7 Ciri – ciri Kulit Wajah yang Sehat dan Terawat

Banyak wanita yang menganggap jika memiliki kulit wajah putih itu artinya kulit wajahnya sudah tidak memiliki masalah apapun, sebab kulit putih memang masih menjadi standar kecantikan di dunia kita. Akan tetapi banyak pula yang melupakan bahwa warna kulit tidak menentukan kondisi kesehatan kulit wajah seseorang. Apapun warna kulit Anda, yang jauh lebih penting adalah kondisi kesehatan kulit terutama wajah yang prima dan melakukan cara merawat kulit agar tetap sehat. Beberapa pertanyaan yang penting seharusnya diajukan untuk menentukan kesehatan kulit wajah Anda.

Apakah kulit wajah Anda sehat atau tidak? Bagaimana menentukan kondisi kulit wajah kita, dan bagaimana kulit yang sehat seharusnya terlihat? Mengetahui jawaban dari pertanyaan – pertanyaan tersebut merupakan langkah pertama dalam menentukan bagaimana Anda harus merawat kulit wajah Anda. Semua orang ingin memiliki kulit yang sehat akan tetapi Anda akan sulit untuk mencapainya apabila tidak tahu secara persis apa yang harus dicapai. Untuk mendapatkan kulit wajah yang bagus, Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa saja ciri – ciri kulit wajah yang sehat.

Tanda Sehatnya Kulit Wajah

Ketahuilah apa saja ciri – ciri kulit wajah yang sehat untuk mengetahui apakah kulit Anda sudah memenuhi karakteristik kulit wajah sehat tersebut, seperti berikut ini:

1. Rona kulit seimbang

Untuk diketahui, rona kulit yang merata biasanya lebih dianggap menarik daripada memiliki warna kulit tertentu. Rona kulit wajah yang seimbang adalah salah satu fitur wajah yang paling menandakan kesehatan kulit Anda. Rona kulit yang merata biasanya akan mulai memudar seiring usia juga. Ketika masih muda, kulit kita akan mampu mengatur tingkat pigmentasi untuk menghasilkan rona wajah yang merata dan tampak sehat. Rona kulit yang tidak merata biasanya disebabkan oleh kerusakan sel kulit karena sinar matahari yang memproduksi melanin dalam jumlah tidak normal.

2. Tekstur kulit mulus

Kulit yang sehat juga memiliki tekstur yang merata, bebas dari benjolan – benjolan, dan masalah kulit umum seperti jerawat, komedo, keriput, dan bekas luka. Sama seperti rona kulit wajah yang dapat menjadi tidak merata seiring waktu, tekstur kulit juga demikian. Ketika kita menua, sel kulit akan berkurang kemampuannya untuk mengatasi ketidak normalan dalam produksinya terutama yang disebabkan oleh radikal bebas dan akan menyebabkan masalah pada tekstur wajah.

3. Kondisi kelembaban yang bagus

Kelembaban adalah kunci dari ciri – ciri kulit wajah yang sehat. Tanpa kelembaban yang cukup, kekeringan kulit bisa mengarah kepada banyak masalah tertentu. Menjaga kulit tetap lembab sangat penting untuk menghindari keriput, lipatan dan garis halus. Pastikan untuk tetap menjaga kelembaban kulit dengan baik, hindari terlalu banyak ekspos sinar matahari dan gunakan pelembab untuk menghentikan kulit dari kekeringan yang berlebihan.

4. Kulit yang kencang

Pembentukan kulit yang kendur merupakan salah satu tanda – tanda penuaan yang paling umum dan akan menghalangi Anda untuk mendapatkan kulit yang indah. Sayangnya kulit kita secara alami memang akan kehilangan kekencangannya seiring waktu akan tetapi proses ini juga bisa dipercepat karena kerusakan dari sinar UV dan dehidrasi. Seperti semua ciri – ciri kulit wajah yang sehat, kulit kencang bisa dipertahankan dengan melindungi kulit Anda dari matahari dan tetap dijaga kelembabannya.

5. Kulit yang halus

Ciri – ciri kulit wajah yang sehat lainnya yang mudah terlihat adalah kehalusan kulit. Walaupun tekstur wajah tidak mungkin menjadi halus sempurna, namun paling tidak Anda tidak merasakan kekasaran yang tidak biasa pada kulit wajah ketika diraba atau dilihat.  Menjaga asupan air ke tubuh dan menjauhi matahari bisa memelihara kelembutan kulit dalam waktu lama, diiringi dengan perawatan yang dibutuhkan oleh kulit.

6. Elastisitas kulit yang baik

Kulit yang sehat dapat meregang dan kemudian kembali ke bentuk normalnya semula. Kulit dengan elastisitas yang bagus mengindikasikan bahwa kulit sudah memiliki kelembaban yang baik. Untuk cara merawat kulit agar tetap kencang, dan cara menjaga penampilan diri wanita Anda harus terus menjaga kelembaban kulit dengan asupan air putih paling tidak sebanyak delapan gelas sehari.

7. Kulit terasa normal

Adanya rasa panas, terbakar, gatal, atau perih di kulit mengindikasikan kulit wajah Anda tidak sehat. Ciri – ciri kulit wajah yang sehat adalah jika Anda tidak merasakan apapun di kulit wajah, yang hanya terasa ada sebagai bagian dari diri Anda saja baik ketika sedang memakai produk perawatan kulit atau make up di wajah Anda. Anda tidak merasakan adanya ketidaknyamanan atau sensasi yang tidak biasa pada kulit, misalnya kulit terasa kering dan kencang setelah mencuci wajah, karena itu merupakan tanda bahwa produk pembersih Anda terlalu keras untuk kulit wajah.

Kebanyakan wanita bisa melupakan bahwa ciri – ciri kulit wajah yang sehat jauh lebih penting daripada berusaha terlalu keras untuk mendapatkan kulit wajah yang putih. Keinginan untuk mendapatkan kulit wajah putih seringkali menjerumuskan seseorang pada produk kosmetik yang tidak aman ketika mencari cara merawat kulit agar putih.  Misalnya tidak mengetahui apa saja ciri – ciri kosmetik berbahaya, ciri  krim pemutih palsu atau  ciri kosmetik mengandung merkuri dan hidroquinon. Memfokuskan diri untuk menjaga kesehatan kulit wajah lebih perlu dilakukan agar wajah Anda terhindar dari berbagai masalah dengan memilih produk perawatan kulit yang cocok dan aman. Selain itu, menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang tepat juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga agar kondisi kulit wajah Anda tetap sehat.