6 Efek Samping Menggunakan Masker Lidah Buaya Semalaman Pada Wajah

Lidah buaya sangat dikenal sebagai obat tradisional yang bisa digunakan pada kulit dan rambut sebagai bagian dari ritual perawatan kecantikan para wanita. Konon Cleopatra sering menggunakan lidah buaya untuk merawat kecantikan kulitnya karena di Mesir tanaman ini dikenal sebagai tanaman keabadian. Kandungan nutrisi dari lidah buaya yang lengkap menjadikannya sebagai bahan perawatan kecantikan yang bisa diandalkan. Bagian lidah buaya yang seringkali digunakan sebagai bahan kosmetik adalah gel yang ada didalamnya.

Karena khasiatnya tersebut, lidah buaya sering digunakan dalam produk kosmetik siap pakai yang sangat mudah ditemukan di toko – toko kosmetik terpercaya atau di supermarket sekalipun. Bahkan juga ada cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dan wajah  yang sangat populer. Banyak pula wanita yang lebih suka untuk mengaplikasikan tanaman lidah buaya langsung pada kulit kepala atau sebagai masker wajah untuk mendapatkan manfaat yang lebih alami dan tidak tercampur dengan bahan kimia yang biasanya ada pada produk – produk siap pakai.

Efek Samping Masker Lidah Buaya

Menggunakan  manfaat lidah buaya untuk kulit sebagai masker memang sangat baik sebagai bagian dari perawatan kecantikan alami, namun Anda sebaiknya memperhatikan bahwa ada beberapa efek samping tertentu yang bisa dialami karena salah dalam metode penggunaannya. Pemakaian masker secara teratur memang baik untuk kulit wajah Anda. Tetapi banyak wanita salah kaprah ketika menggunakan masker, mereka berpendapat bahwa semakin lama mereka menggunakannya maka hasilnya akan semakin bagus. Padahal, penggunaan masker yang terlalu lama dan terlalu sering justru akan menimbulkan sejumlah akibat buruk pada kulit wajah. Efek samping menggunakan masker lidah buaya semalaman pada kulit wajah antara lain:

1. Kulit menjadi kering

Efek samping menggunakan masker lidah buaya semalaman bisa membuat kondisi kulit menjadi semakin kering. Jika tadinya jenis kulit Anda memang kering, penggunaan masker lidah buaya yang dibiarkan terlalu lama di wajah dan digunakan setiap hari justru dapat membuat kulit wajah menjadi semakin kering. Hal ini disebabkan karena kulit  yang tercampur dengan masker terlalu lama terkena udara. Untuk itu perlu dilakukan cara membuat masker lidah buaya yang benar.

2. Kulit semakin berminyak

Kebalikan dari resiko kulit kering yang bisa terjadi, kulit wajah justru bisa menjadi semakin berminyak karena tubuh berusaha menggantikan produksi minyak alami yang hilang di permukaan kulit wajah. Semakin kering dan tidak lembab kondisi kulit wajah, maka minyak  yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous bisa semakin banyak.

3. Kulit mengalami breakout

Sebagai hasil dari produksi minyak yang semakin banyak di kulit wajah, kotoran, debu, sel kulit mati dan sebum akan semakin mudah menumpuk di wajah dan menyumbat pori – pori. Akibat dari tersumbatnya pori – pori tentunya sudah kita ketahui bersama, yaitu timbulnya jerawat. Apabila kondisi kulit wajah semakin memburuk, jerawat yang muncul tentunya juga akan semakin banyak dan terjadilah breakout. Ini adalah kondisi yang bisa terjadi jika timbul pertanyaan mengenai bolehkah memakai masker lidah buaya semalaman.

4. Menghilangkan kelembaban kulit

Efek samping lainnya dari menggunakan masker lidah buaya secara berlebihan adalah bahwa masker yang dipakai setiap hari akan menyerap minyak di kulit wajah secara terus menerus sehingga kelembaban alami wajah justru menghilang dan menyebabkan kulit wajah menjadi semakin kering.

5. Kulit wajah meradang

Untuk yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif,  menggunakan masker terlalu lama pada kulit wajah akan mempercepat terjadinya radang di kulit wajah. Efek samping menggunakan masker lidah buaya semalaman akan membuat kulit wajah mengalami reaksi radang dan menjadi berwarna kemerahan karena radang tersebut.

6. Reaksi alergi

Bagi beberapa orang yang memiliki kecenderungan alergi, maka ada kemungkinan pemakaian gel lidah buaya pada kulit juga akan menimbulkan reaksi alergi berupa gatal – gatal. Rasa gatal tersebut bisa dialami berbeda – beda setiap orang. Ada yang hanya mengalami sedikit gatal, namun ada juga yang mengalami gatal luar biasa hingga muncul ruam kemerahan pada kulitnya. Gatal juga bisa menyebabkan kulit wajah mengalam iritasi hingga mengelupas dan meradang. Anda dapat mencoba cara membuat masker lidah buaya agar tidak gatal agar dapat menggunakan manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Tips Menggunakan Masker Wajah

Untuk menghindari efek samping lidah buaya untuk wajah yang tidak diinginkan, sebelum menggunakan masker wajah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih dulu:

  • Jangan gunakan masker pada kondisi kulit yang sedang mengalami peradangan atau iritasi.
  • Lakukan tes alergi lebih dulu pada kulit wajah dengan mengoleskan lidah buaya sedikit pada bagian dalam siku atau belakang telinga.
  • Ketahui jenis kulit wajah dan cocokkan dengan tujuan menggunakan masker tersebut .
  • Selalu bersihkan wajah sampai tuntas sebelum menggunakan masker.
  • Ikuti aturan pemakaian masker untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Efek samping menggunakan masker lidah buaya semalaman bisa terjadi pada kulit wajah terutama jika Anda menggunakan lidah buaya langsung untuk masker wajah. Sebab, lidah buaya asli masih berada dalam bentuk murni dan tentunya khasiatnya juga masih didapatkan secara utuh, yang mungkin saja akan terlalu berat bagi kulit wajah untuk diterima secara berlebihan. Sedangkan masker lidah buaya yang sudah berbentuk produk siap pakai tidak menggunakan bahan lidah buaya secara utuh melainkan sudah dicampur dengan bahan – bahan lain sehingga lebih aman untuk digunakan dalam waktu lama. Selama Anda menggunakan masker wajah sesuai dengan aturan pemakaian dan durasi yang dianjurkan, maka seharusnya tidak akan terjadi efek samping yang merugikan.