4 Efek Samping Kulit Pisang Untuk Wajah yang Bisa Terjadi

Masker wajah kerap menjadi salah satu tips perawatan kecantikan andalan para wanita. Dengan menggunakan masker, dijamin wajah akan langsung tampak segar dan bersih daripada sebelumnya dalam waktu singkat. Bahkan tidak hanya wanita, sekarang ini pria juga rutin menggunakan masker wajah. Masker wajah memang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit dari mulai jerawat sampai berguna sebagai cara mencegah penuaan dini pada wajah. Masker wajah dapat mengatasi masalah pori – pori yang tersumbat, produksi minyak yang berlebihan, kulit kusam dan kering, serta masalah jerawat.

Fungsi utama pemakaian masker wajah sebenarnya adalah untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan menyerap minyak yang berlebihan. Banyak produsen kosmetik yang juga memproduksi masker wajah siap pakai dan bisa digunakan dengan praktis. Tetapi banyak pula orang yang lebih menyukai pemakaian masker yang langsung dari bahan alami itu sendiri, contohnya masker buah – buahan. Kulit pisang adalah satu dari sekian banyak bahan alami yang sangat bagus untuk dijadikan masker wajah.

Kegunaan Kulit Pisang Bagi Wajah

Pisang mengandung zat gizi yang cukup baik dan kandungan energi yang lebih tinggi daripada buah – buahan lainnya sehingga dapat menyediakan cadangan energi dalam waktu singkat. Pisang mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium, juga vitamin B kompleks, B6, C, dan serotonin yang aktif dalam fungsi otak sebagai neurotransmitter. Umumnya tentu pisang dimakan buahnya saja dan kulitnya akan dibuang. Namun ternyata kulit pisang juga memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi perawatan kecantikan wajah. Manfaat pisang untuk kulit wajah yaitu:

  • Mengatasi jerawat – Kulit pisang memiliki kandungan vitamin C, E. kalium, zinc, besi dan mangan yang bisa menenangkan peradangan kulit dan mengurangi jerawat di wajah. Selain itu, kandungan lutein dan karotenoid yang dapat larut dalam lemak akan membantu melawan peradangan dan juga jerawat yang parah.
  • Mencegah kerutan – Selain bisa membantu untuk mengatasi masalah jerawat, kulit pisang juga bisa digunakan untuk tips mencegah penuaan dini dengan mengatasi kerutan di kulit wajah dengan kandungan antioksidan serta vitamin C.
  • Menghilangkan noda – Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai perawatan rumahan untuk menghilangkan noda – noda di kulit wajah berkat kandungan potasium dan antioksidannya yang bisa mengurangi penampakan bekas luka.

Efek Negatif Masker Kulit Pisang

Kulit pisang merupakan bahan alami yang tidak disangka banyak orang ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk kulit wajah. Namun terkadang untuk mendapatkan hasil lebih cepat dalam waktu singkat, aturan pemakaian masker kerap diabaikan. Efek samping kulit pisang untuk wajah akan timbul apabila penggunaan masker tidak sesuai anjuran, yaitu digunakan terlalu lama di wajah.

1. Iritasi

Karena ingin cepat mendapatkan hasilnya, sebagian orang terutama wanita menggunakan masker tertentu dalam jangka waktu lama. Masalah yang akan timbul kemudian adalah iritasi kulit karena masker terlalu lama melekat pada kulit wajah. Iritasi akan terjadi jika Anda melakukan cara membuat masker kulit pisang dan menggunakannya terlalu sering.

2. Membuat Kulit Kering dan Berminyak

Masker wajah memiliki manfaat eksfoliasi untuk kulit sehingga mampu mengangkat sel – sel kulit mati. Terlalu sering menggunakan masker dalam waktu yang lama pula akan membuat kulit menjadi kering dan mudah keriput. Sementara itu, produksi minyak di kulit wajah akan bertambah untuk mencegah kulit menjadi kering sehingga wajah akan menjadi berminyak dan kering di saat yang bersamaan.

3. Menghilangkan Kelembaban Wajah

Karena masker wajah mampu menyerap minyak di wajah, maka penggunaan yang terlalu sering dan lama bisa menimbulkan efek samping kulit pisang untuk wajah berupa kulit yang kering dan kehilangan kelembaban aslinya. Ada pula cara memutihkan gigi dengan kulit pisang dan manfaat kulit pisang untuk bibir.

4. Timbul Jerawat

Membiarkan masker terlalu lama di wajah akan memicu efek samping kulit pisang untuk wajah yaitu justru membuat wajah menjadi berjerawat. Menempelnya masker dalam waktu lama di kulit wajah memungkinkan bakteri untuk turut berkembang biak di masker wajah tersebut sehingga menimbulkan jerawat. Begitu juga jika Anda tidak membersihkan sisa  – sisa masker sampai tuntas. Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak dan leher serta cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami.

Reaksi Alergi

Pisang merupakan buah yang jarang menimbulkan alergi pada siapa saja, akan tetapi kemungkinan tersebut tetap ada. Reaksi alergi sebagai efek samping kulit pisang untuk wajah bisa muncul dengan gejala gatal, iritasi, peradangan dan juga ruam.

Tips Menggunakan Masker Alami

Agar bisa menghindari efek samping kulit pisang pada wajah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika hendak memilih atau menggunakan masker untuk kulit wajah.

  • Sesuaikan masker dengan jenis kulit Anda.
  • Jangan menggunakan masker setiap hari dalam waktu lama, melainkan ikuti aturan yang tertera pada label untuk produk siap pakai atau cara pembuatan masker rumahan.
  • Gunakan masker wajah 1-2 kali seminggu hanya selama 20-30 menit.
  • Selalu gunakan bahan yang masih segar untuk masker wajah alami.
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan masker apapun.

Jika Anda beranggapan bahwa semakin lama dan semakin sering menggunakan masker wajah akan membuat wajah tampak berubah lebih cepat, maka sebaiknya buang jauh – jauh pikiran tersebut. Tidak saja akan menimbulkan efek samping kulit pisang untuk wajah, tetapi juga tidak akan membantu wajah untuk langsung tampak hebat. Menggunakan masker wajah setiap hari dan dalam waktu yang lama hingga berjam – jam tidak akan menjamin bahwa reaksinya akan terjadi juga pada Anda, karena setiap orang memiliki reaksi yang berbeda – beda karena perbedaan jenis kulit dan juga rutinitas yang berbeda dari tiap orang.