Efek Samping Masker Buah Naga Bagi Kulit Sensitif

Buah naga bukanlah buah asli Indonesia, namun popularitas buah ini semakin meningkat pesat selama beberapa tahun belakangan ini. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hampir di seluruh dunia terdapat pembudidayaan buah ini termasuk juga di Indonesia. Berasal dari tanaman sejenis kaktus yang bernama Hylocereus dan Selenicereus. Terdapat dua jenis buah naga di Indonesia yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Buah naga merah tampak berwarna merah pekat pada kulitnya dan berwarna keunguan untuk daging buahnya, sedangkan buah naga putih memiliki daging buah berwarna putih.

Manfaat kedua jenisnya hampir sama. Buah naga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh seperti untuk menurunkan kolesterol, memperkuat tulang serta gigi, mencegah kanker, melancarkan BAB, menambah nafsu makan dan energi, meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit diabetes, meringankan batuk dan asma dan membantu proses pembentukan sel darah merah pada tubuh. Selain dari manfaatnya yang besar untuk kesehatan tubuh, buah naga juga dapat digunakan untuk bahan masker wajah berdasarkan keunggulan – keunggulan yang dimilikinya.

Manfaat Buah Naga Untuk Wajah

Selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh, buah naga bisa juga digunakan untuk bahan masker wajah. Beberapa manfaat  cara membuat masker buah naga untuk kulit wajah yaitu antara lain:

  • Mengatasi jerawat – Buah naga merupakan bahan yang bagus untuk kulit yang rentan berjerawat dan jika diaplikasikan secara topikal, kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu mengurangi kemerahan dan peradangan dengan memperbaiki sistem peredaran darah. Buah naga juga bisa digunakan sebagai cara memerahkan bibir hitam dan masker buah untuk kulit berminyak.
  • Melembabkan kulit – Tidak saja bersifat melembabkan, buah naga juga penuh dengan antioksidan yang akan membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini sehingga menjadi jenis buah untuk awet muda alami yang bagus. Buah mengandung bentuk alami dari kolagen juga yang dapat menjadi cara mengencangkan kulit wajah dengan buah, memperbaiki elastisitas kulit agar tampak lebih kencang.
  • Mengatasi kulit terbakar matahari – Manfaat lain dari buah naga adalah tingginya kandungan vitamin C dan E didalamnya sehingga dapat melindungi kulit dari sinar UV yang merusak kulit baik dengan mengonsumsinya maupun dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Protein dan enzim yang berguna untuk memperbaiki kulit akan membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang terbakar sekaligus melembabkannya.

Resiko Pemakaian Masker Buah Naga

Buah naga jarang sekali dilaporkan memiliki efek samping jika digunakan sebagai masker wajah, namun jika ada efek samping masker buah naga maka itu adalah efek negatif bagi orang yang memiliki alergi terhadap buah tersebut. Seseorang  yang mengalami alergi buah disebabkan oleh tubuhnya yang memproduksi immunoglobulin E atau Ig E, antibodi yang timbul untuk jenis makanan tertentu. Produksi IgE tersebut adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang muncul setelah mengonsumsi buah tertentu. Pada pemakaian masker buah naga, seseorang dengan ciri – ciri kulit sensitif bisa saja mengalami reaksi alergi berupa gatal – gatal pada kulit.

Reaksi alergi berupa gatal pada kulit sebagai efek samping masker buah naga tersebut bisa terjadi dari tingkatan yang ringan hingga berat. Gatal – gatal bisa menghilang dalam waktu singkat namun juga bisa berkembang menjadi ruam dan membuat kulit wajah bengkak, tergantung kepada tingkat kesensitifan kulit seseorang. Konon dalam banyak kasus alergi buah, efek yang lebih ringan bisa dialami jika buah yang digunakan masih segar daripada buah yang sudah disimpan dalam waktu lama dan dipakai untuk bahan masker wajah. Selain kaya akan kandungan vitamin – vitamin, buah naga juga mengandung serat, mineral, protein dan karbohidrat yang penting bagi tubuh. Karena itu alergi ini tidak hanya bisa dialami jika menggunakan buah naga sebagai masker wajah, namun juga bisa dialami jika mengonsumsi buah naga.

Kandungan Gizi Buah Naga

Buah naga yang paling sering digunakan sebagai masker wajah adalah buah naga merah. Hal ini juga dimungkinkan karena buah naga merah merupakan jenis yang paling dominan diantara jenis buah naga lainnya, termasuk dari jenis buah naga putih. Kadar air dalam buah naga mencapai 90 persen dan memiliki banyak sekali kandungan zat gizi lainnya, antara lain:

  • Vitamin C – Buah yang mengandung vitamin C identik dengan rasa asam yang khas, namun tidak demikian dengan buah naga. Walaupun begitu, buah naga juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dalam satu buah naga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 10 kali lebih dari jumlah yang diperlukan.
  • Vitamin B1 – Viitamin yang juga dikenal dengan nama Thiamine adalah vitamin yang diperlukan untuk tubuh dan terdapat dalam jumlah banyak pada buah naga.
  • Vitamin B3 – Niasin atau Vitamin B3 memiliki manfaat nutrisi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Vitamin B12 – Riboflavin atau vitamin B12 bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan memperlancar proses pembentukan DNA dan mengatur proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Pada kenyataannya resiko alergi terhadap buah naga sebagai efek samping masker buah naga jarang sekali ditemui, kecuali alergi tersebut disebabkan oleh pestisida yang melapisi buahnya. Namun tentunya resiko alergi tersebut tetap ada, walaupun sangat jarang. Untuk menghindarinya, Anda dapat melakukan tes alergi lebih dulu sebelum memutuskan menggunakan masker buah naga untuk kulit wajah agar dapat menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Perhatikan isi kandungan gizi buah naga sedetil mungkin bagi Anda yang memiliki banyak resiko alergi agar bisa mengetahui apakah sekiranya ada bahan atau zat yang bisa memicu alergi Anda.