sistem imunitas, melainkan juga berguna untuk kulit wajah Anda. Jika Anda mencari bahan pemutih kulit yang ringan namun efektif, jangan mencari jauh – jauh dari dapur Anda. Pisahkan sebuah kuning telur dari putihnya. Kocok bagian putihnya lalu oleskan pada wajah menggunakan kuas. Biarkan mengering lalu bilas wajah seperti biasa untuk mengatasi penyebab wajah susah putih dan cara merawat kulit wajah agar putih.

4. Mentimun dan Lemon

Efek dingin dapat membuat kulit Anda tampak bagus dan bisa memutihkan kulit dengan baik. Hancurkan sepotong mentimun lalu tambahkan beberapa tetes air perasan lemon ke dalamnya. Campuran kedua bahan ini akan mengurangi minyak di wajah dan juga mencerahkan kulit secara alami. Anda juga dapat mengaplikasikannya dibawah mata untuk menghilangkan lingkaran hitam. Anda juga dapat melakukan cara memutihkan wajah dengan air garam.

5. Bunga Kamomil

Bunga kamomil yang wangi dapat menjadi penyelamat jika Anda mencari bahan eksotis dan tidak mahal untuk memutihkan kulit Anda. Tidak hanya bunga – bunga ini akan memutihkan kulit wajah, namun wanginya juga menyenangkan. Siapkan 3-4 sendok makan bunga kamomil kering ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan terendam sampai 10 menit, lalu saring dan gunakan satu sendok makan cairan ini campur dengan satu sendok air mawar. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam ramuan tersebut. Gunakan pada wajah dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Sisa ramuan bisa Anda masukkan ke lemari es.

6. Arang aktif (Activated charcoal)

Arang aktif dapat mengeluarkan debu dan kotoran yang ada didalam pori – pori kulit Anda, juga dapat menyerap racun dan kelebihan minyak yang membuat kulit tampak berjerawat dan bruntusan. Anda bisa membeli arang aktif dalam bentuk kapsul yang lebih mudah untuk digunakan daripada menggunakan kemasan arang aktif dalam botol, yang beresiko meninggalkan noda hitam dimana – mana, atau masuk kedalam hidung hingga Anda bersin. Cara menggunakan arang aktif sebagai cara memutihkan wajah dengan cepat alami dan permanen yaitu:

  • Campur satu sendok teh arang aktif dengan beberapa tetes air
  • Aduk sampai membentuk pasta yang mulus
  • Gunakan pada kulit wajah dan leher
  • Tunggu selama 10 menit sebelum dibilas dengan air suam kuku
  • Lakukan sekali sehari.

7. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain, yaitu suatu enzim pemecah protein yang merupakan bahan alami untuk melawan jerawat dan bisa menjadi cara memutihkan wajah secara alami dalam 2 hari secara alami. Pepaya sangat efektif untuk mendorong pembaruan sel kulit dan memutihkan kulit serta membuat kulit menjadi glowing. Campur satu sendok makan pepaya yang sudah dihancurkan dengan setengah sendok makan air perasan lemon segar dan gunakan pada wajah Anda. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk menyerap kelebihan minyak dan memberi Anda kulit yang bebas kotoran serta bersinar alami.

8. Kunyit

Banyak krim pemutih wajah yang menggunakan kunyit untuk memutihkan kulit. Namun apabila Anda mencari bahan alami apapun, kunyit asli adalah solusinya untuk cara merawat wajah agar putih dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan vitamin C didalamnya dapat mencerahkan bintik hitam dan memelihara kekencangan kulit dengan membentuk kolagen. Campur satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh madu hingga menjadi pasta halus. Oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas dan lakukan setiap hari.

9. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buahnya sendiri. Anda dapat mengeringkan kulit jeruk dibawah matahari dan menggilingnya sampai menjadi bubuk. Campur bubuk kulit jeruk dan susu sampai menjadi pasta. Gunakan pada wajah yang telah dibersihkan, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa. Oleskan setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Ada pula cara memutihkan wajah dengan air beras dan cara mengelupaskan kulit wajah agar putih secara alami yang bisa Anda coba.

10. Witch Hazel

Herbal ini memiliki khasiat sebagai astringent, untuk membuka pori – pori kulit, membunuh bakteri di dalam pori kulit, mencegah penuaan dan menghentikan kerusakan sel. Campur witch hazel dengan air secukupnya lalu gunakan kapas untuk membubuhkannya ke wajah. Tunggu sampai kering dan bilas denga1n air, ulangi perawatan ini dua kali sehari.

11. Daun Mint

Mint dikenal dengan kandungan salicylic acid serta manfaatnya sebagai astringent, jadi berguna untuk menghilangkan sel kulit mati dan kotoran serta mengencangkan pori kulit. Rebus satu setengah air sampai mendidih lalu tambahkan satu cangkir daun mint yang sudah dipotong kecil – kecil dan biarkan terendam sampai  5 menit. Angkat dari kompor dan biarkan selama 5 menit lagi. Saring dan biarkan dingin, celupkan kapas ke larutan lalu oleskan pada kulit wajah. Biarkan mengering sepenuhnya dan bilas dengan air biasa. Simpan sisanya di kulkas, ulangi setiap hari.

