Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah

Sponsored Links

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari baik di dalam maupun luar rumah membuat kulit wajah sering terpapar dengan kotoran dan debu yang bermacam – macam. Kotoran ini jika jarang dibersihkan akan membuat kulit wajah bermasalah. Mencuci wajah adalah salah satu cara dasar dalam perawatan wajah. Mempunyai wajah yang bersih berarti mengurangi resiko kulit wajah kita mengalami berbagai masalah seputar kesehatan kulit wajah yang beragam. Kulit wajah yang bersih akan tampak berseri dan cerah juga dapat mencegah timbulnya noda dan jerawat. Kalau begitu, bagaimanakah cara mencuci wajah yang benar? Cara mencuci wajah yang baik dan benar seperti berikut ini yaitu:

  • Pastikan tangan Anda bersih terlebih dulu.

Tangan yang kotor hanya akan memindahkan kotoran dan kuman dari tangan Anda ke wajah sehingga malah dapat menyebabkan wajah tidak bersih sempurna. Oleh karena itu pastikan untuk mencuci tangan bersih – bersih sebelum mulai mencuci muka. Selain untuk membersihkan wajah, air hangat juga berguna sebagai salah satu cara mengatasi kulit mengelupas di tangan.

  • Gunakan produk pembersih yang cocok untuk kulit.

Produk pembersih yang tidak cocok untuk kulit apabila dipaksa terus digunakan bisa menjadi salah satu penyebab kulit keriput di usia muda. Walaupun ada cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami, paling baik adalah mencegahnya sebelum terjadi. Karena itu pilihlah sabun muka, susu pembersih atau cleansing foam yang paling cocok dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Biarkan meresap sebentar ke kulit sebelum dibilas. Perhatikan juga apakah produk yang Anda gunakan asli, karena Anda bisa terkena bahaya make up palsu dan bebas dari bahan kosmetik yang berbahaya yang salah satu akibatnya bisa menjadi penyebab alergi kulit wajah dan bahkan lebih parah dari itu.

  • Cuci muka secara teratur

Dalam sehari, cucilah muka minimal dua kali pada pagi hari dan malam sebelum tidur dan bilaslah sampai sisa pembersih atau sabun tidak menempel lagi di wajah Anda. Lupa mencuci muka atau terlalu sering mencuci muka dapat menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit wajah. Setelah muka dalam keadaan bersih bisa menggunakan krim malam seperti produk Oil of Olay.. Salah satu khasiat Olay Total Effect Night Cream adalah kulit yang senantiasa muda dan berseri.

  • Gunakan Handuk Yang Lembut

Setelah mencuci muka, lap wajah menggunakan handuk lembut dengan cara menepuk – nepuknya ke wajah, bukan dengan cara digosok karena bisa membuat wajah teriritasi.

  • Gunakan Suhu air Yang Tepat 

Untuk mencuci muka selain menggunakan air biasa, sesekali juga bisa menggunakan air hangat.

Manfaat air hangat untuk wajah ternyata sangat baik bagi yang sedang mengalami masalah kulit seperti berikut ini :

sponsored links

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat, masalah kulit klasik yang bisa dialami siapa saja baik usia muda maupun tua. Salah satu penyebab jerawat dapat muncul di wajah karena kulit wajah kurang terjaga kebersihannya. Kotoran dan debu yang menumpuk di kulit wajah akan menyumbat pori – pori wajah dan menjadi penyebab timbulnya jerawat apalagi jika malas membersihkan muka. Tentu saja wajah yang berjerawat akan menurunkan rasa percaya diri akan penampilan kita, bahkan sampai membuat tidak percaya diri saat akan keluar rumah dan bertemu orang banyak. Terlebih bila muncul dalam jumlah banyak dan meradang. Jerawat dapat meradang karena bermacam-macam sebab, bisa jadi karena sering dipegang dan dipecahkan memakai tangan.

Manfaat air hangat untuk wajah cukup banyak salah satunya bagi yang sedang berjerawat. Misalnya mengurangi radang dan memudahkan jerawat untuk segera sembuh dan mengecil. Selain manfaat air hangat, ada beberapa manfaat alami yang berasal dari beragam tumbuhan seperti manfaat seledri untuk wajah, manfaat tomat untuk wajah dan manfaat lidah buaya untuk wajah yang berguna untuk merawat kulit muka.

2. Membersihkan Komedo

Komedo biasanya terlihat paling jelas pada seputar daerah T di wajah kita yaitu pertengahan dahi, hidung dan dagu, karena disitulah bagian paling berminyak dari wajah. Penyebabnya banyak, antara lain karena kulit wajah yang berminyak, juga karena jarang membersihkan muka. Timbulnya komedo ini bisa membuat tekstur wajah tampak tidak rata dan bernoda, karena bintik bintik hitam komedo terlihat jelas. Cara menghilangkan komedo secara alami dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan air hangat sebelum membersihkannya dengan  pinset dan mencuci muka setelahnya. Selain dengan mencuci muka, kulit wajah juga dapat dibersihkan dengan metode eksfoliasi. Manfaat eksfoliasi wajah salah satunya akan membuat kulit wajah terbebas dari kotoran yang menumpuk dan membersihkan komedo.

