8 Perawatan Badan Dengan Teknologi

Melakukan perawatan badan merupakan sebuah keharusan, selain sebagai tanda untuk mensyukuri apa yang telh diberikan, juga untuk menunjang kepercayaan diri dan memberikan kebahagiaan pada diri sendiri. Seiring meningkatnya kesadaran untuk melakukan perawatan tubuh, muncul pula banyak treatment untuk melakukan perawatan tubuh.

Kemajuan teknologi juga mengambil peran dalam hal ini, dengan teknologi yang semakin berkembang dapat menciptakan berbagai treatment baru yang dapat menyederhanakan perawatan tubuh yang rumit. Meskipun terkadang harganya cukup mahal, namun treatment semacam ini telah memiliki banyak penggemar.

Saat ini telah kerap dijumpai banyaknya perawatan tubuh yang memanfaatkan teknologi baik itu di rumah sakit maupun klinik kecantikan. Berbagai teknologi ini umumnya dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit bagi perempuan. Beberapa berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah dan menghindari penuaan pada kulit.

Berikut ini ada beberapa contoh teknologi yang dimanfaatkan untuk perawatan badan, diantaranya telah banyak diterapkan di berbagai klinik kecantikan yang ada :

1. Radio Frequency Facelift

Perawatan tubuh dengan teknologi yang pertama yakni Radio Frequency Facelift (RFF). Teknologi ini umumnya dimanfaatkan untuk mengencangkan kulit, sehingga akan memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan muda.

Teknik yang digunakan Radio Frequency Facelift untuk mengencangkan kulit adalah bersifat noviasif, sehingga membuat alat ini nyaman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping. Cara kerja alat ini yakni dengan mengeluarkan energy radio frequency ke dalam kulit bagian dalam, sehingga dapat mendorong kolagen di dalam kulit untuk berkonsentrasi dan mengerut.

2. Mobile Skin Treatment

Teknologi untuk perawatan tubuh selanjutnya adalah Mobile Skin Treatment. Teknologi ini adalah sebuah alat elektronik dengan desain multifungsi yang biasanya digunakan untuk perawatan kulit, alat ini terdiri dari beragam alat perawatan yang terdapat dalam satu unit alat.

Semakin canggihnya teknologi saat ini mendorong para produsen alat kecantikan untuk memodifikasi berbagai metode seperti vaposier, high frequency, ultrasonic, vibrator, vacuum suction, galvanic, frimator, dan sebagainya menjadi satu unit inovasi tertentu.

Sangat efektif dalam memanfaatkan tempat dan proses kinerja merupakan keunggulan dari alat satu ini. Namun disamping itu, karena berupa satu kesatuan unit, maka kelemahannya jika ada kerusakan pada satu alat akan mengganggu kinerja pada semua unit, sehingga keseluruhan dalam satu unit harus diperbaiki. 

3. Scalpel-Free Biopsy

Dokter terkadang menggunakan biopsi – memotong sepotong kecil jaringan untuk pengujian. Dalam hal ini teknologi yang berkembang adalah reflectance confocal microscopy (RCM), atau biopsi tanpa pisau bedah. Teknologi ini bermanfaat untuk perawatan tubuh sekaligus untuk kesehatan.

Teknologi ini tersedia di lembaga akademis dan penelitian yang berfungsi sebagai alat pencitraan waktu nyata yang dapat berguna dalam mendiagnosis kanker . Perangkat ini pada dasarnya menggunakan probe yang bertindak sebagai mikroskop khusus. 

Dengan menggunakan cahaya hamburan balik melalui kulit, akan memunculkan gambar dari apa yang ada di bawah kulit untuk melihat apakah pertumbuhan jinak (non-kanker) atau kanker tanpa harus dipotong. Alat ini juga dapat membantu memantau respon kulit terhadap kanker kulit non-invasif tanpa memerlukan biopsi.

4. Noninvasive Skin Tightening

Sebuah perangkat yang saat ini dalam uji klinis menawarkan microcoring dermal yang mengangkat dan mengencangkan kulit tanpa memerlukan operasi. Konsepnya mirip dengan laser fraksional di mana ribuan area kulit terpengaruh, tetapi tidak seluruh permukaan.

Teknik ini menggunakan jarum pengukur halus untuk mengeluarkan bagian-bagian kecil kulit yang kemudian menyembuhkan dan memicu remodeling kolagen yang menciptakan efek pengencangan pada kulit. 

