8 Ciri – Ciri Kulit Tidak Cocok Menggunakan Cream HN yang Asli

Anggapan mutlak bahwa wanita cantik adalah yang memiliki kulit putih bersih dan mulus tanpa noda sudah ada sejak lama sekali. Naasnya, hal tersebut memacu para wanita yang berkulit lebih gelap untuk melakukan berbagai cara demi mendapatkan wajah yang putih mulus. Para produsen kosmetik pun menyadari adanya peluang untuk mendapatkan keuntungan di masa ini sehingga berlomba menciptakan produk yang diklaim mampu memutihkan dan membuat wajah tampak kinclong.

Salah satu merk yang bisa digunakan untuk kulit wajah yang mulus adalah cream HN. Asal kata HN adalah Hetty Nugrahati, yaitu seorang wanita yang memasarkan cream racikan dokter kulit yang didatangi anaknya ketika mengalami masalah dengan jerawat. Banyak orang keliru mengenali cream ini dengan cream tiruan lain yang sudah banyak beredar di pasaran, antara lain dikenal dengan nama Herbal Natur atau Handoko. Cream HN belum memiliki nomor BPOM, namun dikatakan sudah melalui uji laboratorium terbukti dengan adanya sertifikat uji di kemasan produknya.

Ketidak cocokan Menggunakan Cream HN

Banyak produsen yang menggunakan nama HN untuk produk kosmetiknya, namun PT. Cipta Sarana Kenayu Lestari adalah satu – satunya produsen yang diketahui sudah mendaftarkan Cream HN Platinum ke BPOM. Cream ini memang banyak sekali yang menyatakan keamanannya bagi kulit wajah. Namun tidak semua orang bisa cocok menggunakan satu krim wajah tertentu. Bisa saja Anda cocok dengan penggunaan cream HN ini, namun bisa juga tidak, tergantung kepada kondisi kulit wajah masing – masing. Adapun ciri – ciri kulit tidak cocok menggunakan cream HN antara lain:

1. Wajah terasa gatal

Rasa gatal pada kulit wajah biasanya langsung terasa beberapa waktu setelah menggunakan cream. Apabila Anda merasakan gatal setelah memakainya, maka Anda perlu mewaspadai bahwa ada ciri – ciri kulit tidak cocok menggunakan cream HN. Salah satu penyebab wajah gatal ketika memakai cream wajah adalah bahan pewangi yang tidak cocok dengan kulit wajah.

2. Wajah tampak kemerahan

Kemunculan ruam kemerahan di kulit wajah bisa juga disebabkan karena hal tersebut merupakan ciri – ciri kulit tidak cocok menggunakan cream HN. Bahan – bahan yang terkandung di dalam cream seperti pewangi, pengawet atau kandungan asam akrilat yang ada di banyak kosmetik lain juga  bisa menjadi pemicu munculnya ruam kemerahan di kulit wajah Anda.

3. Kulit menjadi kering dan mengelupas

Konon kejadian kulit wajah yang mengelupas merupakan tanda bahwa cream yang Anda gunakan sedang bekerja pada kulit wajah, namun sepertinya yang terjadi adalah sebaliknya bahwa cream tidak cocok pada kulit wajah Anda. Ketidak cocokan ini akan terlihat pada kulit yang tampak sangat kering dan mengelupas, berasal dari kandungan asam yang cukup tinggi untuk kulit wajah. Waspadai juga apabila Anda mengalami ciri – ciri kulit wajah tipis, ciri – ciri kulit wajah rusak, dan ketahui apa saja penyebab kulit wajah mengelupas.

4. Jerawatan

Jerawat yang tidak juga hilang setelah lebih dari 3 hari biasanya merupakan ciri – ciri kulit tidak cocok menggunakan cream HN. Jika Anda mengalami jerawat setelah menggunakan cream HN maka bisa jadi itu adalah tanda – tanda ketidak cocokan. Agar lebih pasti, hentikan pemakaian selama kurang lebih 2 atau 3 minggu dicocokkan selama waktu yang dibutuhkan kulit untuk regenerasi, yaitu 28 hari. Cara ini akan mempermudah Anda untuk mengamati perubahan yang terjadi pada kulit setelah tidak lagi menggunakan cream wajah tersebut.

5. Kulit menjadi sensitif

Penggunaan cream wajah bisa membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif daripada biasanya. Anda bisa saja sekarang lebih mudah terbakar jika berada di bawa terik matahari daripada sebelumnya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan cream wajah untuk sementara waktu. Kenali juga ciri cream yang mengandung mercury dan hidroquinon

6. Kulit tertarik dan kencang

Jika merasa kulit Anda tertarik dan kencang setelah menggunakan krim, mungkin saja itu adalah tanda ketidak cocokan terhadap krim tersebut. Kulit wajah yang terasa kencang bukan berarti Anda cocok menggunakan cream tersebut, melainkan sebaliknya. Reaksi kulit kencang ini menunjukkan bahwa produk cream tidak mengandung PH yang seimbang yang diperlukan untuk kulit wajah.

7. Kulit serasa terbakar

Ciri – ciri kulit  tidak cocok menggunakan cream HN bisa juga muncul dalam rasa terbakar di kulit wajah. Hal ini bisa terjadi karena kulit wajah yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif bereaksi pada bahan – bahan kimia tertentu yang ada di dalam cream HN. Anda juga perlu mengetahui ciri – ciri kosmetik berbahaya, ciri kosmetik mengandung merkuri dan hidroquinon, dan krim pemutih palsu.

8. Gejala pada organ dalam

Ketidak cocokan pada pemakaian krim pemutih tertentu juga dapat menimbulkan masalah tidak hanya pada kulit wajah namun juga pada organ dalam jika zat berbahaya yang ada di dalamnya mampu menembus kulit dan mengganggu kinerja organ dalam. Tanda – tanda yang bisa muncul adalah katarak, sering pusing kepala, mengalami gangguan pernapasan dan pencernaan, fungsi ginjal dan hati, bahkan mengalami gangguan pada kehamilan dan juga keguguran.

Dalam kaitannya dengan efek pemakaian, agak sulit menentukan apakah cream ini benar – benar cocok untuk kulit wajah karena banyaknya produk tiruan yang beredar dengan berbagai nama seperti telah disebutkan diatas. Karena itu Anda akan sulit memutuskan apakah ciri – ciri kulit tidak cocok menggunakan cream HN berasal dari krim yang asli atau bukan, kecuali Anda telah mendapatkan cream tersebut dari sumber yang terpercaya. Ciri – ciri cream HN asli ada beberapa, antara lain warna cream siang kuning lembut, cream malam putih mutiara,  kental dan wadah terisi penuh, tidak berbau menyengat, tonernya tidak berbau alkohol yang keras, tidak terasa panas di wajah, tidak menyebabkan wajah merah dan alergi. Segera hentikan pemakaian jika Anda mengalami ciri – ciri ketidak cocokan.