30 Cream yang Mengandung Mercury dan Hidroquinon Berbahaya

Sudah menjadi naluri setiap wanita untuk selalu berusaha menyempurnakan penampilan dirinya dengan melakukan berbagai perawatan yang dapat semakin menonjolkan kecantikannya, terutama kulit wajah. Alasan para wanita menitik beratkan perawatan kecantikan mereka pada wajah adalah karena wajah merupakan bagian tubuh yang pertama  – tama dilihat oleh orang lain. Wajah dapat menentukan kesan keseluruhan tentang diri seseorang dan kondisi wajah yang terawat dengan baik tentunya akan memberi kesan berbeda tentang diri seorang wanita.

Wanita kerap menggunakan krim untuk merawat kulit wajahnya. Harga krim perawatan wajah yang mahal membuat tidak semua wanita bisa ikut merasakan manfaatnya. Akan tetapi, sayangnya tidak semua krim yang beredar di pasaran adalah produk yang layak jual dan asli.  Sebagai akibatnya, banyak wanita yang tergiur apabila ada suatu merk krim yang mematok harga murah dengan klaim khasiatnya yang luar biasa. Padahal, belum tentu kualitas dan komposii krim wajah murah tersebut aman untuk digunakan dan bebas bahan kosmetik berbahaya.

Ciri – ciri Kandungan Kosmetik Berbahaya

Beberapa bahan kimia berbahaya tersebut yang terkandung di dalam kosmetik adalah mercury dan hidroquinon. Cream yang mengandung mercury dan hidroquinon bia memberi efek berbahaya terhadap kulit wajah. Krim berupa bahan pemutih wajah berbahaya ini dapat dikenali dari ciri – ciri kosmetik berbahaya, antara lain:

  • Tekstur

Kebanyakan krim terasa lengket, kasar dan tidak menyatu apabila diaplikasikan ke wajah. Ciri ini menunjukkan bahwa krim tersebut mengandung merkuri. Jika krim didiamkan selama beberapa saat, akan terlihat minyak yang terpisah dari bagian krim yang padat.

  • Bau

Adanya kandungan logam merkuri akan menimbulkan bau yang menyengat. Sebagian produsen ada yang mencampurkan dengan parfum untuk mengurangi bau menyengat tersebut. Sebaiknya Anda mencoba cara memutihkan wajah dengan putih telur dan madu, cara memutihkan wajah secara alami dengan susu, dan menggunakan manfaat masker kentang campur madu untuk membuat kulit putih secara alami.

  • Warna

Pada umumnya warna cream yang mengandung mercury dan hidroquinon sangat mencolok, karena para pembuatnya biasa menggunakan bahan pewarna tekstil seperti warna kuning dan krim putih yang mengkilat.

  • Berkhasiat instan

Cream yang mengandung mercury dan hidroquinon akan memberi efek yang cepat pada kulit, misalnya hasil berupa cara mencerahkan kulit wajah akan terlihat dalam kurun waktu beberapa hari atau kurang dari dua minggu. Wajah juga akan terlihat sangat merah selama pemakaian.

  • Menyebabkan iritasi

Produk krim yang bebas merkuri selalu mengandung SPF sehingga pemakaian pada siang hari tidak akan membuat kulit wajah terbakar, iritasi , gatal dan terasa panas karena sinar matahari. Sebaliknya pada cream yang mengandung mercury dan hidroquinon akan mudah membuat wajah teriritasi, terbakar, perih, gatal dan terasa panas ketika terkena sinar matahari.

Merk Cream Mengandung Bahan Berbahaya

Cream yang mengandung mercury dan hidroquinon bisa beredar bebas di pasaran dan tidak memiliki nomor pendaftaran BPOM sebagai bukti bahwa produk tersebut aman untuk digunakan. Akan tetapi, ada pula beberapa merk krim yang telah memiliki nomor BPOM ternyata masih mengandung bahan kimia berbahaya. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh penambahan bahan berbahaya tersebut pada produk yang dijual di pasaran, berbeda komposisinya dengan produk yang diuji cobakan untuk mendapatkan nomor izin edar. Apabila Anda tidak jeli dalam memilih krim wajah, maka bisa jadi Anda juga terjebak dengan penggunaan krim semacam ini. Beberapa merk cream yang mengandung mercury dan hidroquinon dan ditarik dari peredaran oleh BPOM adalah:

  1. QB White Night Cream  – Krim ini diproduksi di Jakarta, didalamnya mengandung mercury dan asam retinoat.
  2. Dr. BL Skin Care  – Produk ini merupakan cream yang mengandung hidroquinon dan asam retinoat.
  3. Beauty G Day Cream – Diproduksi oleh Chiao Tu Cosmetics Co. Ltd, Taiwan dan di impor oleh PT. Crystal Beauty Jakarta, Indonesia. Kandungan bahan berbahaya didalamnya adalah mercury. Nomor BPOM NA47150101401.
  4. Lixiao Night Cream – Diproduksi oleh Chiao Tu Cosmetics Co. Ltd, Taiwan, importir PT. Crystal Beauty Jakarta, Indonesia. Kandungan bahan kosmetik yang berbahaya adalah mercury. Nomor BPOM NA47150103548.
  5. Rose Night Cream – Merupakan produksi Chiao Tu Cosmetics Co. Ltd, Taiwan, importir PT. Crystal Beauty Jakarta, Indonesia dengan nomor BPOM NA47150101146. Kandungan bahan kosmetik yang berbahaya adalah mercury.
  6. D’Swiss Night Cream – Produk yang bernomor BPOM NA47160101201 diimpor oleh PT. Sinar Dios Abadi, Jakarta Utara dan merupakan produksi dari Bertie Enterprise Corp, Taiwan. Dalam cream ini terkandung mercury .
  7. L’Come Day Cream – Terdaftar dalam nomor BPOM NA47150104120, diproduksi oleh Bertie Enterprise Corp , Taiwan. Dalam cream ini terkandung mercury. Produk ini diimpor oleh PT. Sinar Dios Abadi, Jakarta Utara.
  8. La Widya Collagen Day Cream – PT. Sinar Dios Abadi, Jakarta Utara adalah importir produk yang bernomor NA47150103942 yang mengandung mercury dan diproduksi oleh  Bertie Enterprise Corp , Taiwan.
  9. Aichun Beauty Night Cream  – Produk ini diimpor dari Taiwan melalui PT. Crystal Beauty, Jakarta dan mengandung merkuri.
  10. Anima40 Day Cream  – Merupakan produk yang diimpor oleh CV. Crystal Beauty Jakarta dari Taiwan, dan mengandung merkuri.
  11. Anima40 Night Cream – Produk krim yang diimpor dari Taiwan oleh PT. Crystal Beauty, Jakarta.
  12. Auraku Whitening Serum- Mengandung hidroquinon dan diproduksi oleh CV. Aura Cemerlang Cosmeceutical, Cimahi.
  13. Gavia Whitening Cream- Mengandung hidroquinon, produksi CV Aura Cemerlang Cosmeceutical, Cimahi.
  14. Bioclinic – Produk yang berasal dari Taiwan dan diimpor oleh CV. Crystal Beauty , mengandung merkuri.
  15. Clariderm Day Cream Nomor NA18140102011 telah dicabut oleh Badan POM.
  16. Clariderm Night Cream – Produk yang memiliki izin edar NA18140102010 telah dicabut oleh Badan POM.
  17. DR Herbal Night Cream – Merupakan produk impor dari Taiwan oleh CV. Crystal Beauty, Jakarta. Mengandung merkuri.
  18. La Bella Esther Night Cream – Krim yang diimpor dari Taiwan oleh CV. Crystal Beauty dan mengandung merkuri.
  19. La Bella Day Cream – Kandungan merkuri terdapat di dalam krim yang diimpor dari Thailand oleh CV. Crystal Beauty.
  20. Eco- Agen Day Cream – Produk ini merupakan krim lokal yang diproduksi oleh Pasifik Ocean Indonesia di Jakarta.
  21. Eco- Agen Night Cream – Krim yang mengandung merkuri diproduksi oleh produsen lokal Pasifik Ocean Indonesia, Jakarta.
  22. Microcell  Lightening Cream Anti Jerawat – Produk lokal buatan PT. Sukma Skin Treatment, Cikupa Tangerang, dan mengandung merkuri.
  23. Microcell Lightening 3 Cream – Terdapat kandungan merkuri pada produk ini yang diproduksi oleh PT. Sukma Skin Treatment, Cikupa, Tangerang.
  24. Come Beauty Night Cream – Krim yang diproduksi PT. Dasen Jaya Lestari , Jakarta Utara dan mengandung merkuri.
  25. Widya Day Cream Curcuma – Merupakan krim lokal yang mengandung merkuri, produksi Pasifik Ocean Indonesia, Jakarta.
  26. Widya Night Cream Curcuma – Krim lokal produksi Pasifik Ocean Indonesia, Jakarta yang mengandung merkuri.
  27. Kosmetik Sari –  Produk bermerk Sari mulai dari krim siang dan malam untuk kulit normal serta jerawat, sabun muka lime dan papaya.
  28. Merk Hans – Beberapa produk krim bermerk Hans berupa skin care night cream.
  29. Beauty Girls Pearl Cream – Produk krim yang diimpor dari Taiwan oleh CV. Crystal Beauty, Jakarta.
  30. Biogold Day dan Night Cream  – Kedua jenis krim ini diproduksi oleh Pasifik Ocean, Jakarta dan mengandung merkuri.

Akibat Bahan Kimia Berbahaya

Efek samping dari penggunaan kedua bahan ini sangat berbahaya tidak hanya bagi kulit wajah namun juga bagi kondisi tubuh secara keseluruhan. Adapun efek samping dari kandungan merkuri dan hidroquinon yaitu:

A. Merkuri

Merkuri sangat dilarang untuk digunakan di dalam kosmetik. Cream malam yang bagus untuk mencerahkan wajah tidak akan mengandung merkuri yang sangat berbahaya tersebut. Bahaya penggunaan merkuri untuk kulit yaitu:

B. Hidroquinon

Bahan kimia ini dapat digunakan dengan batas maksimal penggunaan sebanyak 2% pada obat yang dijual bebas (kosmetik over the counter). Diatas jumlah itu harus digunakan dengan pengawasan dokter untuk cara memutihkan wajah. Efek samping dari hidroquinon yaitu :

Untuk menghindari efek samping dari cream yang mengandung mercury dan hidroquinon, Anda perlu meneliti dengan seksama mengenai krim perawatan wajah yang akan digunakan dan menghindari krim pemutih palsu. Carilah nomor pendaftaran izin edar yang bisa di dapatkan di situs BPOM, mencermati review para pemakainya, dan juga pastikan benar – benar bahwa produk tersebut dibuat oleh produsen yang terpercaya agar mendapatkan cream pemutih wajah yang aman dan cream pemutih wajah yang bagus. Waspadai pula bahaya make up palsu yang mengandung bahan kimia berbahaya lainnya seperti asam retinoat dan bahan pewarna merah K3 dan K10, juga bahaya kandungan paraben pada kosmetik.