8 Perawatan Kulit Menghitam Setelah Melahirkan

Dalam proses membawa kehidupan baru ke dunia, seorang wanita mengalami banyak perubahan emosional dan fisik. Kulit seorang wanita mengalami banyak perubahan pasca melahirkan.

Sementara untuk beberapa perubahan kulit adalah positif, bagi yang lain itu mungkin bukan pemandangan yang menyenangkan. 

Sementara beberapa wanita cukup beruntung untuk menikmati cahaya persalinan seumur hidup, yang lain mungkin mengalami jerawat, pigmentasi, stretch mark, mata bengkak dan lingkaran hitam.

Dengan sedikit atau tanpa perawatan, kondisi ini cenderung memburuk dan dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan.

Selain fokus untuk menjaga dan merawat sang buah hati, perempuan juga dapat sembari melakukan perawatan untuk dirinya sendiri, dengan hal ini akan didapatkan kembali kepercayaan diri. Namun tidak perlu buru-buru, karena memang semuanya butuh waktu, dan kesehatan bayi dan ibu jauh lebih penting.

Keluhan yang umum pasca melahirkan yakni kulit menggelap, berikut ini ada beberapa langkah perawatan kulit yang menggelap setelah melahirkan yang dapat dicoba.

1. Kurangi terkena paparan sinar matahari

Perawatan yang dapat dilakukan yang pertama adalah mengurangi terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk bayi dan sang ibu.

Namun paparan sinar matahari saat siang hari dapat memperburuk penggelapan kulit pada ibu setelah melahirkan, sehingga usahakan untuk tidak terlalu banyak beraktifitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Jika ingin keluar rumah dan berpotensi terkena paparan sinar matahari yang cukup lama, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan kadar SPF yang cukup.

Jangan lupa kenakan topi, baju lengan panjang, payung, sarung tangan. dan barang lainnya yang dapat menutupi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

2. Membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan

Salah satu bagian penting dari perawatan kulit pasca melahirkan adalah membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan.

Cuci wajah beberapa kali sehari untuk menghilangkan minyak berlebih. Lakukan scrub secara teratur pula, untuk membersihkan secara menyeluruh wajah dan tubuh. 

Untuk mengencangkan kulit dapat menggunakan berbagai rangkaian produk skincare yang mengandung beragam kandungan untuk mengencangkan kulit.

Kemudian aplikasikan pelembab secara teratur, baik dalam bentuk gel multifungsi , moisturizer, toner, lotion, hingga dalam bentuk lainnya.

3. Minum air putih yang cukup

Perawatan yang berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Kebutuhan meminum air putih yang cukup adalah sebuah keharusan, air putih menjadi berbagai solusi dari beragam keluhan pada kulit. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membantu menghidrasi kulit dan melembabkan kulit dari dalam. 

Minum banyak air, cairan, jus, dan shake akan memberikan keajaiban bagi tubuh. Air putih tidak hanya akan memperbaiki kulit tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Mengkonsumsi air putih yang cukup akan mencegah tubuh dari dehidrasi saat menyusui bayi. Selain itu dapat mencegah sejumlah infeksi lain, juga dapat menebus sedikit kesulitan tidur.

4. Jaga pola tidur yang teratur

Kurangnya waktu tidur atau tidak teraturnya waktu tidur dapat memperburuk permasalahan pada kulit Walaupun sebagian besar wanita akan mengalami ketidakteraturan tidur ini setelah melahirkan, namun tidak ada salahnya untuk berusaha tetap mengatur pola tidur agar tetap teratur tentu memperhatikan pula kesehatan bayi. 

Jam tidur yang tidak teratur dapat berdampak buruk pada kulit. Mendapatkan delapan jam tidur yang tepat penting untuk mengatasi perubahan kulit setelah melahirkan.

