5 Masker Untuk Rambut Bercabang yang Alami dan Terbaik

Rambut bercabang adalah salah satu permasalahan yang paling umum dialami oleh rambut. Tidak heran banyak orang melakukan banyak cara untuk mengatasasinya serta merawatnya seperti cara merawat wajah sehari-hari. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker untuk rambut bercabang. Lalu kenapa penggunaan masker ini menjadi salah satu pilihan alternatif untuk menyelesaikan permasalahan rambut bercabang?

Terjadinya percabangan pada rambut terjadi karena banyak faktor. Pada umumnya, rambut yang tumbuh pada kulit manusia memiliki 2 bagian yang terpisah. Yaitu bagian dalam atau akar rambut dan bagian luar atau biasa disebut batang rambut. Dan penyebab rambut bercabang ini biasa terjadi pada bagian luar rambut atau batang. Kerusakan pada bagian batang ini lebih umum karena rambut tidak terawat dengan baik.

Jika anda ingin menggunakan masker untuk rambut bercabang yang bersifat alami, berikut adalah bahan-bahan yang bisa anda gunakan sebagai masker tersebut:

  1. Masker Telur

Siapkan sebutir telur mentah, untuk diambil kuningnya. Campur kuning telur dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Aduk rata semua bahan dan oleskan secara merata pada rambut sambil melakukan pijatan perlahan agar masker alami ini mengenai seluruh bagian kepala secara merata. Tutup dengan shower cap selama 40 menit agar masker meresap sebelum dibilas dengan air samoai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa melakukan masker dengan cara ini dua kali dalam satu minggu.

Sebagai catatan, jika jenis rambut anda tergolong berminyak dan lepek, yang harus anda gunakan adalah putih telur  bukan kuning telur.

  1. Masker Pepaya

Masker untuk rambut bercabang selanjutnya adalah menggunakan campuran buah papaya dan yoghurt. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencampur 200 gram pepaya dengan 2 sendok makan yoghurt untuk kemudian dioleskan pada rambut. Agar lebih merata, anda bisa memijat-mijat bagian kepala yang sudah dimasker agar seluruh bagian kepala terkena masker, tutup kepala dengan shower cap atau handuk dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas sampai bersih.

Satu hal yang harus anda perhatikan jika ingin menggunakan bahan ini adalah jumlah masker yang bisa digunakan. Banyaknya takaran masker tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan rambut. Baik panjang/pendeknya rambut serta tingkat kerusakan rambut. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa menggunakan masker untuk rambut bercabang ini dua kali dalam satu minggu.

  1. Masker Alpukat

Tidak jauh berbeda dengan dua masker lainnya. Buah alpukat harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum nanti dicampur dengan ½ sendok makan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada rambut dan diamkan selama 30 menit dengan penutup rambut. Terakhir bilaslah sampai bersih. Sama seperti masker yang lain, untuk mendapatkan hasil yang optimal gunakan masker ini 2 kali dalam satu minggu. Selain bisa digunakan untuk masker untuk rambut bercabang, ternyata alpukat juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk rambut rontok, lho.

  1. Masker Mayones

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan menggunakan mayones. Penggunaan masker mayones biasanya dilakukan setelah anda berkeramas dan rambut sudah dalam keadaan kering. Rambut yang sudah kering diolesi 1 sendok mayones secara merata keseluruh bagian rambut. Setelah seluruh bagian rambut terolesi mayones, tutup rambut dengan menggunakan handuk hangat atau shower cap untuk kemudian didiamkan selama 25 menit sebelum dibilas dengan bantuan shampo bayi atau shampo herbal. Untuk hasil yang maksimal, lakukan pemaskeran ini 2 kali dalam satu minggu.

  1. Masker Pisang

Sama seperti poin-poin sebelumnya, pisang merupakan jenis buah-buahan yang bisa dijadikan masker alami untuk mengatasi rambut bercabang. Untuk menggunakan masker pisang, yang perlu anda lakukan adalah menghaluskan pisang untuk kemudian dicampur dengan susu, madu, serta minyak Zaitun. Campuran semua bahan tersebut kemudian dioleskan keseluruh bagian rambut sebelum kemudian didiamkan selama 30 menit. Selama proses pendiaman, rambut ditutup menggunakan handuk hangat atau shower cap sebelum nantinya dibilas dengan air  sampai bersih. Sebagai informasi, ternyata pisang tidak hanya bisa anda gunakan sebagai masker untuk rambut bercabang. Ternyata, penggunaan masker pisang merupakan cara merawat rambut mengembang menjadi lurus secara alami.

