6 Manfaat Lulur Rempah Tradisional untuk Kulit Tubuh

Metode perawatan kulit tubuh yang banyak disukai dan ampuh untuk membuat kulit lebih bersih adalah lulur badan. Sekarang ini luluran menjadi salah satu langkah dalam perawatan salon untuk memutihkan kulit tubuh misalnya rangkaian perawatan untu body spa. Lulur badan juga dengan mudah dapat ditemukan pasaran, denga berbagai macam merk dan kegunaan untuk kulit.

Namun tidak sedikit orang yang masih setia menggunakan lulur tradisional yang terbuat dari rempah-rempah. Misalnya saja dengan memanfaatkan khasiat kunyit, kayu manis, ginseng atau lainnya dipadukan dengan oatmeal, gula atau beras sebagai scrub. Nah pada artikel ini akan diulas mengenai manfaat lulur rempah tradisional untuk kulit tubuh, antara lain:

1. Mencerahkan kulit

Luluran adalah kegiatan perawatan kulit yang memiliki manfaat utama untuk mengekfoliasi kulit. Sel kulit mati yang menumpuk, debu dan kotoran lain di kulit dapat terangkat secara optimal dengan melakukan luluran secara rutin. Untuk membuat lulur rempah alami, rempah dapat dikombinasikan dengan scrub alami seperti beras, kopi, gula, baking soda, garam dan lain sebagainya.

2. Memutihkan kulit

Pemakaian lulur rempah dengan telaten juga dapat berkhasiat sebagai cara memutihkan badan secara alami dan permanen. Hasil penggunaan lulur rempah alami pada umumnya memang tidak bisa terlihat dengan cepat, namun hasil yang didapatkan biasanya akan lebih awet dan terlihat lebih natural jika dibandingkan dengan penggunaan lulur yang mengandung bahan kimia.

3. Mengatasi iritasi kulit

Minimnya bahkan tidak adanya kandungan bahan kimia dalam lulur rempah, membuat lulur rempah aman dan nyaman digunakan untuk kulit. Sehingga salah satu manfaat lulur rempah tradisional adalah tidak akan menimbulkan reaksi iritasi maupun alergi pada kulit. Tidak seperti lulur yang beredar di pasaran, yang terkadang bisa memiliki kandungan tertentu atau ukuran scrub yang bisa membuat kulit iritasi atau rusak.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Selain mengatasi sel kulit mati dan kotoran kulit, eksfoliasi dengan luluran juga dapat membuat kulit terasa lebih halus bahkan setelah pemakaian. Hal ini dikarenakan kulit yang kasar dan bersisik juga dapat menjadi tanda bahwa terdapat penumpukan atau penebalan sel kulit mati di permukaan kulit. Agar cara merawat kulit tubuh agar mulus secara alami dapat lebi maksimal, tambahkan bahan lain seperti madu atau minyak zaitu ke dalam lulur rempah yang digunakan.

5. Melembabkan kulit

Lulur rempah tradisional yang dibuat sendiri nyaman digunakan dan tidak akan membuat kulit kering karena over eksfoliasi. Apalagi jika lulur rempah diberi tambahan madu, minyak zaitun atau natural oil lain yang bisa membantu meningkatkan kelembaban kulit. Dengan begitu, penggunaan lulur rempah tidak hanya sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih, namun juga dapat menjaga kelembaban kulit.

6. Mengatasi jerawat di badan

Jerawat tidak hanya dapat menjadi permasalah kulit wajah saja, namun juga dapat masalah kulit tubuh yang biasanya muncul di punggung.  Masalah jerawat di punggung ini dapat diatasi dengan lulur rempah yang menggunakan manfaat kunyit untuk kulit badan secara menyeluruh dan dikombinasikan dengan bahan lain seperti lemon atau jeruk nipis. Selain itu gunakan scrub alami seperti dari oatmeal atau kopi yang memiliki tekstur lembut.

Demikian informasi mengenai manfaat lulur rempah untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit tubuh dan meningkatkan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.