5. Gunakan bahan-bahan alami

Untuk melakukan perawatan pada beberapa bagian tubuh yang menggelap setelah melahirkan, dapat memanfaatkan berbagai bahan alami. Bahan-bahan yang dapat digunakan misalnya kunyit, lemon, gel lidah buaya, pepaya, madu, bubuk oat, susu bubuk, kayu manis, dan kentang.

Dengan mencampurkan 1 sdm jus lemon dan sejumput bubuk kunyit, kemudian mengaplikasikannya pada daerah yang menghitam dan mencucinya setelah lima menit dengan air dingin akan membantu mengurangi pigmentasi secara signifikan.

Selanjutnya untuk penggunaan gel lidah buaya, yakni dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang diinginkan dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian cuci bersih dengan air hangat. Hasilnya akan membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit yang muncul setelah melahirkan. 

Dapat juga dengan memanfaatkan susu bubuk untuk bayi. Campurkan susu bubuk, tambahkan madu dan sejumput bubuk kayu manis ke dalamnya. Tambahkan air mawar untuk membuat pasta yang lebih halus. Oleskan ke seluruh wajah dan leher. Cuci bersih setelah 10 menit dan rasakan perbedaannya di wajah saat itu juga.

Bahan lain yang dapat digunakan adalah bubuk oat. Gunakan campuran bubuk oat dan madu untuk dioleskan pada kulit setidaknya seminggu sekali. Kemudian bahan alami berikutnya yang dapat digunakan yakni ada kentang, manfaat kentang sendiri sangat bagus untuk mengurangi pigmentasi. 

Cara penggunaan kentang yakni dengan cara mencampurkan kentang parut dengan perasan air jeruk nipis kemudian dioleskan pada kulit yang mengalami penggelapan setelah melahirkan. Dengan penggunaan yang teratur maka hasil yang maksimal akan didapatkan.

6. Treatment di klinik kecantikan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk perawatan kulit yang menggelap pasca melahirkan adalah dengan melakukan treatment di klinik kecantikan. Tentunya perawatan kulit ini dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.  

Treatment yang dilakukan dapat menggunakan laser atau perawatan lainnya untuk menghilangkan pigmentasi pada beberapa bagian tubuh yang mengelap pasca melahirkan. Biasanya jika melakukan treatment di klinik kecantikan, maka harganya akan lebih mahal.

7. Menggunakan krim atas saran Dokter

Perawatan berikutnya untuk kulit yang menggelap setelah persalinan adalah dengan menggunakan krim dari dokter atau atas saran dokter. Biasanya perempuan yang baru melahirkan tidak diperbolehkan menggunakan berbagai produk kecantikan tertentu, hal ini dikarenakan beberapa kandungan pada produk kecantikan dapat berdampak buruk pada bayi. 

Namun hal ini dapat diatasi dengan cara berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan saran krim yang tepat dan tentunya tidak akan membahayakan bayi, sehingga sang ibu dapat melakukan perawatan untuk kulitnya yang menggelap dengan aman. 

8. Rutin mengkonsumsi suplemen dan vitamin

Untuk melakukan perawatan pada kulit yang menggelap setelah melahirkan tidak cukup hanya dengan perawatan dari luar dibutuhkan pula perawatan dari dalam. Perempuan setelah melahirkan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen dan vitamin tertentu.

Suplemen dan vitamin ini selain untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi juga dapat bermanfaat untuk perawatan kulit yang menggelap. Vitamin C terkenal cukup ampuh untuk membantu mencerahkan kulit.

Perubahan fisik setelah melahirkan memang menjadi hal yang normal dialami para perempuan. Kulit yang menggelap, kenaikan berat badan, munculnya bintik-bintik hitam, munculnya stretch mark, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengatasi berbagai perubahan fisik ini dapat dilakukan dengan berbagai perawatan, namun tetap harus diperhatikan untuk tidak terlalu memaksakan dan memprioritaskan kesehatan ibu dan bayi. Karena kesehatan mental dan fisik ibu dan bayi jauh lebih penting dari kondisi fisik ibu yang berubah.