18 Penyebab Kulit di Sekitar Mata Menghitam

Banyak orang yang beranggapan jika lingkar hitam pada mata bisa terjadi karena kurang tidur, terlalu lelah atau terlalu lama menatap layar komputer. Namun sebenarnya, lingkar hitam pada mata juga bisa disebabkan karena hal lain seperti gejala dari penyakit tertentu. Para ahli juga telah meneliti jika lingkar hitam di sekitar mata menjadi gejala dari anemia, penyakit hati dan juga dehidrasi. Setiap manusia memiliki pembuluh darah kecil di bawah kulit sekitar mata yang sangat halus sehingga sel darah merah akan berusaha untuk melewati pembuluh darah tersebut. Akan tetapi dalam prosesnya, sel darah merah bisa merembes ke area sekitar dan tubuh nantinya akan memproduksi enzim untuk membersihkan darah tersebut. Proses penguraian sel darah merah oleh enzim tersebut yang nantinya akan meninggalkan bekas menghitam atau membiru di kulit sekitar mata sehingga semakin terlihat mengingat kulit di sekitar mata yang sangat tipis. Lalu sebenarnya, apa saja yang bisa menjadi penyebab kulit di sekitar mata menghitam?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Anemia

Kekurangan zat besi menjadi penyebab utama terjadinya lingkar hitam di sekitar mata. Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh yang nantinya menyebabkan anemia dan akhirnya area sekitar mata jadi menghitam dan penyebab kulit mengelupas di sekitar hidung. Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, produk susu dan juga buah buahan menjadi cara terbaik untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi.

  1. Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka lingkar hitam di sekitar mata juga bisa terjadi sebab tubuh tidak mempunyai simpanan cairan cukup dan beberapa pertanda akhirnya terjadi seperti lingkar mata sekaligus menjadi penyebab wajah kasar dan berbintik.

  1. Gejala Penyakit Hati

Seseorang yang memiliki masalah disfungsi hati karena berbagai penyakit organ hati seperti hepatitis juga bisa menyebabkan beberapa gejala bisa terjadi pada tubuh dan salah satunya timbul lingkar hitam di sekitar mata.

  1. Kurang Gizi

Lingkar gelap di sekitar mata juga bisa terjadi karena gizi buruk. Diet sehat dan penuh gizi seperti kaya akan vitamin A, C, E dan K menjadi cara mudah untuk menyingkirkan lingkar hitam pada mata yang disebabkan karena kekurangan gizi.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetik juga memegang peran penting mengapa lingkar gelap di sekitar mata bisa terjadi atau penyebab mata panda. Seseorang keturunan kulit lebih gelap seperto Timur Tengah, Mediterania dan beberapa suku lainnya akan memiliki konsentrasi pigmen atau melanin lebih tinggi di bagian bawah mata sehingga menyebabkan area mata sedikit gelap dan berbayang.

  1. Jadwal Tidur Tidak Teratur

Tidak teraturnya waktu tidur juga menjadi penyebab lingkar hitam di sekitar mata berikutnya. Selain jadwal tidur tidak menentu, tidur memakai posisi seperti tengkurap juga bisa mempertegas warna hitam di sekitar mata sebab gravitasi akan membuat darah melekat pada bagian bawah mata.

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat akan berpengaruh pada penampilan kulit jangka panjang. Kurang minum air putih dan tidak berolahraga bisa menyebabkan darah berkumpul di bagian bawah mata yang akhirnya menyebabkan kapiler mengalami kebocoran penyebab kantung mata hitam.

  1. Alergi Musiman

Alergi musiman yang disebabkan karena rumput, serbuk sari dan ketombe bisa menyebabkan lingkar mata semakin membutuh seiring dengan radang pada sinus karena alergi musiman tersebut yang akhirnya membuat pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menghasilkan warna biru kehitaman.

  1. Interior Mobil

Berbagai interior mobil mulai dari karpet hingga pelapis dalam mobil bisa menampung debu, tungau, spora, jamur dan juga kuman lain yang menjadi sumber alergen penyebab bagian bawah mata terlihat lebih menghitam dibandingkan area kulit lainnya. Cara menghilangkan kantung mata dengan es batu bisa dilakukan untuk menyamarkan lingkaran mata yang menghitam tersebut.

