8 Bahan Alami Untuk Rambut Kering dan Kusam

Setiap wanita selalu menginginkan memiliki rambut yang sehat dan subur, tidak penting apapun model potongan rambutnya. Sayangnya masalah rambut kering juga tidak luput dialami oleh para wanita, bahkan kusam dan mudah kusut karena kondisi rambut yang kering tersebut. Rambut kering tidak dapat menyerap cukup kelembapan untuk menjaga tekstur dan kecemerlangan warnanya sehingga tampak loyo, rapuh dan mudah patah. Ketika rambut terasa kering jika disentuh, biasanya juga rapuh dan sulit ditata. Walaupun rambut kering terlihat tidak sehat, namun biasanya masalah kesehatan bukanlah penyebab utamanya. Penyebab rambut kering kerap terjadi karena suhu panas alat penata rambut, perawatan berbahan kimia, polusi, kekurangan nutrisi, ekspos sinar matahari, sering terkena air klorin, terlalu sering dicuci dan banyak lagi. Untuk mengatasi masalah rambut kering, sebaiknya Anda mulai dari bahan yang murah dan alami yang ada di rumah. Tidak hanya lebih praktis, namun Anda juga akan merasakan manfaat bahan alami untuk rambut kering sebagai cara merawat rambut kering  lebih baik daripada perawatan berbahan kimia.

1. Perawatan minyak panas

Perawatan menggunakan minyak panas di rumah adalah salah satu bahan alami untuk rambut kering yang mudah dan efektif. Anda bisa mengatur penggunaan minyak yang sesuai untuk jenis rambut masing – masing dan sebagai cara merawat rambut kering secara alami.

  • Siapkan dua sendok makan minyak almond, dua sendok makan minyak zaitun, dua sendok makan minyak jojoba dan dua sendok makan minyak kelapa.
  • Campur semua minyak dalam wadah tahan panas ukuran sedang dan hangatkan.
  • Jangan memanaskan berlebihan karena akan merusak kulit kepala Anda. Pastikan minyaknya hangat dan bukan panas.
  • Pijat rambut dengan campuran minyak dan bungkus dengan handuk.
  • Buka handuk setelah 30 menit dan cuci dengan sampo ringan.
  • Lakukan perawatan ini sekali setiap 7 hari.

2. Kuning telur dan air

Kuning telur adalah salah satu bahan alami untuk rambut kering yang bagus karena akan melembapkan helaian rambut dan menjaganya tetap lembap.

  • Siapkan dua kuning telur yang dipisahkan dari bagian putihnya.
  • Tambahkan tiga sendok makan air dan kocok sampai campurannya berbusa.
  • Oleskan ke seluruh rambut dan tunggu selama 30 menit sebelum dicuci.
  • Gunakan air dingin untuk mencuci rambut agar telur tidak ‘termasak’ dan mengontrol bau anyir.

3. Bilasan teh untuk rambut

Manfaat teh untuk rambut sangat bagus untuk meningkatkan warna rambut dan membilas rambut karena akan memberikan kilauan alami pada rambut Anda. Gunakan teh yang baru diseduh tanpa gula sebagai bilasan terakhir setelah Anda selesai keramas. Karena teh dapat menonjolkan warna rambut Anda, rambut brunette bisa menggunakan teh hitam sementara rambut pirang bisa menggunakan teh chamomile. Anda bisa melakukan tips ini sesering mungkin.

4. Alpukat

Alpukat mengandung banyak mineral, vitamin dan asam lemak esensial. Anda bisa mencoba alpukat sebagai bahan alami untuk rambut kering yang dapat mengembalikan kilauan pada rambut Anda. kombinasikan alpukat matang yang dihancurkan dengan sebutir telur hingga membentuk pasta lembut. Aplikasikan pada rambut basah dan biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih. Jika rambut Anda lumayan rapuh, lakukan perawatan ini setidaknya satu kali seminggu. Bahkan jika rambut Anda sehat, melakukan perawatan ini sekali dalam sebulan memastikan bahwa rambut Anda akan tetap memesona, subur dan kuat.

5. Mentega

Anda dapat mengatasi rambut rapuh dan kering dengan sejumlah kecil mentega agar mendapatkan kilauan yang cemerlang. Pijat mentega sebagai cara mengatasi rambut kering pada rambut Anda lalu tutupi rambut dengan shower cap selama setengah jam. Keramas seperti biasa dan bilas mentega dari rambut sampai bersih. Sebelumnya Anda perlu melelehkan mentega lebih dulu dan membuang lemaknya dari bagian atas hingga jernih.

6. Cuka apel

Semprotan yang berbahan cuka apel bisa memulihkan kilauan rambut karena manfaat cuka apel untuk rambut dapat menetralkan kadar keasaman rambut dan menutup kutikula. Campur satu bagian cuka apel dengan 10 bagian air dalam botol semprot dan semprotkan pada rambut yang bersih serta lembap habis dicuci sebanyak sekali dalam seminggu. Karena ramuan ini bersifat asam, Anda tidak perlu melakukannya berlebihan.

7. Mayones

Mayones mengandung kuning telur, cuka dan minyak yang bisa menutrisi dan melembapkan, mengandung L-cysteine yang mendorong pertumbuhan rambut sehat sehingga bagus digunakan sebagai masker untuk rambut bercabang. Oleskan mayones pada rambut Anda mulai dari akar hingga ujungnya. Bungkus rambut dalam handuk hangat dan biarkan selama 30 menit. Bersihkan rambut dengan keramas seperti biasa, dan ulangi sekali dalam seminggu. Untuk rambut yang sangat kering, Anda dapat menggunakan campuran setengah cup mayines dengan setengah cup minyak zaitun.

8. Yogurt dan madu

Yogurt mengandung protein tinggi yang dapat merawat rambut, asam laktat yang dapat membersihkan kulit kepala. Madu dapat melembapkan dan mengunci kelembapan serta kaya akan antioksidan untuk mencegah kerusakan. Campur kedua bahan alami untuk rambut kering tersebut sampai rata dan aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan baik dan biarkan selama 15 – 20 menit. Keramas seperti biasa dan beri kondisioner pada ujung rambut, ulangi sekali seminggu.

Setelah menggunakan bahan alami untuk rambut kering, Anda juga perlu menjaga agar rambut tidak mengalami kekeringan dengan perawatan sehari – hari. Mengeringkan rambut dengan suhu panas adalah kegiatan yang beresiko bahkan dengan penggunaan produk pelindung panas pada rambut. Kerusakan pada rambut tetap akan tidak terhindarkan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut setelah keramas, sebaiknya belilah pengering rambut yang memiliki settingan udara dingin. Anda juga dapat mengeringkan rambut dengan handuk, namun jangan menggosoknya dengan kasar karena juga dapat menyebabkan kerusakan.