6 Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Bleaching Dengan Tepat

Bagi Anda yang gemar mengecat rambut, proses bleaching sudah tentu tidak asing lagi dilakukan. Bleaching umumnya dilakukan untuk menghilangkan warna asli rambut dan agar warna cat rambut yang dipilih bisa menonjol seperti yang diinginkan. Bleaching rambut menggunakan hidrogen peroksida, bahan yang mampu menekan kandungan melanin alami yang ada pada rambut. Melakukan bleaching rambut tidak hanya menghilangkan warna aslinya, namun juga menguraikan asam lemak pada helaian rambut sehingga membuat rambut menjadi kering dan rapuh.

Kekurangan melanin juga akan membuat rambut seperti tidak memiliki warna dan berubah menjadi warna kekuningan atau kemerahan berdasarkan warna cat rambut yang digunakan. Salah satu akibat dari proses bleaching adalam pembengkakan pada kulit kepala dan karena itulah rambut yang di bleaching dan mengalami kerusakan akan tampak lebih bervolume. Bleaching rambut juga dapat menghilangkan minyak alami pada rambut, membuat setiap helai rambut lebih berpori sehingga rambut yang dibleaching seringkali menjadi rapuh dan mudah kusut. Kerusakan yang dilakukan pada rambut bersifat permanen, tetapi ada langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan merangsang pertumbuhan rambut baru yang sehat.

1. Lakukan perawatan keratin

Bleaching merusak rambut Anda dengan menyebabkan helaian rambut melemah dan pada akhirnya patah. Helaian – helaian rambut tersebut terbuat dari protein yang disebut keratin. Langkah pertama untuk cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching yang kerap ditawarkan oleh banyak salon kecantikan adalah perawatan keratin. Perawatan ini akan menambahkan keratin kembali pada rambut Anda. Pertama – tama, sebuah serum akan diaplikasikan pada rambut dan dipatenkan dengan alat flat iron. Perawatan keratin bisa bertahan selama kurang lebih satu hingga dua bulan, tergantung kepada seberapa sering Anda mencuci rambut.

2. Memotong rambut yang rusak

Jika Anda pergi ke salon untuk cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching, langkah pertama yang akan dilakukan pastinya dengan memotong rambut yang rusak tersebut sebanyak mungkin. Sangat penting untuk membuang sebagian besar rambut rusak karena rambut bercabang atau rapuh hanya akan memburuk seiring waktu. Rambut yang rusak juga sulit untuk disisir dan ditata, bahkan bisa menyebabkan kerusakan berlanjut karena mudah kusut.

3. Menggunakan masker rambut

Menggunakan masker rambut menjadi cara yang harus dilakukan ketika Anda mengalami rambut yang rusak karena bleaching. Masker rambut akan menyeimbangkan, memulihkan dan memperbaiki rambut pada saat yang bersamaan. Banyak masker rambut yang bisa Anda gunakan untuk cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching. Apapun masker yang Anda pilih, aplikasikan setidaknya sekali dalam seminggu saja. Jangan mengaplikasikan masker rambut secara berlebihan dengan harapan kerusakan rambut Anda akan cepat hilang, sebab hal itu justru akan berakibat sebaliknya.

4. Kurangi mencuci rambut

Karena hidrasi sangat diperlukan untuk perbaikan rambut rusak, adalah ide yang baik untuk menyesuaikan rutinitas mencuci rambut Anda sejenak. Anda mungkin akan mendapati bahwa produk yang lebih berat dan melembabkan akan bermanfaat lebih untuk rambut Anda pada masa seperti ini. Ganti pilihan sampo Anda untuk sementara menjadi sampo yang dapat memberikan nutrisi lebih, shampo yang cocok untuk rambut kering atau menggunakan co-wash dan cleansing conditioner. Ganti kondisioner leave on Anda dengan cream rambut untuk sementara. Kurangi juga frekuensi mencuci rambut Anda sehingga rambut bisa memperoleh kelembapan alaminya sebanyak mungkin.

5. Hindari suhu panas dan cat rambut

Anda perlu menjauh dari alat penata rambut bersuhu panas untuk sementara seperti blow dryer, flat iron dan curling iron ketika Anda sedang melakukan perawatan rambut rusak secara tradisional untuk cara memperbaiki rambut rusak parah. Hindari alat – alat tersebut paling tidak selama beberapa bulan sampai rambut Anda sudah tidak rapuh lagi. Hindari juga menggunakan bahan kimia lain pada rambut termasuk cat rambut dan bleaching lagi tanpa berkonsultasi dulu dengan penata rambut profesional.

6. Gunakan minyak kelapa

Jika perawatan di salon terlalu mahal bagi Anda, cobalah perawatan di rumah dengan menggunakan minyak kelapa untuk cara merawat rambut rusak agar kembali sehat. Anda hanya tinggal mengaplikasikan minyak kelapa murni dengan minyak zaitun dan minyak almond. Minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein pada rambut, penyebab utama yang menyebabkan rambut tampak kering dan kusam. Minyak kelapa juga mencegah kerusakan karena menyisir atau menyikat rambut. Karena kandungan asam laurat didalamnya, minyak kelapa mampu menutrisi rambut dengan vitamin dan mineral.

Tanda – tanda Rambut Rusak

Sebelum rambut mencapai titik yang membutuhkan perbaikan, Anda harus dapat mengenali tanda- tanda yang menunjukkan adanya masalah seperti:

  • Rambut membutuhkan waktu yang lama untuk dikeringkan setelah dikeramas.
  • Anda mendapati banyak rambut rontok setelah menyisir.
  • Rambut selalu kusut ketika kering.
  • Minyak rambut dan masker rambut yang digunakan tidak dapat mengatasi kekeringan pada rambut sama sekali.

Rambut yang sudah rusak karena bleaching tidak akan dapat dipulihkan sepenuhnya, melainkan harus dirawat terus menerus sepanjang waktu jika Anda tidak ingin lagi rambut mengalami kerusakan. Cara mengatasi rambut rusak akibat bleaching tidak dapat dilakukan hanya pada satu waktu saja. Anda akan harus memastikan perawatan rambut yang berkelanjutan untuk mencegahnya kembali mengalami kerusakan. Melakukan bleaching rambut bukanlah satu – satunya alasan yang dapat membuat rambut Anda menjadi rusak. Menggunakan suhu panas berlebihan pada rambut atau mencucinya terlalu sering adalah dua kebiasaan buruk yang harus dihindari. Cobalah menggunakan air hangat jika mencuci rambut dan memotongnya setidaknya dua kali dalam setehun. Anda juga harus menghindari menyisir berlebihan karena dapat melemahkan folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut. Bahaya bleaching rambut tetap akan ada walaupun Anda menggunakan merk bleaching rambut yang aman atau merk bleaching rambut yang bagus sekalipun jika digunakan terlalu sering.