  1. Mengkonsumsi Obat Obatan

Lingkar yang menghitam di bagian bawah mata juga bisa terjadi ketika seseorang mengkonsumsi obat obatan seperti vasodilator dan juga obat tekanan darah tinggi yang sebenarnya berguna untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Namun meski terbilang baik, efek samping yang bisa ditimbulkan salah satunya adalah penyebab area sekitar mata terlihat menghitam.

  1. Menggosok Mata Secara Keras

Ketika sedang membersihkan wajah dari sisa make up dan dilakukan terlalu kasar khususnya di bawah bagian mata dengan kulit tipis, maka nantinya bisa memutus pembuluh darah pada kulit halus yang akhirnya juga bisa menyebabkan lingkar hitam di bawah mata yang bisa diatasi dengan masker kantung mata.

  1. Kekurangan Hormon Tiroid

Kondisi hormon tiroid terlalu rendah dalam tubuh juga menjadi penyebab lingkaran gelap di bawah mata. Tiroid merupakan kelenjar utama dalam tubuh dan jika tidak berfungsi maka juga mengganggu hormon tubuh secara menyeluruh. Produksi darah bisa terpengaruh dan anemia terjadi pada hipotiroidisme. Sistem gastrointestinal, hati dan juga produksi energi dalam tubuh nantinya akan terpengaruh secara menyeluruh dan tekanan tersebut yang akhirnya menyebabkan kulit di bagian bawah mata berwarna gelap.

  1. Merokok

Merokok yang merupakan salah satu kebiasaan buruk bisa membatasi aliran darah dan akhirnya menyebabkan kulit terlihat lebih pucat namun menekan darah di area tertentu yakni bagian bawah mata sehingga terlihat lebih gelap sekaligus menjadi penyebab wajah kusam. Selain itu, dalam rokok juga mengandung banyak racun kimia lain yang bisa membebani tubuh dan akhirnya menyebabkan tampilan kulit terlihat semakin buruk secara menyeluruh sehingga lingkar hitam bisa terjadi.

  1. Stress Berlebihan

Stress berlebihan akan membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak yang nantinya juga akan mengganggu keseimbangan hormonal. Stress juga akan membuat tampilan kulit terlihat lebih pucat namun bagian mata akan terlihat cekung dan pembuluh darah semakin menonjol yang kemudian akan membentuk lingkaran hitam di bawah mata dan juga penyebab kulit keriput di usia muda.

  1. Eksim

Eksim akan membuat tampilan kulit tidak merata, gatal dan juga meradang yang akhirnya membuat penderita lebih sering menggosok kulit seperti di bagian bawah mata yang juga menjadi penyebab area bawah mata terlihat menghitam karena bisa merusak pembuluh darah halus di sekitar mata.

  1. Terekspos Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari terlalu berlebihan dan terjadi terus menerus juga membuat bagian bawah mata terlihat lebih gelap dan semakin tipis karena rentan terhadap kerusakan. Selain itu, sinar matahari juga akan meningkatkan produksi melanin dalam tubuh sehingga bagian bawah mata terlihat semakin hitam sekaligus penyebab wajah cepat tua.

  1. Selulitis Periorbital

Selulitis periobital merupakan infeksi yang terjadi karena bakteri di kelopak mata. Jika ini terjadi, maka efek gelp di kulit sekitar mata akan terjadi dan akhirnya lingkaran gelap terbentuk.

  1. Perubahan Hormon

Apabila tubuh mengalami kelebihan hormon estrogen, maka nantinya memar bisa terjadi dan menyebabkan lingkaran hitam karena fluktuasi pigmentasi kulit. Sedangkan masalah tiroid juga bisa mengganggu aktivitas biologis yang kemudian menyebabkan anemia, penyebab kulit tangan kering, penyerapan nutrisi yang terganggu dan penumpukan racun yang semuanya menjadi penyebab lingkaran hitam di bagian bawah mata.

Ada begitu banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit di sekitar mata menghitam mulai dari penyakit, kebiasaan buruk yang selalu dilakukan, stress berlebihan hingga faktor genetika. Meski lingkar mata bisa disamarkan dengan foundation, namun sebaiknya lakukan juga kebiasan baik seperti berolahraga, tidur cukup, penuhi kebutuhan cairan dan mengkonsumsi makanan sehat untuk meminimalisir tampilan hitam di bawah mata tersebut.