8 Manfaat Madu Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Parah

Madu merupakan bahan alami paling baik yang bisa memberikan manfaat untuk kecantikan secara menyeluruh khususnya untuk kulit berminyak. Akan tetapi, madu juga bisa digunakan untuk segala jenis kulit sebab mengandung banyak vitamin serta mineral seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, natrium dan juga fosfor. Selain itu, madu juga memiliki banyak khasiat untuk wajah berminyak yakni menyegarkan kulit, anti radang, antioksidan, anti infeksi, membersihkan kulit dan masih banyak manfaat mandu untuk kulit berminyak lainnya seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Memberi Perlindungan Antioksidan

Madu merupakan bahan alami sebagai cara merawat wajah dengan madu tersebut. Antioksidan yang terkandung dalam madu sangat baik untuk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas karena sinar matahari. Oksidasi sebum berminyak pada pori pori kulit menjadi tahapan yang penting penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Kandungan antioksidan dalam madu inilah yang akan mencegah oksidasi sebum berminyak secara topikal atau pemakaian luar.

  1. Membersihkan Penyumbatan Pori

Meskipun tidak bisa digunakan untuk membersihkan sisa riasan atau make up di sekitar mata secara menyeluruh, namun madu tetap merupakan bahan alami untuk membersihkan kulit yang terbaik. Kombinasi dari madu serta minyak alami seperti minyak kelapa akan memberikan tekstur yang nyaman untuk digunakan sebagai pembersih sisa make up wajah yang menyumbat pori.

  1. Memiliki Sifat Humektan

Selain dipakai sebagai cara melembabkan bibir dengan madu yang ampuh, madu yang merupakan bahan alami ini juga memiliki sifat humektan sehingga bisa digunakan untuk melembabkan kulit tanpa harus membuat wajah terlihat berminyak. Meskipun anda memiliki kulit yang berminyak, bukan berarti anda tidak membutuhkan pelembab, sebab pelembab tetap dibutuhkan dan bisa didapat dengan mengaplikasikan madu pada area kulit berminyak. Hasilnya, kulit akan tetap terlihat lembab tanpa terlihat mengkilap atau berminyak.

  1. Pengelupasan Sel Kulit Mati

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah juga bertindak sebagai pengelupas sel kulit mati sehingga pori pori wajah yang tertutup bisa terbuka. Pori pori wajah yang tertutup bisa terjadi karena penumpukan sel kulit mati pada pori ditambah kulit yang berminyak sehingga sel kulit mati tersebut lebih sulit untuk dikeluarkan. Madu yang bertekstur lengket ini nantinya akan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbta pori tersebut tanpa perlu memperbesar ukuran dari pori pada wajah anda.

  1. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Sifat anti bakteri yang ada dalam madu sangat berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan jerawat dan juga untuk cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu yang merupakan bekas dari jerawat namun tidak akan membuat tampilan wajah terlihat lebih berminyak.

  1. Mengecilkan Pori Pori Wajah

Masalah yang sering dihadapi seseorang yang memiliki kulit berminyak adalah ukuran pori wajah yang terlihat membesar. Pori pori wajah besar inilah yang menjadi penyebab kulit lebih berminyak sehingga tampilan terlihat kusam dan bedak yang anda gunakan sangat mudah hilang dari wajah dan akhirnya membuat wajah mengkilap. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran pori wajah membesar secara alami dan tidak akan menimbulkan peradangan serta efek samping berbahaya.

  1. Melindungi Kulit Dengan Menyeluruh

Manfaat madu untuk masker wajah kulit berminyak selanjutnya adalah memberikan perlindungan secara menyeluruh. Kulit wajah berminyak akan rentan terhadap menempelnya debu serta polusi khususnya jika anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sementara penambahan make up sehari hari yang terlalu berlebihan akan membuat kulit cepat lelah dan akhirnya tampilan wajah anda terlihat kusam. Kegunaan madu disini adalah untuk melindungi kulit karena sifat anti jamur yang dimiliki madu. Sedangkan antioksidan dalam madu akan bertindak sebagai pelindung kulit sekaligus menangkal radikal bebas dan sinar matahari serta polusi udara.

  1. Mengatasi Jerawat

Wajah berminyak sangat erat hubungannya dengan jerawat. Jerawat yang tidak segera diatasi tentunya akan mengurangi tampilan wajah anda tidak hanya saat jerawat sedang meradang namun juga bekas jerawat yang ditinggalkan ketikan jerawat sudah sembuh. Memakai madu untuk menghilangkan jerawat adalah langkah terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat tersebut. Cara menggunakan madu untuk kecantikan wajah juga sangat mudah, yakni dengan mengoleskan madu murni pada wajah yang sudah dibersihkan lalu bilas bersih dengan air hangat. Melakukan cara ini saat akan tidur akan memberantas jerawat serta bekas jerawat cukup cepat dan tidak perlu khawatir dengan efek samping saat menggunakan bahan alami ini.

Manfaat madu untuk kulit berminyak memang sudah dikenal sejak dulu dan hasilnya terbukti sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah yang ditimbulkan dari kulit berminyak tersebut. Lakukan perawatan kulit dengan madu murni ini secara teratur dan dapatkan wajah bersih bebas minyak dan kilap.