12. Akar Licorice

Ini adalah ramuan yang populer untuk masalah eksim dan psoriasis. Akar licorice mengandung khasiat yang dapat mengurangi produksi melanin, bagus untuk mengatasi bintik hitam dan bekas luka. Rebus sejumlah akar licorice, biarkan dingin lalu saring. Bubuhkan ekstraknya pada kulit Anda dan tunggu semalaman sebelum dibilas dengan air. Anda juga bisa mencoba cara membuat wajah glowing dengan baby oil dan cara menghilangkan belang di wajah secara alami.

13. Susu Bubuk

Susu mengandung sejumlah vitamin yang bagus seperti vitamin A, B3 dan nutrisi vital lainnya yang akan membantu mengurangi kerusakan kulit, menghidrasi, dan membantu kulit tampak lebih sehat serta glowing, juga untuk cara memutihkan wajah. Campur satu sendok makan susu bubuk, satu sendok teh air lemon dan satu sendok teh madu hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa. Gunakan setiap hari.

14. Cendana

Cendana akan membuat kulit Anda menjadi cerah dan menarik dan merupakan cara memutihkan wajah dengan cepat alami dan permanen, menjadi cara meratakan warna kulit dan juga menjadi cara merawat kulit wajah agar putih. Campur satu sendok makan bubuk cendana dengan air mawar hingga menjadi pasta lembut. Bubuhkan pada wajah yang sudah bersih dan biarkan 20 menit lalu bilas.

15. Tepung Beras

Beras merupakan bahan anti aging alami dan bahan penyerap minyak yang membuatnya bagus untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam, selain sebagai cara merawat kulit berminyak. Selain itu juga merupakan bahan anti radang dan pemutih kulit yang menenangkan kulit terbakar matahari. Campur satu sendok makan tepung beras, satu sendok makan yogurt dan satu sendok makan air lemon hingga menjadi pasta. Bubuhkan pada wajah dan pijat perlahan selama 3-5 menit, biarkan di wajah selama 20 menit. Bilas dengan air biasa dan gunakan pelembab, gunakan setiap hari.

16. Nanas

Nanas dapat menjauhkan jerawat dan keriput serta mencegah berbagai masalah kulit lainnya. Potong nanas menjadi potongan kecil dan blender hingga menjadi pasta. Tambahkan madu secukupnya lalu gunakan pada wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bilas. Lakukan perawatan ini setiap hari. Ada pula cara memutihkan wajah dengan jahe yang dapat Anda coba.

17. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C tinggi bahkan lebih daripada buah jeruk dan juga mengandung fungsi AHA untuk kulit dan manfaat AHA untuk kulit yang bagus untuk mempertahankan elastisitas kulit dan menghilangkan sel kulit mati. Kiwi bagus untuk kulit Anda terutama di musim dingin. Kupas kiwi dan hancurkan, tambahkan satu sendok makan yogurt dan madu hingga tercampur rata. Gunakan pasta ini pada kulit Anda dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

18. Stroberi

Stroberi kaya akan vitamin C, AHA dan polifenol yang membuat kulit menjadi cerah dan putih, menghilangkan bintik hitam, jerawat, keriput dan kulit kering. Hancurkan 3-4 stroberi dalam blender hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan satu sendok susu bubuk dan beberapa tetes air lemon hingga merata, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dan lakukan perawatan ini setiap hari. Jika kulit Anda berminyak, ganti susu bubuk dengan yogurt untuk cara merawat wajah agar putih.

19. Lentil Merah

Lentil merah mempunyai banyak manfaat untuk masalah kulit seperti menghilangkan sel kulit mati, menghilangkan racun dari kulit dan membuat kulit lebih putih. Rendam lentil secukupnya semalaman lalu hancurkan hingga menjadi pasta dengan menambahkan susu murni. Tambahkan madu secukupnya, oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dan lakukan setiap hari. Sisa pasta dapat Anda simpan di lemari es selama 2-3 hari.

20. Minyak Almond dan Pisang

Cara memutihkan wajah dengan cepat alami dan permanen berikut berupa campuran minyak almond manis dan pisang. Almond kaya akan vitamin A, D dan E yang dapat menjadi antioksidan alami untuk menyehatkan kulit. Pisang mengandung vitamin B6 dan C yang dapat memperbaiki produksi kolagen pada kulit. Siapkan satu buah pisang matang dan satu sendok makan minyak almond manis. Hancurkan pisang hingga lumat lalu tambahkan minyak almond. Aduk rata dan gunakan pada wajah bersih. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Masker ini merupakan masker alami yang bisa bikin wajah glowing.

Cara memutihkan wajah dengan cepat alami dan permanen ini memang memiliki efek samping yang minimal pada kulit wajah, namun bagi Anda yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif harus tetap waspada. Anda dapat melakukan tes alergi sebelumnya untuk memastikan bahwa bahan yang hendak digunakan tidak menimbulkan alergi pada kulit Anda. Selalu membersihkan wajah lebih dulu dan menghindari pemakaian berlebihan pada bahan yang dapat membuat kulit menjadi kering juga akan dapat menghindari efek negatif yang bisa terjadi pada kulit wajah Anda. Ikuti petunjuk pembuatan dengan seksama, maka penggunaan bahan – bahan alami ini akan membawa manfaat yang besar bagi kulit wajah Anda.