3. Mempunyai Efek Relaksasi

Kulit wajah yang lelah dan otot wajah yang tegang bisa kita relaksasi menggunakan air hangat. Air hangat mempunyai efek yang dapat melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah di muka, sehingga wajah tidak mudah terkena atau mengalami masalah kulit seperti jerawat dan komedo, keriput, dan kulit wajah yang kering. Menggunakan masker wajah dari buah – buahan dan rempah – rempah juga dapat membantu proses relaksasi kulit wajah, beberapa manfaat dari buah dan rempah tersebut antara lain manfaat masker pepaya bagi kulit, manfaat oatmeal untuk wajah sensitif, dan manfaat masker kunyit untuk wajah.

Bagaimana cara pemakaian air hangat yang mempunyai manfaat untuk wajah? Mari simak beberapa cara berikut ini:

  • Mencuci Muka Menggunakan Air Hangat

Bila Anda terbiasa menggunakan air dingin biasa untuk mencuci muka, cobalah sesekali menggunakan air hangat pada malam hari sebelum tidur. Basuh wajah dengan air hangat atau kompres wajah dengan handuk lembut yang dicelupkan ke air hangat selama beberapa menit sebelum menggunakan susu pembersih untuk memastikan pori – pori kulit terbuka dan agar mudah mengangkat kotoran di wajah secara maksimal. Setelah wajah bersih, basuh kembali dengan air dingin biasa.

Manfaat dari mencuci wajah dan mengompres dengan handuk yang dibasahi air hangat adalah untuk merelaksasi kulit dan otot wajah, memudahkan komedo untuk dibersihkan dan mengurangi peradangan pada jerawat. Untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, anda juga dapat menggunakan manfaat jeruk lemon untuk wajah dan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah.

Sponsors Link

  • Menggunakan Uap Air Hangat

Masukkan air hangat ke baskom dan dekatkan wajah Anda ke dalam baskom tersebut sehingga uap airnya mengenai wajah. Agar uap airnya tidak menyebar dan langsung mengena ke wajah, gunakan handuk untuk menutup kepala. Setelah itu lanjutkan membersihkan muka dengan sabun muka atau susu pembersih dan lainnya. Basuh kembali dengan air dingin yang biasa digunakan sehari – hari untuk mencuci muka. Uap air hangat baik untuk mengurangi peradangan pada jerawat sehingga tidak akan terlalu meninggalkan bekas pada kulit.

Selain perawatan dengan air hangat di rumah, bila Anda ingin melakukan perawatan di salon dengan facial untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, Anda juga harus waspada dengan bahaya facial di salon.  Untuk mengurangi atau menghilangkan bekas jerawat salah satunya ada metode perawatan yang disebut mikrodermabrasi atau melalui prosedur chemical peeling yang bisa dilakukan di klinik – klinik kecantikan dan dalam pengawasan ahli kecantikan atau dokter kulit.

  • Mencampurkan Air Hangat Dengan Garam

Campurkan air hangat dengan garam secukupnya lalu digunakan untuk mencuci muka, atau gunakan kapas yang dicelupkan kemudian ditempelkan ke jerawat yang sedang meradang. Menghilangkan jerawat di wajah merupakan salah satu manfaat air garam untuk wajah selain berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah yang berlebih, dan juga membantu mengeluarkan komedo. Air garam juga menjadi salah satu cara menghaluskan telapak tangan.

  • Meminum Air Hangat

Mungkin sebagian dari Anda merasa lebih suka meminum air putih yang suhunya biasa saja atau air dingin daripada air hangat. Akan tetapi rutin membiasakan diri meminum air putih hangat ternyata mempunyai efek dapat mempertahankan kelembaban kulit dan menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini, karena kulit yang terjaga kelembabannya berarti juga terjaga elastisitasnya sehingga menghindari keriput.

Manfaat air hangat jika dipakai untuk mencuci muka memang sangat baik. Namun perlu diketahui bahwa mencuci muka menggunakan air panas sebaiknya hanya dilakukan sesekali, misalnya 1-2 kali seminggu karena terlalu sering dapat menyebabkan wajah makin berminyak. Hindari juga menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk mencuci wajah, yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan teriritasi yang pada akhirnya akan memicu keriput dan hilangnya kelembaban kulit wajah. Jika Anda mengalami kulit yang kering maka menggunakan madu, minyak zaitun, dan yogurt adalah beberapa cara alami sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 17th, June 2016 / 04:58 Oleh :
Kategori : Wajah