6 Perawatan Kuku Berjamur yang Bisa Terapkan di Rumah

Infeksi jamur kuku sering terjadi. Jamur kuku bukan penyakit yang serius tetapi dapat memakan waktu lama untuk diobati. Infeksi jamur kuku biasanya mempengaruhi kuku kaki, namun Anda juga bisa mendapatkan jamur kuku di bagian kuku tangan.

Perawatan jamur kuku tergantung pada tingkat keparahan kondisi dan jenis jamur yang menyebabkannya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Bahkan jika kondisi kuku Anda membaik, jamur kuku dapat kemungkinan kembali. Berikut perawatan kuku berjamur yang dapat Anda coba.

1. Tablet/ Pil Anti Jamur

Obat ini sering menjadi pilihan pertama karena mereka membersihkan infeksi lebih cepat daripada obat topikal (obat oles). Pilihannya antara lain terbinafine (Lamisil) dan itrakonazol (Sporanox). Obat ini membantu kuku baru tumbuh bebas dari infeksi, perlahan-lahan menggantikan bagian yang terinfeksi.

Anda mungkin perlu menggunakan obat jenis ini selama enam hingga 12 minggu yang hasilnya akan terlihat ketika kuku tumbuh kembali. Bahkan, diperlukan waktu empat bulan atau lebih lama untuk menghilangkannya. Tingkat keberhasilan pengobatan dengan obat ini tampaknya lebih lamban pada orang dewasa di atas usia 65 tahun.

Obat anti jamur oral dapat menyebabkan efek samping mulai dari ruam kulit hingga kerusakan hati. Dokter mungkin tidak merekomendasikannya untuk orang dengan penyakit hati atau gagal jantung kongestif atau mereka yang menggunakan obat tertentu.

2. Cat kuku obat

Dokter Anda mungkin akan meresepkan cat kuku antijamur yang disebut ciclopirox (Penlac). Penggunaannya adalah dengan mengecat kuku yang terinfeksi dan kulit di sekitarnya sekali sehari. Setelah seminggu, bersihkan lapisan yang menumpuk dengan alkohol dan mulai aplikasikan cat yang baru.

Melakukan perawatan kuku berjamur dengan cat kuku mungkin akan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda perlu mengaplikasikan cat kuku berkali kali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Tidak semua merek cat kuku akan cocok dengan Anda, perlu mencoba berbagai merek untuk menentukannya.

Selama melakukan perawatan dengan cat kuku, perhatikan juga Cara Menghilangkan Kotoran Pada Pinggir Kuku Kaki agar tidak ‘mengundang’ jamur tumbuh semakin banyak. Anda harus menyisihkan waktu untuk membersihkan kuku, baik tangan maupun kaki.

3. Obat Kuku Krim

Dokter mungkin meresepkan krim anti jamur yang digosokkan ke kuku yang terinfeksi. Krim ini dapat bekerja lebih baik jika Anda merendam kuku dengan air hangat terlebih dahulu. Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah dan kuku sangatlah banyak, salah satunya membantu mengangkat sel kulit mati.

Obat kuku berjamur seperti krim ataupun cat disebut juga sebagai obat topikal. Perawatan topikal (seperti amorolfine dan ciclopirox) membantu mengatasi jamur kuku ringan. Mereka tidak menyebabkan efek samping yang lebih serius. Namun, karena tidak mudah menembus lempeng kuku, waktu perawatannya lama dan kemanjurannya rendah.

Penggunaan obat kuku berbentuk krim atau cat kuku dapat pula dipadukan dengan pengobatan obat kuku berjamur minum (tablet/ pil). Namun, jika Anda ragu, melakukan konsultasi dengan dokter akan lebih disarankan untuk mengetahui tingkat keparahan jamur.

4. Obat Alami

Pengobatan secara alami biasanya adalah langkah awal yang akan dipilih oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Peawatan kuku berjamur dengan obat alami dapat dilakukan dengan bawang putih yang memiliki sifat antijamur. Anda dapat merendamkan kaki di dalam baskom yang berisikan air dan bawang putih.

Selain bawang putih, trea tea oil dan cuka apel juga dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku. Tidak hanya untuk jamur kuku, cuka apel juga memiliki manfaat lainnya yaitu Manfaat Cuka Apel untuk Rambut – Kering – Kusam – Berketombe.

Sama halnya dengan bawang putih, penggunaan obat alami dengan tree tea oil dan cuka apel dapat dilakukan dengan mencampurkannya ke dalam air. Kemudian Anda dapat merendamkan kaki. Namun, pengobatan alami tidak akan menunjukkan hasil yang signifikan dalam waktu cepat.

5. Alkohol

Sama seperti hidrogen peroksida, banyak keluarga akan memiliki alkohol untuk membersihkan luka. Seperti hidrogen peroksida, alkohol dapat membantu membunuh jamur yang ada di permukaan kulit. Anda dapat mengoleskannya langsung atau merendam kuku dalam air yang mengandung alkohol.

Alkohol sendiri merupakan salah satu obat yang cukup terjangkau dan hampir ada di setiap kotak obat di setiap rumah. Anda dapat menggunakan alkohol sebagai pertolongan pertama terkena jamur kuku. Apalagi jamur sering datang di saat yang tidak terduga. Manfaat Alkohol untuk Kulit dan Wajah memang sudah tidak diragukan lagi.

Sama dengan pengobatan oles lainnya, Anda harus memastikan kuku sudah dicuci dan dalam keadaan bersih juga kering. Setelahnya, Anda dapat menggosokkan alkohol atau merendam kuku di dalam rendaman alkohol selama kurang lebih 30 menit.

6. Perawatan Lanjutan

Jamur kuku tidak dapat diobati hanya dengan obat-obatan, baik secara alami maupun kimiawi. Kuku juga perlu dirawat secara terus menerus untuk mempercepat proses penyembuhan, bahkan menjadi pencegahan agar jamur tidak datang lagi atau semakin parah.

Jamur dapat tumbuh di daerah yang gelap dan lembab seperti kuku kaki menjadikan kaki Anda tempat yang ideal untuk jamur berkembang. Jika Anda memiliki jamur kaki atau ingin mencegahnya, jaga agar kaki Anda sekering dan sebersih mungkin. Ganti kaus kaki Anda secara teratur segera setelah Anda selesai melakukan kegiatan.

Bersihkan kaki dengan sabun dan keringkan ruang di antara jari-jari kaki Anda. Jangan bertelanjang kaki di kolam renang umum atau area olahraga yang banyak diinjak orang lain. Anda juga harus menggunakan sepatu yang memungkinkan kaki Anda bernapas untuk membantu jamur kaki sembuh lebih cepat.