9 Manfaat Memakai Lulur Kopi Setiap Hari Bagi Kulit

Meminum segelas kopi di pagi hari hampir menjadi ritual bagi sebagian besar orang. Kapanpun Anda merebus seteko kopi, Anda meninggalkan sisa – sisa bubuk kopi yang kemungkinan besar akan dibuang ke tempat sampah. Akan tetapi sisa kopi ini sebenarnya sangat bisa dimanfaatkan kembali untuk keperluan kecantikan Anda, terutama untuk kulit tubuh. Untuk memelihara kulit yang tetap sehat alami, direkomendasikan untuk menggosok tubuh beberapa kali dalam sebulan. Scrub kopi memberikan beberapa keuntungan bagi kulit termasuk perbaikan tekstur kulit dan sirkulasi dengan pengurangan selulit sementara dengan biaya yang relatif lebih rendah daripada perawatan masa kini. Scrub kopi pada umumnya paling efektif jika digunakan sebanyak 2-3 kali seminggu untuk mengelupas sel kulit mati dan meningkatkan peredaran darah untuk kulit yang tampak lebih sehat. Daripada menggunakan lulur yang mengandung tambahan bahan kimia, lulur kopi alami akan jauh lebih baik. Anda dapat merasakan manfaat memakai lulur kopi setiap hari berupa beberapa hal berikut ini.

1. Mengurangi peradangan

Kopi sudah lama dipelajari untuk manfaat anti peradangan yang dimilikinya. Khasiat anti peradangan yang berasal dari polifenol dan hydrocinnamic acid yang ada pada kopi dapat mendatangkan manfaat memakai lulur kopi setiap hari, membantu mengurangi peradangan dan menenangkan jerawat yang merah serta meradang. Ini adalah berita baik bagi Anda yang sedang mengalami breakout, karena kandungan antioksidan pada kopi dapat membantu menenangkan breakout yang merah dan meradang.

2. Memperbaiki peredaran darah

Jika Anda menggosok tubuh dengan kopi, manfaat memakai lulur kopi setiap hari akan membuat kafein yang ada pada kopi bertindak sebagai stimulan yang akan memperbaiki peredaran darah yang mengalir di pembuluh darah Anda. Cara membuat lulur  kopi atau cara membuat scrub kopi bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan sisa ampas kopi yang Anda minum.

3. Mengkilapkan kulit

Manfaat memakai lulur kopi setiap hari juga dapat memberikan kulit Anda penampilan yang glowing, segar dan tampak muda dalam waktu singkat. Hal itu didapatkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi. Antioksidan dalam kopi juga bisa mengatasi kulit kusam dan lelah dengan mendorong nutrisi yang dibutuhkan ke pori – pori kulit sebagai manfaat kopi untuk kulit dan manfaat scrub kopi untuk badan.

4. Menghilangkan sel kulit mati

Kopi memiliki sifat khas yang kasar secara alami, khususnya kopi yang digiling halus dapat menjadi eksfoliator yang sangat baik. Butiran pada kopi tersebut akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan konon juga membantu menstimulasi pengeringan getah bening. Mengaplikasikan scrub kopi akan membantu menyingkirkan sun spots, bintik – bintik, garis halus dan keriput. Pada dasarnya khasiat antioksidan membantu untuk memproduksi sel kulit baru sebagai manfaat memakai lulur kopi setiap hari.

5. Mengurangi bengkak

Mungkin Anda pernah mengalami hari ketika wajah kelihatan lebih bengkak dari biasanya, atau mungkin Anda mendapati salah satu mata tampak bengkak. Khasiat diuretik dari zat yang terkandung dalam kopi seperti methylxanthine bisa membantu mengurangi eksim atau jaringan yang bengkak karena kelebihan cairan. Pijat perlahan menggunakan scrub kopi di sekitar area mata untuk menghilangkan mata yang lelah dan bengkak. Kafein yang ada di dalam kopi akan membatasi pembuluh darah dan scrub berfungsi sebagai stimulan yang akan membuat mata lelah Anda perlahan menghilang.

6. Memperbaiki tekstur kulit

Jika Anda ingin menghilangkan sel kulit mati dari tubuh Anda maka manfaat memakai lulur kopi setiap hari bisa dilakukan. Kulit Anda akan menjadi semakin lembut, halus dan semakin diremajakan dengan manfaat lulur kopi tersebut. Anda juga bisa mendapatkan cara memutihkan kaki dengan kopi dan cara memutihkan kulit dengan kopi hitam.

7. Mengurangi selulit

Gunakan manfaat memakai lulur kopi setiap hari jika Anda ingin mengurangi selulit di tubuh. Hal ini memungkinkan karena kopi bersifat diuretik yang akan membuat tubuh menjadi dehidrasi. Jadi ketika Anda menggunakan scrub kopi, sel – sel lemak yang terdekat pada permukaan kulit akan cenderung menyusut ukurannya. Dengan kata lain kafein dapat memecah lemak dalam kulit. Kafein dalam kopi juga akan membantu mengencangkan kulit dan meningkatkan peredaran darah sehingga dapat mengurangi selulit.

8. Membuat kulit bersinar

Jika Anda menginginkan rona kulit yang berseri dan bersinar, gunakan manfaat memakai lulur kopi setiap hari pada kulit tubuh. Lulur kopi ini akan membantu menyingkirkan sel kulit mati dan membuat Anda memiliki kulit yang bersinar karena kopi banyak mengandung antioksidan yang kuat.

9. Memperlambat penuaan

Kopi kaya akan polifenol, yaitu sekelompok antioksidan yang ditemukan pada makanan seperti beri, teh, coklat dan minuman anggur. Sebagai tambahan selain memberi makanan ini warna yang terang dan dalam, zat – zat ini bekerja untuk melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan karena kerusakan DNA. Sebagai bonus, antioksidan dalam kopi juga telah ditunjukkan mampu melindungi dari sinar matahari dan memperlambat proses penuaan kulit yang disebabkan karena ekspos sinar matahari yang terus menerus.

Seperti terlihat pada pembahasan diatas, manfaat kopi untuk kulit lumayan luas dan utamanya berasal dari antioksidan alami serta kandungan kafeinnya. Manfaat memakai lulur kopi setiap hari memiliki beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum mencobanya. Kafein bisa memasuki tubuh kita melalui kulit, jadi apabila Anda memiliki sensitivitas tertentu atau tekanan darah tinggi, Anda mungkin perlu menggunakan lulur kopi dengan pertimbangan tertentu dan berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Begitu juga dengan resiko efek samping masker kopi yang bisa bereaksi sama dengan efek samping lulur kopi. Untuk menghindari resiko kulit terlalu kering atau iritasi, sebaiknya Anda melakukan lulur kopi setiap dua hari sekali saja.