Karena jarumnya sangat kecil sehingga tidak meninggalkan bekas luka dan membutuhkan waktu henti yang minimal, biasanya hanya beberapa hari kemerahan, tergantung seberapa agresif perawatannya. Teknologi ini adalah konsep baru yang dapat mengangkat dan mengencangkan kulit tanpa melibatkan operasi.

5. Frimator

Kemudian ada teknologi Frimator yang juga bermanfaat untuk perawatan tubuh. Teknologi satu ini memanfaatkan energi listrik dan baterai, yang mana dapat menimbulkan gerakan mekanik berupa rotasi ringan pada kulit wajah.

Teknologi Frimator ini berfungsi untuk melakukan deep cleansing, atau pembersihan secara mendalam. Teknologi ini juga tidak menyediakan yang satu unit saja, ada pula yang tergabung dalam satu unit yakni compact mobile skin treatment. Bahkan Frimator dapat dikatakan sebagai alat wajib yang harus ada di setiap klinik kecantikan.

6. Galvanic dan High Frequency

Untuk perawatan tubuh selanjutnya ada teknologi Galvanic dan High Frequency. Galvanic sendiri merupakan jenis alat listik kecantikan arus searah dengan daya ionisasi, dimana bermanfaat untuk meresapkan kosmetik pemupuk yang berbentuk ekstrak atau desincrutasi.

Sedangkan high frequency merupakan alat alat listrik untuk kecantikan dengan frekuensi tinggi. Alat ini bermanfaat untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya yang mengandung antibakteri, sehingga akan sangat efektif untuk mensterilkan kulit wajah dari jerawat.

7. Pulvesiator

Selanjutnya ada alat  Pulvesiator, teknologi ini merupakan sebuah inovasi canggih yang juga sudah ada di banyak klinik kecantikan. Fungsi dari alat ini yakni mengaplikasikan penyegar melalui teknik penyemprotan, dengan cara ini penyegar tersebut mampu berubah menjadi partikel yang lebih halus, tersebar keluar, dan kemudian lebih mudah masuk ke dalam pori-pori kulit.

Biasanya alat ini akan ditemukan ketika melakukan perawatan facial di klinik kecantikan, biasanya diaplikasikan setelah dilakukannya eksfoliasi pada kulit. Jadi, alat ini sudah cukup populer dan sering digunakan. 

8. Injectable Cellulite Treatment

Setidaknya 85% wanita memiliki selulit atau stretch mark, jadi bisa dibilang masalah umum. Teknologi satu ini berbentuk obat yang disebut collagenase clostridium histolyticum (CCH), yang merupakan enzim yang memecah serat kolagen yang menyebabkan efek selulit atau stretch mark di paha dan bokong.

CCH secara kimiawi bekerja pada kolagen tipe 1 dan 3 dan membantu melarutkan fibrous band yang menyebabkan lekukan atau lesung di kulit sehingga kulit terlihat lebih halus. Perawatan suntik ini minim invasif, tidak memerlukan mati rasa atau persiapan topikal, dan mirip dengan menerima suntikan wajah 

9. Electromagnetic Muscle Stimulation for Body Contouring

Ada teknologi baru untuk mengencangkan area seperti perut dan bokong, yang merupakan perawatan non-invasif yang menggunakan teknologi untuk mengkontraksikan otot. Teknologi ini dapat dilakukan tanpa operasi. 

Alat ini akan menyebabkan 20.000 kontraksi otot dalam perawatan 30 menit yang menghasilkan otot yang lebih kuat dan lebih kencang di area yang ditargetkan. Sementara sedot lemak memerlukan pembedahan untuk mengurangi lemak , stimulator otot ini memiliki manfaat mengurangi lemak ditambah dengan peningkatan tonus otot.

Semakin majunya teknologi akan semakin berdampaknya teknologi bagi kehidupan manusia, begitu pula dengan perawatan tubuh. Teknologi yang semakin canggih akan bermanfaat dengan cara memunculkan berbagai inovasi terbaru untuk perawatan tubuh.

Perawatan tubuh dengan teknologi akan semakin digemari karena keefektifan dan keefisienannya. Meski terkadang harganya lebih mahal, namun dinilai sebanding dengan manfaat dan hasil yang ditawarkan.