3 Cara Menghilangkan Wajah Berminyak Dengan Air Hangat

Pada dasarnya, dalam tubuh manusia menghasilkan atau memproduksi minyak yang berguna untuk menjaga kesehatan dan juga memastikan kulit tetap lembab. Akan tetapi, kulit berminyak yang berlebihan tentu akan mengurangi kesempurnaan penampilan karena akan terlihat mengkilap dan memicu timbulnya jerawat di sekitar area wajah sehingga membutuhkan sebuah cara merawat kulit berminyak yang paling ampuh dan aman. Seseorang yang memiliki kulit berminyak seringkali mengeluhkan tekstur wajah yang lengket, kusam dan juga mengkilap ini. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah cara menghilangkan kulit wajah berminyak dengan air hangat.

  1. Cuci Wajah Dengan Air Hangat

Saat mencuci muka, biasanya mungkin kita menggunakan air dingin atau air biasa seperti yang kita lakukan sehari hari. Namun untuk menghilangkan kulit wajah yang berminyak, anda bisa mengubah kebiasaan tersebut. Saat malam hari sebelum anda pergi tidur, bersihkan wajah anda dengan air hangat.

Air hangat memiliki manfaat untuk mengangkat segala kotoran yang menyumbat pori pori wajah anda sehingga sisa make up, kotoran penyumbat pori dan juga minyak berlebih lebih baik dibandingkan dengan air dingin karena di saat membasih wajah memakai air hangat tersebut, maka pori pori wajah akan semakin terbuka dan mempermudah kotoran terangkat seluruhnya.

Sesudah selesai membersihkan wajah dengan air hangat tersebut, akhiri dengan membasuh wajah menggunakan air biasa atau air dingin agar pori pori wajah bisa tertutup kembali. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka dengan air hangat karena justru akan membuat wajah terlihat kusam dan kering. Manfaat cuci muka pake air hangat sebelum tidur ini sangat baik untuk membebaskan wajah anda dari segala kotoran sehingga akhirnya kulit wajah bisa bernapas dengan baik.

  1. Gunakan Air Hangat dan Garam

Cara lainnya untuk memakai air hangat sebagai penghilang minyak berlebih di area wajah adalah dengan menambahkan sedikit garam pada air hangat tersebut. Caranya adalah dengan menyiapkan satu gelas air hangat lalu tambahkan sedikit garam dalam gelas tersebut dan aduk rata hingga larut. Lanjutkan dengan membasahi kapas memakai air garam tersebut dan usapkan pada seluruh wajah. Ambil beberapa kapas baru lalu celupkan kembali dalam air hangat yang sudah dicampur garam dan tempelkan pada wajah anda. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara ini dengan teratur sebanyak 2 kali sehari sebelum tidur dan saat bangun tidur di pagi hari. Manfaat mencuci muka dengan air hangat sebelum tidur yang dicampur dengan garam ini tidak hanya berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih namun juga membunuh bakteri penyebab jerawat yang sering dialami wajah berminyak.

  1. Gunakan Air Hangat Untuk Menguapi Wajah

Kegunaan lainnya dari air hangat adalah uap yang dihasilkan dari air tersebut bisa digunakan untuk menguapi wajah sehingga produksi minyak berlebih serta jerawat yang timbul karena muka berminyak bisa dihilangkan. Caranya adalah, siapkan air hangat di dalam baskom lalu dekatkan wajah anda pada baskom berisi air panas tersebut.

Agar uap panas tidak terbuang dan langsung mengenai wajah, tutupi kepala anda dengan handuk bersama baskom berisi air hangat dibawahnya supaya uap wajah yang dihasilkan bisa langsung mengenai wajah anda. Apabila rajin melakukan cara ini, maka minyak berlebih yang dihasilkan wajah akan berkurang sekaligus menyembuhkan jerawat meradang berikut dengan bekas jerawat sehingga bisa tersamarkan dan mengangkat komedo membandel yang ada di wajah anda serta sebagai cara mengecilkan pori pori bekas jerawat terampuh.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan wajah berminyak dengan air hangat yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Lakukan beberapa cara diatas dengan teratur namun pastikan tidak berlebihan sebab air hangat yang digunakan terlalu sering pada wajah juga dapat membuat kulit wajah anda terlihat kering dan akhirnya timbul beberapa tanda penuaan dini. Manfaat air hangat untuk wajah ini tidak hanya baik digunakan untuk kulit berminyak namun juga kulit yang sensitif dengan jerawat.