12 Fungsi Buah Anggur Untuk Kecantikan

Buah anggur telah dikenal sebagai salah satu buah yang segar dan bermanfaat. Rasanya yang lezat membuat buah ini selalu laris di pasaran. Buah satu ini dapat ditemukan dengan mudah, mulai dari toko buah, swalayan, pasar, hingga supermarket menyediakan buah ini.

Anggur di klasifikasikan di bawah keluarga beri, anggur datang dalam varietas yang berbeda serta warna – hijau, merah, biru, ungu dan hitam. Sementara sebagian besar produksi anggur di dunia digunakan oleh industri pembuatan anggur, sisanya dikonsumsi sebagai buah-buahan dan sebagian kecil digunakan dalam pembuatan buah-buahan kering.

Selain kaya akan vitamin, ternyata buah anggur juga memiliki banyak manfaat anggur untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam buah anggur mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, zat besi, zink, vitamin B 1, vitamin B 2, vitamin B 3, vitamin B 6, asam pantotenat, asam folat, vitamin C, vitamin K, serat, dan air.

Berikut ini beberapa manfaat buah anggur untuk kecantikan :

1. Kaya Antioksidan

Anggur kaya akan antioksidan, yang mana mengandung berbagai macam fitonutrien langsung dari karotenoid hingga polifenol. Penelitian telah mengungkapkan bahwa fitonutrien ini membantu mencegah jenis kanker tertentu dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Di antara polifenol, resveratrol dikenal karena sifat ajaibnya seperti menghambat pembentukan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan melebarkan pembuluh darah untuk memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Kandungan antioksidan tertinggi buah anggur terdapat pada biji dan kulitnya.

Beberapa varietas anggur mengandung kandungan antosianin yang lebih tinggi, kelas flavonoid yang memberi buah ini warna oranye, merah, biru, merah muda, dan ungu. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa antosianin dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit otak dan jantung.

Anggur juga mengandung vitamin C, beta karoten, lutein, dan asam ellagic, yang juga merupakan antioksidan kuat. Manfaat antioksidan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

2. Mencegah Masalah Kulit

Manfaat yang berikutnya dari buah anggur adalah dapat mencegah berbagai masalah kulit, seperti jerawat. Anggur mengandung resveratrol yang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Ditemukan bahwa resveratrol mencegah tanda-tanda penuaan dan masalah kulit lainnya. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim di University of California, Los Angeles (UCLA), resveratrol, bila dikombinasikan dengan obat jerawat umum seperti benzoil peroksida, dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Sumber Tinggi Kalium

Beberapa peneliti nutrisi anggur mengungkapkan bahwa per 100 gram buah anggur mengandung 191 mg potasium. Asupan potasium yang tinggi dan kandungan sodium yang rendah dapat membantu tubuh dalam berbagai cara. Kalium juga melawan kelebihan natrium.

Diet rendah natrium-tinggi-kalium telah terbukti bermanfaat untuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kesehatan jantung dalam banyak kasus. Menurut Robynne Chutkan, ahli gastroenterologi, perut kembung dapat mengundang banyak masalah terkait kesehatan. Mengurangi asupan garam dan berfokus pada serat yang kaya kalium dapat membantu mendapatkan perut yang rata .

4. Baik Untuk Mata

Senyawa tanaman dalam anggur dapat melindungi terhadap penyakit mata umum. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa pada resveratrol dapat melindungi sel retina di mata manusia dari sinar ultraviolet A (UVA). Hal ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), penyakit mata yang umum.

Pada resveratrol juga dapat melindungi terhadap glaukoma, katarak, dan penyakit mata diabetes. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin pada anggur juga telah terbukti membantu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kinerja visual, dan mencegah penyakit mata terkait usia.

5. Menyamarkan Bekas Jerawat

Buah Anggur juga bermanfaat untuk membantu menyamarkan bekas jerawat. Untuk dapat mendapatkan manfaat ini, yang perlu dilakukan adalah membuat masker dari buah anggur. Campurkan anggur hijau, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan tawas. Kemudian panaskan bahan-bahan tersebut hingga mengeluarkan cairan yang dapat digunakan sebagai masker.

Aplikasikan seperti memakai masker wajah seperti biasanya, diamkan sekitar 15-20 menit, kemudian bilas dengan bersih menggunakan air hangat. Dengan penggunaan yang rutin akan membantu memudarkan bekas jerawat.

