Begini Cara Merawat Kulit di Daerah Dingin yang Paling Mudah

Berada di daerah dingin atau ketika cuaca sedang dingin sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi kulit. Jika tidak dirawat dengan baik, kulit akan mudah kering dan muncul masalah seperti kulit pecah-pecah, bersisik maupun mengelupas. Banyak metode atau cara mengatasi kulit kering pada wajah dan tubuh, baik dari pemakaian skincare sampai hal-hal yang harus diakukan agar kulit tetap lembab dan terawat pada cuaca dingin. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit di daerah dingin agar tetap lembab dan sehat, yaitu:

1. Gunakan pelembab secara teratur

Pelembab adalah skincare wajib yang harus digunakan di daerah dingin, terutama di bagian tubuh yang gampang kering seperti daerah hidung atau bibir. Gunakan pelembab seperti cream atau lotion badan yang cocok untuk kulit dan gunakan lip balm untuk mencegah kulit bibir pecah-pecah.

2. Pakai produk sabun atau pembersih yang ringan

Perawatan kulit yang paling dasar adalah mencuci kulit dengan sabun, baik kulit wajah maupun kulit tubuh. Pada lingkungan dengan suhu yang dingin sebaiknya dihindari pemakaian sabun atau skincare lain yang mengandung alkohol maupun astringent yang bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Sehingga cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih di daerah dingin adalah dengan menghindari kedua zat tersebut agar tidak membuat kulit tambah kering dan iritasi.

3. Konsumsi air putih yang cukup

Kata siapa suhu yang dingin tidak membuat tubuh mengalami dehidrasi. Suhu dingin menyebabkan udara di lingkungan menjadi kering, sehingga kulit dan tubuh akan mengalami dehidrasi. Sehingga mengkonsumsi air putih yang banyak atau setidaknya 8 gelas sehari dapat menjaga kulit terhidrasi.

4. Pasang pelembab ruangan

Selain menggunakan skincare sebagai cara mengatasi kulit kering dan bersisik, penggunaan pelembab ruangan juga cukup efekif untuk melembabkan udara yang kering karena cuaca dingin. Pelembab ruangan ini berbeda dengan pemanas ruangan, karena pemanas ruangan biasanya malah akan membuat lingkungan menjadi kering.

5. Gunakan natural oil atau minyak alami

Apabila skincare yang digunakan kurang ampuh untuk mengatasi masalah kulit akibat suhu dingin, dapat dicoba menggunakan natural oil untuk merawat kulit. Natural oil yang bisa digunakan sebagai cara merawat kulit di daerah dingin adalah seperti minyak zaitun, VCO, grapeseed oil, jojoba oil dan lain sebagainya.

6. Mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin termasuk vitamin untuk kulit kering dan bersisik. Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin, selain dapat menyehatkan tubuh juga dapat melindungi dan mencegah kulit rusak karena suhu yang dingin.

7. Gunakan pakaian yang tertutup

Pada saat cuaca dingin menggunakan pakaian yang tertutup tidak hanya berfungi untuk menghangatkan badan saja, namun juga berfungsi untuk mencegah kulit terpapar udara dingin. Udara dingin memiliki sifat kering yang bisa membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, pecah-pecah maupun mengelupas.

8. Usahakan tubuh selalu dalam keadaan kering

Keadaan tubuh yang kering maksudnya adalah selalu diusahakan menggunakan pakaian yang kering. Selain bisa membuat sakit pada saat udara dingin, pakaian yang basah bisa menyebabkan kulit yang kering mengalami iritasi. Sehingga menghindari penggunaan pakaian basah terlalu lama menjadi salah satu langkah perawatan kulit kering, kasar dan bersisik.

Demikian beberapa cara untuk merawat kulit agar tetap sehat dan lembab di daerah dingin, semoga bermanfaat.