Efek Samping Masker Green Tea Pada Kulit Sensitif

Ritual perawatan kecantikan sudah melekat dengan rutinitas para wanita sehari – hari. Terkadang, ketika berusaha membuat susunan perawatan wajah yang baru, mungkin Anda akan berpikir bahan apa yang ampuh bagi perawatan kulit wajah. Teh hijau mungkin saja menjadi salah satu pertimbangan Anda sebagai bahan alami untuk merawat wajah yang harus dicoba. Perawatan kulit dengan teh hijau menjadi sangat populer bahkan telah diwujudkan dalam beberapa produk kecantikan karena manfaat antioksidan serta anti inflamasi yang dimilikinya. Jika Anda berusaha mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, rosacea, garis halus dan keriput, Anda mungkin bisa mempertimbangkan membeli produk yang mengandung teh hijau atau green tea ini.

Pengaplikasian teh hijau untuk kulit telah terbukti efektif untuk semua masalah kulit yang umum. Ada banyak produk yang tersedia yang menggunakan teh hijau sebagai bahan dasarnya, seperti berbentuk krim dan masker wajah atau pembersih wajah. Pada saat ini, produk yang banyak digunakan oleh para wanita adalah masker teh hijau yang mudah ditemukan di toko – toko kosmetik dan sudah siap pakai dengan praktis. Tidak hanya itu, sebagian orang juga menggunakan teh hijau dalam bentuk aslinya langsung untuk perawatan wajah yang biasanya digunakan dari air seduhan teh hijau asli.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kulit

Teh hijau adalah salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk perawatan kulit karena kaya akan antioksidan. Daun teh hijau mengandung polifenol dan catechin yang memiliki manfaat besar untuk kulit. Polifenol bisa diekstrak hingga menjadi antioksidan, sementara catechin berguna untuk menghancurkan radikal bebas yang dapat menghilangkan efek negatif  dari paparan sinar matahari pada kulit. Manfaat teh hijau untuk wajah antara lain:

  • Mengatasi jerawat – Teh hijau merupakan bahan anti bakteri yang sangat baik untuk mengatasi jerawat dan mengatasi sumbatan pada pori – pori. Polifenol dalam green tea merusak membran bakteri dan melawan infeksi, sehingga dapat mengatasi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.
  • Menjaga kulit tetap kencang – Teh hijau mengandung banyak vitamin B2 dan vitamin E yang keduanya berguna untuk merawat kesehatan kulit. Vitamin B2 memegang peranan penting dalam menjaga tingkat kolagen di kulit untuk menjaga struktur kulit tetap muda dan kencang. Vitamin E membantu pertumbuhan sel kulit dan juga bertindak sebagai bahan penghidrasi kulit untuk kulit yang lembut dan bernutrisi.
  • Mengatasi lingkaran mata – Kafein dan tanin dalam teh hijau membantu menyusutkan pembuluh darah di sekitar mata, membuatnya sangat baik untuk merawat mata yang bengkak dan lingkaran hitam.

Efek Samping Masker Green Tea

Manfaat masker green tea untuk kulit memang sangat baik. Kebanyakan efek samping teh hijau terjadi hanya apabila dikonsumsi. Namun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan teh hijau pada kulit, sebaiknya lakukan konsultasi kepada dermatologis untuk memastikan bahwa bahan ini adalah pilihan  yang tepat untuk dijadikan masker wajah. Sebabnya, karena bahan ini diekstrak dari tanaman yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang yang memiliki ciri – ciri kulit sensitif.

Reaksi alergi sebagai efek samping masker green tea ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah yang berasal dari kandungan masker itu sendiri. Kulit yang iritasi setelah menggunakan masker bisa tampak memerah, gatal dan perih, bersisik, mengelupas, bahkan hingga terjadi bengkak pada wajah, area ujung bibir atau area mata. Reaksi alergi tersebut bisa jadi semakin parah jika kulit wajah digosok – gosok atau digaruk. Jika digaruk, bisa jadi bukannya mendapatkan cara menghilangkan bruntusan dengan teh hijau, Anda justru mengalami efek samping masker teh hijau yang lebih parah daripada sekedar bruntusan.

Hindari Hal – hal Berikut Ini 

Efek samping masker teh hijau juga bisa dialami jika Anda melakukan kesalahan dalam penggunaan masker. Kesalahan yang biasa tidak disadari ketika sedang memakai masker wajah, namun efeknya bisa merugikan. Kesalahan dalam pemakaian masker tersebut yaitu:

  • Memakai masker terlalu lama – Aturan pemakaian pada produk masker wajah siap pakai maupun masker berbahan alami dibuat agar wajah bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Apabila Anda menggunakan masker lebih lama dari waktu yang ditentukan, tentu saja kemungkinan efek sampingnya bisa terjadi. Begitu juga dengan resiko efek samping masker alpukat dan efek samping masker belimbing wuluh yang terjadi jika digunakan terlalu lama.
  • Masker tidak cocok – Ketidak sesuaian penggunaan masker dengan kebutuhan kulit wajah bisa menyebabkan timbulnya efek samping yang merugikan. Karena itu sebaiknya ketahui bagaimana dan apa yang Anda butuhkan untuk masker wajah sebelum memutuskan menggunakan jenis tertentu. Teliti sebelum Anda mencoba manfaat masker emina green tea latte atau manfaat masker kefir green tea.
  • Tidak membersihkan wajah – Pengaplikasian masker wajah perlu dilakukan pada kulit wajah yang bersih, karena itu jangan pernah lupa membersihkan wajah lebih dulu untuk memastikan kulit Anda dapat menyerap masker secara optimal.

Menggunakan teh hijau untuk masalah memiliki resiko efek samping sangat rendah dan hanya sangat sedikit orang mengalami iritasi kulit sebagai akibatnya. Namun, reaksi alergi sebagai efek samping masker green tea tetap memiliki kemungkinan tertentu, dan Anda perlu menggunakan produk apapun yang mengandung green tea dengan hati – hati sampai Anda mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap Anda. Jika Anda mengalami reaksi alergi apapun sehubungan dengan penggunaan teh hijau untuk kulit, hentikan penggunaan masker dan segera konsultasikan dengan dokter kulit Anda terutama jika keluhan efek samping masker green tea tersebut tidak segera hilang. Untuk menghindari timbulnya reaksi alergi pada masker wajah, perhatikan nomor pendaftaran BPOM produk, teliti bahan – bahannya apakah ada kandungan pemicu alergi, dan perhatikan juga tanggal kadaluarsanya.