6. Mencegah Kanker Kulit

Resveratrol dan antioksidan yang terdapat dalam buah anggur, dapat membantu dengan mengurangi peradangan, bertindak sebagai antioksidan, dan menghalangi pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di tubuh. Bahkan, telah dipelajari untuk efeknya terhadap banyak kanker, termasuk kanker kulit.

Anggur juga mengandung antioksidan quercetin, anthocyanin, dan catechin. Dimana ketiganya memiliki efek melawan kanker. Antioksidan dalam anggur dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran berbagai jenis kanker, meskipun penelitian pada manusia masih kurang.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah anggur juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membantu untuk mencerahkan kulit. Kandungan polifenol yang terdapat dalam buah anggur juga dapat membantu mengubah kulit kusam menjadi kulit bersinar.

8. Sebagai Anti-Aging

Manfaat selanjutnya dari buah anggur untuk kecantikan adalah sebagai anti aging. Penelitian menunjukkan bahwa resveratrol dapat menunda tanda-tanda penuaan dengan meniru efek menguntungkan dari pembatasan kalori, seperti mengurangi stres oksidatif, meningkatkan ketahanan terhadap stres, dan meningkatkan respons inflamasi.

Resveratrol juga mengaktifkan sirtuin, protein yang mengatur proses seluler seperti penuaan dan kematian sel. Sehingga buah satu ini bermanfaat sebagai anti aging.

9. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat berikutnya dari buah anggur adalah bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Karena rambut merupakan salah satu pendukung penting untuk memancarkan kecantikan, maka permasalahan pada rambut dapat dianggap sebagai permasalahan kecantikan pula.

Karena stres oksidatif dan peradangan berperan dalam kerontokan rambut, penelitian menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Sebagai permulaan, resveratrol melindungi folikel rambut dari kerusakan lingkungan. Hal ini juga mendorong peningkatan pesat sel-sel folikel penting yang mendorong pertumbuhan rambut 

10. Melindungi Dari Bakteri Dan Jamur

Beberapa senyawa dalam anggur dapat melindungi terhadap mikroorganisme berbahaya. Misalnya, resveratrol memiliki sifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur seperti Campylobacter jejuni dan Candida albicans.

Berbagai kandungan pada anggur juga dapat melindungi terhadap penyakit bawaan makanan. Ketika ditambahkan ke berbagai jenis makanan, resveratrol yang terdapat dalam buah anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya, seperti E. coli.

Senyawa lain dalam anggur dengan aktivitas antimikroba termasuk anthocyanin, yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri. Kemudian anggur juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang terkenal dengan manfaat sistem kekebalannya.

11. Dapat Mengurangi Peradangan

Senyawa antosianin dan resveratrol dalam anggur telah dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa kedua senyawa tersebut dapat menekan ekspresi penanda inflamasi seperti tumor necrosis factor-alpha (TNF-alpha) dan interleukin-6 (IL-6). Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit.

12. Dapat Digunakan Untuk Diet

Manfaat berikutnya dari buah anggur yakni dapat digunakan untuk diet. Kandungan anthocyanin dalam anggur memiliki efek anti-obesitas. Studi pada tikus yang diberi diet tinggi lemak menunjukkan bahwa antosianin dapat menekan penambahan berat badan dan mengurangi kandungan lemak hati.

Kemudian antioksidan dalam anggur dapat memerangi obesitas dengan menghambat nafsu makan dan mencegah penambahan berat badan. Oleh karena itu buah anggur akan sangat cocok untuk ditambahkan dalam menu diet. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah anggur segar daripada jus anggur.

Untuk menu diet, buah anggur dapat dijadikan camilan sehat pada pagi atau sore hari. Atau dapat dengan mencampurkan buah anggur dengan bayam, mentimun, pisang, kangkung, dan mint untuk dijadikan smoothie yang kaya nutrisi.

Pilihan lainnya dapat membekukan anggur dan dijadikan camilan di cuaca panas. Atau dapat dengan cara mencampurkan potongan buah anggur pada salad. Kemudian dapat juga dicampurkan dengan irisan apel, stroberi, dan cokelat hitam untuk hidangan penutup yang manis namun sehat.

Berbagai kandungan yang terdapat dalam anggur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Seperti yang diketahui, buah anggur adalah sumber antioksidan yang baik, dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Namun, asupan buah anggur yang berlebihan dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan.

Dengan rutin mengkonsumsi buah anggur, mengimbangi dengan minum banyak air putih, memakan makanan yang sehat, tidur yang cukup, pola hidup yang sehat, dan rajin berolahraga akan mendorong berbagai manfaat buah anggur semakin terlihat pada kecantikan kulit.