6 Cara Menggunakan Cuka Apel Untuk Flek Hitam di Wajah

Hampir tidak mungkin keluar rumah dan tidak terkena pengaruh dari polusi ataupun sinar matahari di luar sana. Sinar matahari dapat mempengaruhi kulit kita dalam begitu banyak cara. Ekspos berlebihan terhadap sinar matahari  beresiko menimbulkan flek hitam di wajah kita. Flek hitam di wajah juga dikenal sebagai freckles, bintik hitam, sun spots, age spots dan lain sebagainya. Resiko kemunculan flek hitam akan tetap ada walaupun kita sudah menggunakan tabir surya yang mengandung SPF tinggi ketika berada di bawah paparan sinar matahari selama beberapa waktu lamanya.

Mungkin flek – flek hitam ini sekarang tidak akan mengganggu kita sama sekali saat ini, mungkin saja noda ini akan memburuk seiring dengan usia. Selain karena paparan sinar matahari, flek hitam juga bisa disebabkan karena jerawat dan komedo yang membandel dan sulit dibersihkan. Walaupun sekarang tersedia produk perawatan berupa krim dan lotion yang dapat ditemukan di pasaran dengan mudah, tidak semuanya cocok untuk setiap orang. Cuka apel akan membantu mencerahkan noda hitam, memberi kulit kilauan yang alami, dan mengembalikan warna alami kulit wajah. Ada beberapa cara menggunakan cuka apel untuk flek hitam agar wajah kembali mulus dan mengurangi pigmentasi pada kulit wajah.

1. Cuka Apel dan Bawang

Cara menggunakan cuka apel untuk flek hitam bisa Anda kombinasikan dengan bawang. Ambil satu siung bawang dan potong menjadi beberapa bagian, giling dan ambil sarinya dari bawang yang sudah dihancurkan tersebut. Campur bawang dengan cuka apel dalam jumlah yang sama dan oleskan campuran ini pada area kulit yang terkena flek hitam. Biarkan ramuan menyerap semalaman, lalu bilas di pagi harinya. Bawang diketahui memiliki anti peradangan yang dapat menghilangkan ketidak sempurnaan bagi kulit. Begitu juga vitamin C dalam jeruk yang dapat menghilangkan kulit kusam dan membuat wajah menjadi cerah serta glowing.

2. Cuka Apel dan Kunyit

Kunyit sebenarnya merupakan bahan pemutih kulit yang juga dapat membantu menyingkirkan noda hitam di wajah. Cara menggunakan cuka apel untuk flek hitam dengan kunyit bisa Anda lakukan dengan membuat kunyit menjadi pasta. Kupas dan cuci bersih kunyit secukupnya lalu potong – potong dan hancurkan. Campur dengan cuka apel secukupnya, aduk sampai menjadi pasta. Oleskan pada area flek hitam di kulit wajah, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Cuka Apel dan Buttermilk

Buttermilk dikenal dengan manfaatnya untuk bleaching kulit dan hal ini akan membantu mencerahkan atau menyingkirkan noda hitam. Campur buttermilk dan cuka apel dalam jumlah dan takaran yang sama lalu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan 10 menit dan bilas. Sebagai alternatif, Anda bisa mencampur gula dan cuka apel hingga menjadi pasta dan gunakan untuk manfaat eksfoliasi wajah. Bilas setelah 5 – 10 menit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda juga bisa mencoba manfaat cuka apel untuk rambut yang lebih berkilau dan sehat, atau manfaat cuka untuk rambut dari cuka putih.

4. Cuka Apel dan Lemon

Jika Anda memiliki jenis kulit sensitif atau sangat mudah mengalami iritasi, Anda bisa menambahkan sesendok air pada campuran ini. Cuka apel murni dapat memberi sensasi terbakar pada kulit dan bisa menimbulkan ruam pada permukaan kulit tersebut. Siapkan satu sendok cuka apel dan satu sendok air perasan lemon. Campur kedua bahan dalam takaran yang sama lalu oleskan pada kulit yang mengalami flek hitam. Anda bisa menggunakan jari atau kapas. Pastikan kulit wajah sebelumnya sudah dibersihkan. Biarkan masker mengering di wajah dan bilas setelah 30 menit dengan air dingin. Anda juga bisa menggunakan masker ini di malam hari dan membilasnya pada pagi hari.

5. Cuka Apel dan Air

Cuka apel adalah larutan yang mengandung asam amino, garam mineral dan asam asetat, juga banyak mengandung vitamin. Bahan – bahan ini akan membantu memudarkan flek hitam dan bahkan tanda pigmentasi secara alami. Cara membuat masker cuka apel untuk wajah yang terkena flek hitam adalah dengan menyiapkan satu sendok penuh air dan satu sendok penuh cuka apel lalu campur sampai merata. Gunakan kapas untuk membubuhkan larutan pada area flek hitam Anda. Biarkan di kulit semalaman dan bilas keesokan paginya. Lakukan perawatan ini sampai Anda melihat tanda pigmentasi dan noda hitam perlahan memudar secara permanen dari wajah.

6. Cuka Apel, Jeruk dan Bawang

Siapkan dua sendok cuka apel, satu sendok air perasan jeruk dan satu sendok penuh sari bawang yang diperas. Campur semuanya dan gunakan kapas untuk membubuhkannya pada area flek hitam di wajah. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan mengering selama 30 menit di wajah Anda lalu bilas dengan air dingin. Anda perlu mengenali cara membedakan toner cuka apel asli dan palsu agar tidak salah dalam memilih dan mendapatkan efek buruknya.

Cara menggunakan cuka apel untuk flek hitam memang diklaim bekerja sangat baik pada kulit wajah, tetapi Anda tidak dapat menggunakannya sesering mungkin. Cuka apel bersifat asam dan karenanya sangat abrasif jika digunakan terlalu sering. Wajah Anda bisa mengalami iritasi dan sangat kering jika terlalu sering menggunakannya sebagai efek samping toner cuka apel pada wajah. Campurkan air pada larutan cuka apel Anda agar lebih aman untuk penggunaan toner cuka apel yang benar, dan jangan gunakan ramuan ini setiap hari. Walaupun Anda sangat ingin menghilangkan flek hitam dengan cepat, tetapi pemakaian setiap hari akan sangat beresiko merusak kulit wajah. Jangan lupa lakukan tes alergi sebelumnya untuk tiap bahan – bahan campuran yang akan digunakan, termasuk jika akan melakukan cara memutihkan kulit dengan cuka apel.