Penggunaan masker untuk rambut bercabang yang bersifat alami ini memang terkesan merepotkan dan memerlukan banyak bahan. Bahkan jika dihitung berdasarkan harga, penggunaan masker untuk rambut bercabang alami ini bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan masker jenis lainnya. Namun walaupun begitu, efek yang akan anda dapatkan akan jauh berbeda dengan masker dari jenis lainnya. Masker alami ini lebih aman, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang, untuk rambut dan kulit kepala anda. Bahkan penggunaan masker alami ini lebih cenderung menyehatkan dan tanpa efek samping. Namun walaupun begitu, kini masker untuk rambut bercabang yang bersifat kimiawi juga sudah menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki dari masker untuk rambut bercabang yang bersifat kimiawi yang tidak dimiliki masker alami adalah efisiesi. Masker kimiawi adalah alternatif bagi anda yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu agar rambut anda tetap terawat dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena masker kimiawi sudah bisa didapatkan di toko-toko kesehatan ataupun minimarket.

Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan rambut bercabang selain faktor nutrisi adalah:

  1. Terlalu Banyak Penggunaan Bahan Kimia

Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan rambut yang indah. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang bersifat kimiawi. Walaupun efektif memberikan hasil yang memuaskan namun ternyata bahan-bahan kimiawi tersebut dinilai memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan rambut dalam jangka panjang seperti rambut patah-patah, kering, ataupun bercabang. Jadi langkah awal mengatasi permasalahan rambut bercabang adalah kurangi atau hentikan penggunakan bahan-bahan kimiawi. Menghentikan penggunaan bahan kimia merupakan salah satu tips agar awet muda yang paling mudah di dipraktekkan.

  1. Sengatan Sinar Matahari

Sinar matahari memang mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan tubuh. Namun jika jumlahnya berlebihan, ternyata sinar matahari dapat menjadikan rambut rusak dan bercabang. Salah satu tahap awal dari rusaknya rambut karena sinar matahari adalah rambut yang mulai mengeluarkan bau menyengat. Jadi, jika anda ingin beraktifitas dibawah sinar matahari ada baiknya anda menggunakan penutup kelapa seperti topi ataupun masker rambut agar kelembaban rambut tetap terjaga.

  1. Penggunaan Shampo

Shampo adalah cara paling dasar untuk menjaga kesehatan rambut. Namun walaupun seperti itu, ternyata masing-masing shampo memiliki kriteria yang berbeda-beda jika dibandingkan shampo jenis lainnya. Artinya, tidak semua shampo cocok untuk satu jenis rambut. Jadi, semakin sering anda mengganti-ganti shampo maka rambut anda akan mendapatkan perlakuan yang berbeda-beda yang dapat mengakibatkan kesehatan rambut terganggu. Semakin sering berganti-ganti shampo akan semakin besar juga kemungkinan rambut anda rusak dan bercabang. Shampo merupakan kunci dari kesehatan rambut anda. Bahkan penggunaan shampo yang tepat merupakan cara agar rambut jatuh terurai bagi anda yang berambut panjang.

  1. Faktor Usia

Produktifitas rambut anak kecil tentu saja berbeda dengan produktifitas yang dimiliki oleh rambut orang dewasa. Hal ini bisa terjadi karena produktifitas rambut mengikuti produktifitas tubuh secara umum. Jadi, semakin dewasa dan tua umur seseorang sudah pasti rambut akan ikut berubah mengikuti. Namun walaupun seperti itu, hal ini tetap bisa dihindari dengan cara memulai pola hidup sehat sedari dini sehingga kesehatan rambut juga ikut terjaga. Tidak hanya pada orang dewasa, ternyata usia merupakan penyebab rambut bayi rontok.

Penyebab lain dari rambut bercabang adalah kekurangan nutrisi. Jadi, jika anda mengalami rambut bercabang, berencana untuk memangkasnya bukanlah pilihan yang bijak. Penggunaan masker untuk rambut bercabang adalah salah satu jalan keluar bagi anda dari permasalahan rambut bercabang. Karena pemberian masker pada rambut bercabang dinilai mampu mengembalikan kelembaban rambut yang dibutuhkan oleh rambut anda.

Sebelum anda memberikan masker kepada rambut anda, yang harus anda ketahui adalah apa saja jenis-jenis dari masker tersebut. Hal ini perlu anda ketahui karena tentu saja jenis-jenis masker ini memiliki kelebihannya masing-masing. Seperti misalnya jenis masker alami yang mengharuskan anda untuk meraciknya terlebih dahulu dan berbeda dengan masker kimiawi yang bisa anda langsung gunakan.

Itulah daftar masker untuk rambut bercabang yang bisa membantu anda menyelesaikan permasalahan rambut bercabang anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.