Lebih Bagus Facial Foam atau Facial Srub? Ini Penjelasannya!

Membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah merupakan hal dasar yang dilakukan dalam perawatan kulit wajah. Namun terkadang pemilihan cleanser bisa membuat bingung, karena banyaknya jenis pembersih wajah. Misalnya saja memilih antara facial foam atau facial scrub, karena dua-duanya bisa membersihkan wajah dengan baik. Lalu antara kedua pembersih tersebut apakah ada perbedaannya, serta lebih bagus facial foam atau facial scrub untuk membersihkan wajah? Nah, pada artikel kali ini akan diulas secara lebih jauh mengenai facial foam dan facial scrub dari fungsi sampai manfaatnya sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat setiap hari. Simak ulasannya di bawah ini.

Facial Foam

Jika membutuhkan pembersih wajah untuk digunakan sehari-hari, maka facial foam atau facial wash merupakan pilihan yang paling tepat. Facial foam merupakan sabun wajah yang berfungsi sebagai cara merawat wajah agar tetap segar, agar bebas dari kotoran dan debu yang menempel. Facial foam sendiri biasanya memiliki varian berbeda-beda dan bisa dipilih sesuai dengan tipe kulit wajah apakah kering, berminyak, kombinasi atau sensitif. Terdapat beberapa fungsi dasar dari facial foam, antara lain:

  • Membersihkan debu dan kotoran yang menempel di kulit.
  • Mengatasi kulit kusam setelah beraktivitas.
  • Menghilangkan minyak dan keringat di kulit wajah.
  • Membantu mengontrol produksi minyak di kulit.
  • Menjaga keseimbangan pH kulit wajah.
  • Melembabkan dan membuat kulit lebih segar.

Sebagai salah cara menghilangkan wajah kusam, facial foam bisa digunakan untuk perawatan harian. Penggunaannya disarankan 2 kali sehari, yaitu setiap pagi dan malam hari atau setiap mandi. Jangan gunakan facial foam terlalu sering, karena penggunaan terlalu sering bisa menyebabkan kulit kering. Untuk membersihkan make up, facial foam tidak akan membersihkan secara sempurna. Sehingga sebelum memakai facial foam, sebaiknya wajah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cleanser atau make up remover.

Facial Scrub

Jika berbicara mengenai lebih bagus facial foam atau facial scrub dalam mengangkat sel kulit mati, maka yang paling efektif untuk dipakai adalah facial scrub. Hal ini disebabkan facial scrub memiliki butiran-butiran yang berfungsi menjadi eksfoliator sebagai cara menghilangkan kulit mati di wajah. Dengan kandungan butiran scrub di dalamnya, tentunya facial scrub lebih banyak manfaatnya dalam membersihkan wajah, seperti:

  • Mengatasi kulit bersisik dan kusam dengan sangat efektif.
  • Membuat kulit lebih terasa halus dan mulus.
  • Mengatasi penyumbatan pori-pori oleh kotoran, bakteri dan minyak.
  • Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat secara optimal.
  • Mengatasi kulit gelap dan belang dengan cepat.

Walaupun memiliki beberapa manfaat tersebut, facial scrub sangat tidak disarankan digunakan untuk sehari-hari dan cukup dipakai 1-2 kali saja dalam seminggu. Karena butiran scrubnya bisa membuat kulit iritasi atau rusak akibat eksfoliasi terlalu sering. Di samping menggunakan facial scrub yang beredar di pasaran, terdapat cara membuat scrub alami dengan bahan alami seper gula pasir, bubuk kopi atau lainnya. Facial scrub sebaiknya juga dihindari penggunaannya pada kulit yang sedang mengalami peradangan seperti jerawat atau bruntusan karena bisa membuatnya semakin parah.

Jadi, mana yang lebih bagus facial foam atau facial scrub untuk perawatan kulit tergantung dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Demikian ulasan mengenai berbagai fungsi hingga khasiat facial foam dan facial scrub untuk perawatan wajah. Semoga bermanfaat.