7 Cara Membuat Masker Bengkoang Bubuk Sendiri di Rumah

Bengkoang adalah salah satu jenis umbi yang rasanya manis dan segar untuk dimakan. Sekarang manfaat bengkoang telah diketahui tidak hanya sebatas sebagai bahan makanan saja, tetapi juga sangat baik untuk digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan. Banyak sekali produk perawatan kecantikan sekarang ini yang menggunakan bengkoang seperti sabun mandi, pelembab, bedak, sabun wajah, hingga body lotion. Bengkoang sekarang dikenal memiliki manfaat memutihkan kulit karena mengandung vitamin B dan C yang sangat penting untuk mencerahkan dan menjaga kulit agar tetap bersih serta bersinar. Vitamin C pada bengkoang memberikan dorongan pada kulit untuk beregenerasi dengan baik. Karena itu bengkoang banyak digunakan untuk masker wajah alami, dan sudah banyak produsen yang memasarkan masker ini  di pasaran dalam bentuk masker bubuk buatan industri rumahan. Banyak pula wanita yang sudah mencoba manfaat memakai masker bengkoang setiap hari, juga melakukan cara memutihkan badan dengan bengkoang.

Manfaat Masker Bengkoang

Bengkoang termasuk bahan alami yang jarang menimbulkan efek samping sehingga Anda bisa menggunakannya dengan aman sebagai masker wajah. Anda bisa saja menggunakannya setiap hari jika diperlukan, tentunya sesuai dengan aturan pemakaian. Bengkoang mengandung vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, asam pantotenat, zat besi, folat, piridoksin, thiamin, riboflavin, pachyrzon dan rotenon. Dalam 100 gram bengkoang mengandung 55 kalori, 1,4 gram protein, 20 mg vitamin C, 0,2 gram lemak, 12,8 gram karbohidrat, 15 mg kalsium, 18 mg fosfor, dan 0,6 mg zat besi. Beberapa manfaat masker bengkoang untuk wajah yaitu:

  • Menghilangkan flek hitam – Jerawat adalah salah satu masalah yang khususnya membuat orang tidak percaya diri, terutama para wanita. Belum lagi, jerawat bisa meninggalkan bekas berupa flek hitam yang merusak kulit wajah yang mulus. Kandungan pachyrzon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin c dalam bengkoang bisa membantu menghilangkan flek hitam.
  • Menyegarkan wajah – Bedak dingin bengkoang berguna untuk mendinginkan wajah agar terasa lebih segar. Wajah juga akan tampak segar dan tidak kusam, mudah beregenerasi dari khasiat kandungan vitamin A dan B1 yang ada di dalam bengkoang.
  • Memutihkan wajah – Cara membuat masker bengkoang bubuk akan menjadi cara yang tepat untuk memutihkan kulit wajah.
  • Mencegah penuaan – Penggunaan masker bengkoang secara teratur akan dapat membantu menjadi cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah berupa keriput dan tanda – tanda penuaan. Bengkoang mengandung antioksidan tinggi berupa vitamin C yang sangat baik untuk digunakan sebagai masker wajah.
  • Mengatasi kulit kering serta kusam – Anda juga dapat mengatasi masalah kulit wajah yang kering dan kusam dengan cara menggunakan masker bengkoang secara teratur.
  • Melembabkan – Kandungan air yang tinggi pada bengkoang sektar 80 hingga 90 persen membuatnya kerap dianjurkan bagi para penderita diabetes atau untuk diet. Tingginya kandungan kadar air tersebut juga menyebabkan kadar air dalam kulit akan selalu terjaga dan kulit akan tampak kenyal.

Membuat Masker Bengkoang Bubuk Sendiri

Cara membuat masker bengkoang bubuk yang akan menggunakan manfaat beruang untuk kulit berikut ini mungkin bisa diikuti oleh Anda yang ingin membuat masker bengkoang sendiri di rumah.

  1. Masker bengkoang bubuk dibuat dengan cara mengolah umbi bengkoang yang sudah tua, kupas kulitnya dan cuci bersih untuk cara membuat masker bengkoang sendiri di rumah.
  2. Kemudian diiris – iris tipis kurang lebih setebal 5 mm lalu jemur sampai benar – benar kering.
  3. Anda juga bisa memanaskannya selama 30 menit di oven untuk memastikan airnya sudah benar – benar menguap semuanya.
  4. Tumbuk bengkoang yang sudah kering tersebut dengan stemper bersih lalu simpan bubuk halusnya ke dalam wadah kering dan kedap udara, tutup dengan rapat.
  5. Gunakan sebagai masker dengan dicampur air mawar secukupnya sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu untuk cara memakai masker bengkoang yang benar.
  6. Biarkan masker di wajah selama 30 menit lalu bilas menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat.
  7. Bilas kembali dengan air dingin untuk memastikan wajah sudah bersih.

Tips Penggunaan Masker Bengkoang

  • Agar masker dapat berfungsi secara optimal pada kulit wajah Anda maka ada aturan pemakaian yang perlu diperhatikan sebelumnya.
  • Pastikan kulit wajah Anda sudah bersih sebelum membubuhkan masker bengkoang, karena manfaat masker tidak akan bekerja dengan optimal pada wajah yang kotor.
  • Gunakan handuk yang dibasahi air hangat ketika membersihkan masker untuk menghindari iritasi pada wajah.
  • Keringkan masker di wajah di udara terbuka atau kipas – kipas dengan tangan agar Anda tidak perlu menunggunya kering terlalu lama.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin dan sesuai aturan pemakaian agar efeknya pada wajah bisa segera terlihat. Anda juga bisa mencoba cara membuat masker bengkoang dan putih telur untuk variasi perawatan wajah.

Masker bengkoang siap pakai saat ini sangat mudah didapatkan di pasaran dengan berbagai merk dan khasiat tambahannya. Anda yang ingin praktis dan tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya sendiri dapat menggunakan masker siap pakai tersebut. Akan tetapi masker siap pakai tersebut kebanyakan mengandung tambahan bahan kimia yang digunakan dalam produksinya, sehingga bagi Anda yang ingin menghindari bahan kimia maka pembuatan masker bubuk bengkoang dapat dilakukan sendiri. Anda dapat melakukan cara membuat masker bengkoang bubuk di rumah agar mendapatkan khasiat bahan alami untuk wajah yang bebas bahan kimia.