6 Waktu Yang Baik Menggunakan Masker Lidah Buaya Dengan Benar

Lidah buaya adalah tanaman herbal yang populer dan aman dan bisa ditelusuri penggunaannya selama 600 tahun dalam berbagai kebudayaan. Tanaman ini sudah dikenal sejak lama sekali sebagai tanaman yang memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi perawatan kecantikan dan kesehatan, termasuk juga untuk perawatan kulit dan rambut. Penggunaannya termasuk sangat mudah dan hampir tidak menimbulkan efek samping lidah buaya untuk wajah jika digunakan dengan cara yang benar.

Hingga sekarang, lidah buaya ditanam di rumah dan gel didalamnya digunakan untuk berbagai keperluan dari kulit terbakar matahari hingga masalah jerawat. Gelnya mampu menenangkan kulit wajah dan tubuh karena mengandung air yang cukup tinggi dan melembapkan, sehingga sangat baik untuk kulit yang terbakar matahari. Beberapa hal yang membuat lidah buaya sangat efisien untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit dan kapan waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya pada wajah adalah :

1. Kaya akan vitamin

Lidah buaya mengandung polisakarida yang memberi efek hidrasi dan anti inflamasi, juga memungkinkan lidah buaya untuk memberi lapisan pelindung pada kulit. Lidah buaya juga mengandung fitosterol yng dapat membantu menenangkan rasa gatal dan iritasi sementara memberikan perlindungan untuk mencegah kehilangan air pada lapisan epidermis kulit. Lidah buaya juga memiliki bahan bioaktif yang kaya akan vitamin A, B, C, D dan E sebagaimana mineral seperti magnesium, potasium dan zinc. Semua ini digunakan dalam fungsi menyembuhkan dari lidah buaya, sehingga waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya adalah untuk membantu penyembuhan luka di kulit wajah misalnya setelah menjalani perawatan laser pada kulit wajah. Biasanya setelah selesai melakukan laser, kulit wajah akan terasa panas dan tidak nyaman sehingga akan lebih tenang jika dioleskan masker lidah buaya, tentunya dengan cara menggunakan masker lidah buaya yang benar.

2. Merawat luka pada kulit

Waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya yaitu untuk merawat kulit yang terbakar. Gel lidah buaya mengandung bahan yang dapat menenangkan kulit yang telah terekspos pada matahari dalam jangka waktu yang lama. Secara umum, lidah buaya bisa digunakan untuk mengurangi iritasi kulit dan peradangan seperti jerawat dan eksim. Lidah buaya juga memulihkan luka bakar dengan vitamin dan mineral. Luka bakar adalah cedera pada kulit yang terjadi karena suhu panas tinggi, iritasi, penguapan air dan kulit yang mengencang yang menciptakan perasaan tidak nyaman. Kerusakan macam apapun akan menciptakan kerusakan pada lapisan pelindung kulit, dan karena lidah buaya dapat menghidrasi, maka dapat membantu memperbaiki lapisan pelindung kulit lebih cepat.

3. Merawat kulit terbakar

Waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya adalah digunakan setelah terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Gel lidah buaya sebagai masker yang dapat menenangkan kulit paling tepat digunakan ketika kulit sedang kepanasan dan mengalami kemerahan. Pemakaian setiap hari tanpa indikasi kulit terbakar bisa dikatakan jarang menimbulkan efek yang berarti karena lidah buaya tidak dapat memberikan manfaat anti penuaan kecuali untuk fungsi melembapkan kulitnya tersebut.

4. Untuk perawatan kulit rumahan

Anda bisa melakukan banyak hal jika menanam lidah buaya sendiri di rumah. Gel lidah buaya bisa digunakan sebagai scrub atau masker wajah buatan sendiri. Anda dapat mengkombinasikan lidah buaya dengan gula merah atau minyak zaitun, yang bisa digunakan sebagai eksfoliator untuk menghilangkan sel kulit mati dan kulit kering. Anda juga bisa membekukan gel lidah buaya ke nampan es batu dan menyimpannya di freezer untuk digunakan kemudian. Waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya tidak terbatas jika Anda menyimpan persediaan di rumah. Kapan saja Anda membutuhkan bahan yang dapat mendinginkan kulit, Anda tinggal mengambil satu dari lemari es dan menggosokkannya pada area yang meradang. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mencukur bulu kaki dan mencegah iritasi karena bekas cukuran tersebut.

5. Lidah buaya mudah diaplikasikan

Waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya adalah ketika Anda membutuhkan serum untuk kulit. Cara membuat masker lidah buaya untuk memutihkan wajah dapat dilakukan ketika kulit sudah tampak mulai kusam.  Aplikasikan pada wajah setelah membersihkan dan gunakan pelembab setelahnya. Produk pelembab biasanya akan mengandung minyak dan bahan lain yang akan memastikan lidah buaya akan menyerap ke dalam kulit dengan mudah. Pastikan juga Anda melakukan cara membuat masker lidah buaya agar tidak gatal pada kulit wajah.

6. Untuk menyembuhkan jerawat

Waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya juga bisa dilakukan ketika Anda sedang mengalami jerawat atau noda di wajah. Pada saat itu Anda bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah yang dapat membantu mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan lidah buaya segar pada area yang kering untuk membantu melembabkan sel kulit. Anda juga dapat menggunakan masker lidah buaya sebelum tidur malam sebanyak 1 – 2 kali dalam seminggu. Lakukan cara membuat masker lidah buaya tanpa campuran bagi wajah yang berjerawat.

Selain memperhatikan kapan saja waktu yang baik menggunakan masker lidah buaya, Anda juga perlu memperhatikan resiko alergi yang bisa ditimbulkan. Sebaiknya lakukan tes alergi lebih dulu agar Anda tidak mengalami efek samping masker lidah buaya pada kulit wajah. Walaupun relatif aman, tetap saja ada resiko efek samping menggunakan masker lidah buaya semalaman jika terlalu sering. Ikuti cara penggunaan dengan benar dan tidak berlebihan, maka Anda akan merasakan manfaatnya dalam waktu yang tidak terlalu lama.