Perbedaan Tanam Bulu Mata dan Sambung Bulu Mata Dari Semua Sisi

Tidak hanya ingin mendapatkan wajah yang putih bersih bebas jerawat, bibir yang merah merona dan hidung mancung, namun setiap wanita juga ingin menyempurnakan tampilan bulu mata mereka agar terlihat lentik, panjang sekaligus cara melebatkan bulu mata. Untuk itulah sekarang ini klinik kecantikan juga menawarkan berbagai perawatan untuk bulu mata agar tampilan bulu mata bisa terlihat lebih dramatis dan indah. Memakai maskara dan juga penjepit bulu mata sudah bisa dikatakan trend lama untuk mempercantik tampilan bulu mata. Namun untuk sekarang ini, penggunaan dua cara tersebut bisa dikatakan tidak praktis lagi mengingat kesibukan para wanita khususnya di ibukota yang semakin padat. Menjepit bulu mata dan memakai maskara terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan efek yang kurang baik yakni bulu mata yang semakin banyak rontok. Untuk itulah sekarang ini beberapa metode baru seperti tanam bulu mata dan juga sambung bulu mata lebih disukai karena sangat praktis, cepat dan tentunya hasil yang memuaskan. Dua metode bulu mata ini juga bisa dipilih sesuai selera atau kebutuhan dari mulai ketebalan hingga panjang yang diinginkan. Namun sebenarnya, apa saja perbedaan tanam bulu mata dan sambung bulu mata tersebut?.

  1. Tanam Bulu Mata

Tanam bulu mata adalah tindakan graft rambut atau cangkok rambut yang diaplikasikan pada kelopak mata dengan tujuan untuk membuat bulu mata yang sudah berkurang jumlahnya lebih terlihat tebal sekaligus panjang serta cara melentikan bulu mata tanpa maskara. Tanam bulu mata ini bertujuan agar bulu mata bisa tumbuh lebih tebal dan panjang melebihi bulu mata asli. Akan tetapi karena sifat rambut yang ditanam berasal dari daerah donor berbeda beda, maka rambut bisa terus panjang sehingga dalam periode tertentu dibutuhkan pemotongan dengan teratur.

Donor rambut yang akan digunakan dalam tanam bulu mata berasal dari tubuh sendiri yakni bagian belakang kepala atau dari rambut pubis yang mempunyai bentuk lebih tebal dan juga lebih lentik. Sedangkan untuk proses tanam bulu mata untuk kedua kelopak mata biasanya membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam.

Sebelum melakukan operasi tanam bulu mata untuk cara menumbuhkan bulu mata, maka pemeriksaan di laboratorium akan dilakukan khususnya memeriksa kondisi pembekuan darah seperti blending time dan clothing time. Selain itu, sebelum tanam benang dilakukan juga sangat tidak dianjurkan untuk minum obat pengencer darah kemudian area wajah akan dibersihkan terlebih dahulu dari berbagai kosmetik.

Pengambilan donor rambut nantinya akan dilakukan secukupnya dengan cara bius lokal sambil membuat desain sayatan berbentuk elips sehingga donor rambut tersebut bisa langsung dijahit dan nantinya akan menyebabkan bekas jahitan berbentuk garis lurus. Bekas sayatan ini tidak akan terlihat karena akan tersamar dengan rambut yang tebal.

Beberapa helai rambut berkualitas, tebal dan akarnya sehat nantinya akan ditanam pada bagian kelopak mata yang terlebih dahulu sudah dibuatkan lubang untuk menanam akar rambut tersebut untuk cara menebalkan bulu mata. Dalam pemasangan bulu mata ini tidak dibutuhkan jahitan sebab hanya terjadi proses penempelan graft dan akhirnya akar rambut yang tertanam tersebut nantinya bisa tumbuh memanjang seperti tempat asal rambut tersebut diambil.

Proses cara membuat bulu mata lentik permanen ini memang terbilang rumit yang dimulai dari pembiusan lokal, membuat lubang di sekitar kelopak mata di samping akar asli menggunakan alat khusus dan juga memasukkan rambut ke dalam lubang tersebut. Umumnya, dalam satu lubang bisa menghabiskan hingga 40 akar rambut.

  1. Sambung Bulu Mata

Sambung bulu mata atau eyelash extention sudah beberapa tahun belakangan hingga sekarang sudah menjadi trend yang digandrungi para wanita. Sambung bulu mata bisa membuat tampilan bulu mata terlihat lebih lentik, lebih panjang dan juga lebih tebal dengan menggunakan metode extention atau menyambung. Cara penggunaan sambung bulu mata ini adalah dengan menempelkan bulu mata sintetis secara satu per satu di sekitar bulu mata yang asli memakai lem khusus yang juga bisa dilakukan sebagai cara melentikan bulu mata bawah.

Hampir sama seperti bulu mata palsu, bulu mata yang tersedia dalam sambung mata atau eyelash extension ini juga terdiri dari beberapa jenis dari mulai panjang dan juga ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Untuk pengerjaan pemasangan bulu mata extension ini setidaknya membutuhkan waktu antara 1.5 sampai 2 jam tergantung dari tingkat kesulitan, model bulu mata yang dipilih dan juga karena sambung bulu mata ini harus dipasang satu per satu sehingga membutuhkan waktu lebih banyak agar hasilnya bisa maksimal.

Jika memang ingin memakai sambung bulu mata atau eyelash extension untuk cara melentikan bulu mata ini, maka ada beberapa aturan yang harus diperhatikan agar sambungan bulu mata tersebut bisa lebih awet, tidak mudah rusak dan juga tidak rontok. Beberapa larangan yang sebaiknya tidak dilakukan ketika menggunakan sambung bulu mata ini diantaranya adalah:

  • Jangan menggunakan penjepit bulu mata lagi.
  • Tidak memakai produk untuk mata yang waterproof seperti maskara waterproof, eyeliner waterproof dan lain sebagainya.
  • Tidak menggunakan make up mata berbahan dasar minyak.
  • Tidak mengucek atau menggosok mata terlalu kasar.
  • Lebih berhati hati ketika mencuci area wajah khususnya bagian mata.

Sedangkan untuk perawatan ekstra atau tambahan yang biasanya dilakukan sesudah proses penyambungan bulu mata selesai adalah disarankan untuk memakai serum yang dibuat khusus untuk bulu mata extension dan diaplikasikan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, bulu mata sambungan ini biasanya akan bertahan kurang lebih selama 1 bulan sebab nantinya akan mulai rontok. Untuk itu, para pengguna juga harus melakukan retouch pada bulu mata sambungan yang sudah rontok tersebut.