7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Yang Membandel Dengan Madu

Flek hitam atau ephelis adalah bintik – bintik datar pada kulit wajah yang muncul karena adanya peningkatan melanin atau pigmen alami pada kulit. Tidak hanya pada wajah, flek hitam juga bisa muncul di bagian tubuh lain seperti lengan, dada dan leher. Bagi Anda yang berkulit putih, kemunculan flek hitam ini biasanya akan tampak sangat jelas. Flek hitam sebenarnya tidak berbahaya atau menimbulkan rasa sakit, tetapi akan tampak sangat mengganggu kesempurnaan kulit. Sehingga banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya antara lain dengan melakukan peeling, krim pemutih, terapi laser dan berbagai perawatan canggih lainnya.

Namun terkadang Anda tidak perlu melakukan berbagai cara yang canggih dan mahal untuk menghilangkan flek hitam tersebut, melainkan cukup dengan menggunakan bahan alami seperti madu. Madu bersifat anti bakteri secara alami sehingga juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat, dan memiliki manfaat antioksidan untuk melawan radikal bebas yang merusak kulit. Madu adalah humektan yang bisa menarik kelembaban dari udara sehingga kulit menjadi lembut dan halus, juga mengurangi produksi sebum berlebihan yang bisa menyumbat pori – pori kulit. Anda akan mendapatkan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan madu murni yang tidak diberi tambahan apapun.

1. Madu Saja

Gunakan satu sendok teh madu murni berkualitas tinggi untuk cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. Oleskan di seluruh wajah dengan lembut, biarkan masker wajah yang terbuat dari madu ini selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat atau dingin dan keringkan wajah Ada. Jangan tergoda untuk menggunakan lebih banyak madu, karena satu sendok teh madu sudah cukup banyak untuk keseluruhan kulit wajah. Jika berlebihan, madu bisa menetes kemana – mana.

2. Madu dan Lemon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan madu yang paling efektif adalah dengan mencampurkannya dengan air perasan lemon. Campur madu secukupnya dengan 4-5 tetes air perasan lemon. Anda juga bisa menambahkan beberapa helai saffron ke dalam campuran tersebut. Oleskan pada area flek hitam dan bilas setelah 20 menit. Madu dan lemon bekerja sebagai bahan pemutih kulit alami, dengan tambahan kelembapan yang berasal dari madu sebagai cara alami menghilangkan flek hitam.

3. Madu dan Jeruk Nipis

Cara menggunakan madu untuk kecantikan bisa Anda lakukan dengan campuran jeruk nipis. Campur dua sendok makan madu dengan satu sendok makan air jeruk nipis lalu aduk sampai tercampur rata. Oleskan campuran pada seluruh bagian kulit wajah. Biarkan mengering selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih untuk cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan madu. Anda juga bisa melakukan cara memutihkan wajah dengan madu.

4. Madu dan Putih Telur

Siapkan satu butir telur ayam kampung dan ambil bagian putihnya untuk cara merawat wajah dengan madu. Tambahkan madu secukupnya lalu aduk sampai rata. Oleskan putih telur dan madu tersebut ke permukaan kulit wajah, biarkan selama 10-15 menit sampai mengeras. Bilas dengan air hangat dan cuci muka seperti biasa untuk menghilangkan bau anyir telur. Anda bisa menggunakan masker ini sebanyak dua kali seminggu untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajah.

5. Madu dan Gula

Campuran madu dan gula akan menghasilkan scrub madu yang dapat memudarkan dan menghilangkan flek hitam dan mengangkat sel kulit mati dari wajah sehingga tampak lebih bersih dan tidak kusam. Manfaat madu untuk kulit berminyak juga sangat baik dengan mencegah produksi minyak berlebihan. Siapkan tiga sendok madu dan dua sendok makan gula, campur sampai merata. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata sambil dipijat perlahan. Bersihkan dengan air setelahnya. Anda juga bisa menggunakan perawatan ini pada bagian tubuh lainnya sebanyak dua kali seminggu.

6. Madu dan Kayu Manis

Kayu manis dapat menstimulasi aliran darah dan menarik nutrisi serta oksigen ke permukaan kulit sehingga kulit menjadi cerah dan glowing. Jangan khawatir jika Anda merasakan sedikit panas di wajah atau sedikit berdenyut karena sirkulasi darah meningkat. Siapkan dua sendok teh madu murni dan setengah sendok teh kayu manis. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan selama beberapa menit. Bilas segera dengan air hangat jika rasa panasnya tidak tertahankan. Masker ini bisa terasa lengket . Anda juga bisa melakukan cara menghilangkan bekas luka dengan madu.

7. Madu dan Kunyit

Masker ini umumnya digunakan untuk menyamakan rona kulit dan mengurangi penampilan bintik hitam atau bekas luka. Madu akan menambahkan sedikit efek memutihkan sementara air lemon dan yogurt memberi manfaat eksfoliasi wajah untuk menghilangkan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru. Siapkan satu sendok teh air perasan lemon, satu sendok makan madu, satu sendok makan yogurt dan seperempat sendok teh bubuk kunyit. Campur semua bahan sampai merata lalu aplikasikan tipis ke kulit wajah dan leher. Biarkan mengering selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Ulangi pemakaian masker per minggu untuk cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan madu.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel dengan madu bisa menjadi tips yang membutuhkan budget lebih sedikit daripada perawatan yang canggih. Walaupun Anda menggunakan madu murni berkualitas sangat baik, pengeluaran yang dibutuhkan tetap lebih rendah. Madu juga diketahui jarang menimbulkan reaksi alergi sehingga bagi Anda pemilik ciri – ciri kulit sensitif juga aman untuk digunakan pada wajah. Meskipun demikian, bahan alami lain yang digunakan sebagai campuran masker juga perlu diperhatikan sebelum menggunakannya, apakah Anda memiliki resiko alergi terhadap bahan tersebut atau tidak. Bila perlu, lakukan tes alergi di sepanjang garis rahang atau leher sebelum menggunakan salah satu masker madu dengan bahan tambahan tersebut.