9 Cara Menghilangkan Kutu Dan Telurnya Tanpa Merusak Rambut

Kutu rambut adalah masalah yang sangat umum dan sangat mudah menular, tetapi bukan indikasi dari kebersihan yang kurang baik. Mereka adalah jenis parasit yang hidup di kulit kepala dan helaian rambut manusia, bisa hidup hingga 30 hari dengan sejumlah kecil darah yang didapatkan dari kepala seseorang. Istilah medis resmi untuk kutu rambut adalah pediculosis, biasanya ditemukan pada anak usia sekolah, lebih sering pada anak perempuan dan wanita.

Kutu meletakkan telurnya di dekat akar rambut, belakang telinga atau belakang leher, tidak terbang atau melompat, namun merayap dengan kecepatan luar biasa sehingga banyak penularan terjadi dengan kontak antar kepala.  Kebanyakan obat kutu yang berbahan kimia memang akan menjamin penyelesaian masalah yang cepat, tetapi juga akan menimbulkan efek samping berupa kerusakan pada rambut. Sebab bahan kimia yang digunakan untuk membasmi kutu rambut termasuk keras. Untuk menghindari efek samping bahan kimia dalam cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut, Anda bisa melakukan beberapa cara alami berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya tanpa merusak rambut bisa Anda lakukan dengan minyak zaitun. Kinerja minyak ini sangat bagus untuk membunuh kutu, dan juga menjadi alat yang bagus untuk membuang telur kutu dari helaian rambut. Karena teksturnya yang kental, kutu seharusnya kehabisan napas dan mati karena saluran napasnya tersumbat. Cara ini harus dilakukan semalaman dengan menggunakan shower cap untuk menutup rambut Anda karena kutu bisa bertahan tidak bernapas selama berjam – jam. Lakukan cara ini setiap minggu.

2. Mayones

Selain menjadi pelengkap yang cocok untuk salad, mayones juga bagus untuk cara menghilangkan kutu dan telurnya dengan aman. Oleskan secara bebas pada kepala dan bungkus dengan shower cap selama paling tidak 3 – 4 jam. Keramas dan sisir untuk mencari telur kutunya. Ulangi seminggu kemudian untuk membunuh kutu apapun yang menetas dari telur yang tidak terlihat pada perawatan pertama dalam cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut.

3. Tea Tree Oil

Dari semua minyak esensial, tea tree oil dianggap sebagai satu dari minyak esensial yang paling efektif untuk cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut. Dikatakan bahwa satu persen larutan tea tree oil bisa membunuh 100 persen kutu di kepala dalam 30 menit. Sebelum Anda menggunakan minyak esensial ini untuk cara alami menghilangkan kutu rambut, coba beberapa tetes di punggung tangan untuk melihat apakah ada reaksi alergi. Jika tidak ada ruam atau rasa gatal, maka tea tree oil aman untuk digunakan. Gunakan sambil menyisir rambut Anda dan campur minyak lavender untuk hasil yang lebih baik.

4. Garam

cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut bisa dilakukan dengan garam yang akan mengeringkan kulit kepala. Campur seperempat cup garam dan seperempat cup cuka sampai merata. Semprotkan larutan perlahan pada rambut agar sedikit basah. Pakai shower cap dan biarkan selama 2 jam lalu keramas dan beri kondisioner. Ulangi setiap 3 hari sekali agar mendapatkan hasil yang baik.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti peradangan dan anti bakteri yang dapat membantu menyingkirkan kutu. Bawang putih menjadi ramuan yang bagus tetapi tidak aman untuk digunakan pada anak yang lebih kecil. Giling 10 hingga 12 siung bawang putih sampai halus dan campur beberapa tetes air jeruk nipis. Aplikasikan campuran pada kulit kepala yang berkutu, biarkan selama 30 menit, bilas dan bersihkan secara menyeluruh. Ulangi proses selama seminggu sampai rambut bebas dari kutu dan telurnya.

6. Petroleum Jelly

cara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut dengan petroleum jelly bisa berefek panas bagi kutu yang sedang merayap di kepala. Oleskan lapisan tebal petroleum jelly pada kulit kepala sebelum tidur. Tutup kepala Anda dengan rapat dan biarkan semalaman. Anda bisa menggunakan baby oil pada pagi harinya untuk menghilangkan petroleum jelly dan menyisir rambut secara menyeluruh untuk menghilangkan kutu. Ulangi proses ini selama beberapa hari.

7. Cuka Apel

Dengan cara ini, pertama Anda harus membilas rambut dengan cuka apel untuk melonggarkan telur yang lengket pada helaian rambut. Biarkan cuka apel menyerap di rambut sampai rambut mengering, lalu lapisi rambut secara menyeluruh dengan minyak kelapa untuk membuat kutu kehabisan napas. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama paling tidak 8 jam. Anda bisa keramas dan menyisir rambut kemudian untuk menghilangkan kutunya.

8. Baby Oil

Metode non kimia yang efektif untukcara menghilangkan kutu dan telurnya tanpa merusak rambut adalah dengan baby oil. Oleskan rambut dengan minyak setiap malam, bungkus kepala dengan handuk atau shower cap untuk menghindari menodai sarung bantal serta seprai, lalu keramas keesokan paginya. Minyak harus tetap ada di kepala selama paling tidak 8 jam untuk efektif. Ulangi prosesnya setelah satu minggu.

9. Neem

Daun neem dan minyak neem mengandung bahan pembasmi serangga yang dikenal sebagai azadirachtin yang merupakan insektisida yang dapat mempengaruhi reproduksi dan pertumbuhan kutu rambut. Ada tiga cara menggunakan neem yaitu:

  • Daun Neem – Siapkan segenggam daun neem dalam tiga cup air dan rebus sampai air menjadi hijau. Saring dan biarkan dingin. Keramas dan gunakan kondisioner seperti biasa diikuti dengan bilasan air daun neem, ulangi sebanyak 3 kali.
  • Pasta Daun Neem – Buat pasta dengan menggiling daun neem. Aplikasikan pasta pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Keramas seperti biasa dan ulangi prosesnya 3 kali dalam seminggu selama 2 minggu.
  • Minyak Neem – Campur enam tetes minyak neem murni dengan beberapa sendok makan minyak kelapa, pijatkan ramuan pada kulit kepala dan biarkan selama 1 jam untuk cara menghilangkan kutu. Bilas dengan sampo dan air. Ulangi proses ini paling tidak dua kali seminggu selama sebulan.

Menghilangkan lingkungan dimana kutu bisa bertahan hidup secara menyeluruh sudah pasti akan menyingkirkan kutu dan telur – telurnya, tetapi ini adalah langkah yang ekstrim dan belum perlu dilakukan. Ada banyak solusi rumahan dan obat di asaran yang bisa membantu menyingkirkan kutu rambut. Satu – satunya cara untuk memastikan bahwa perawatan apapun untuk kutu dapat bekerja efektif adalah dengan bertahan pada cara menghilangkan kutu dan telurnya tersebut. Jangan berhenti menggunakannya bahkan ketika kepala sudah terbebas dari kutu. Perawatan ulangan direkomendasikan setelah dua minggu. Pastikan juga semua alat yang pernah digunakan ketika berkutu disterilkan atau dijemur di bawah matahari untuk mencegah penularan kembali. Hindari juga penyebab kutu rambut agar Anda tidak mengalami bahaya kutu rambut yang berkembang biak dengan sangat cepat.