14 Cara Merawat Rambut Rusak agar Kembali Sehat

Apakah rambut Anda kering dan kusam, ujungnya bercabang, kulit kepala terasa aneh? Jika demikian, besar kemungkinan Anda mengalami rambut yang rusak kondisinya. Kerusakan rambut tentunya tidak diinginkan oleh siapapun karena dapat membawa efek yang merugikan bagi penampilan diri seseorang. Rambut yang rusak tidak hanya akan terlihat buruk, namun juga akan menjadi sulit untuk ditata agar penampilannya bisa memukau orang lain. Meskipun demikian, belum terlambat untuk memulai proses penyembuhan.

Rambut rusak tidak selalu sulit untuk diselamatkan, masih banyak kemungkinan yang bisa dilakukan untuk memulihkan kondisi kulit kepala Anda yang kurang baik sehingga menyebabkan rambut yang tumbuh menjadi tidak seindah biasanya. Ada banyak teknik dan cara penyembuhan untuk rambut rusak, termasuk produk perawatan rambut, sampo, kondisioner, bahkan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan kehidupan kepada helai – helai rambut Anda.

Menyehatkan Rambut Rusak Sehari – hari

Untuk memulai perawatan memulihkan rambut yang rusak, Anda bisa mencobanya dari hal yang paling mendasar yaitu perawatan rambut yang dilakukan hampir setiap hari atau secara rutin.

1. Memotong Rambut

Jika rambut rusak Anda terlihat bertekstur seperti sedotan, kasar dan kaku, cara tercepat untuk memulihkannya adalah dengan memotong bagian yang rusak tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda tidak perlu melakukan potongan yang sangat pendek. Anda bisa mendapatkan potongan atau model yang wajar dan merawat sisa rambut rusak yang tidak dipotong tersebut, kecuali jika Anda memang menginginkan model rambut yang sangat pendek untuk menghabiskan rambut yang rusak.

2. Hentikan Alat Penata Rambut

Menggunakan manfaat catok rambut dengan alat catok, mengeringkan dengan blow dryer, mengeriting dengan curling iron, semuanya itu akan memberi efek merusak rambut. Sebaiknya keringkan rambut di udara segar kapan saja memungkinkan dan jangan gunakan alat pemanas pada rambut Anda. Gunakan krim penata rambut setelah keramas dan diberi kondisioner dan biarkan rambut untuk kering alami. Kalaupun memerlukan alat penata rambut, oleskan serum pelindung terlebih dulu, pastikan rambut sudah kering dan gunakan pada suhu yang paling rendah. Anda juga bisa menggunakan cara membuat rambut bergelombang secara alami dan cara meluruskan rambut secara alami untuk menghindari penggunaan suhu panas.

3. Jauhi Bahan Kimia

Untuk saat ini ketika rambut Anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat, hindari penggunaan bahan – bahan kimia seperti cat rambut yang prosesnya bisa merusak rambut karena menggunakan bahan bleaching. Bahaya cat rambut memang berasal dari bahan kimia yang justru bisa merusak rambut jika digunakan terlalu sering. Menggunakan pewarna rambut alami atau merk pewarna rambut yang halal dapat menjadi alternatif jika Anda bosan dengan warna asli rambut, karena pada umumnya tidak mengandung bahan kimia yang keras.

4. Tips dan Trik Memilih Sampo dan Kondisioner

Menggunakan manfaat kondisioner untuk rambut dan sampo yang berbahan alami akan membantu pemulihan rambut rusak. Berikut tips dan trik memilih dan menggunakan sampo serta kondisioner untuk rambut rusak:

  • Pilihlah sampo yang bebas sulfat dan kondisioner non alkohol yang khusus diformulasikan untuk rambut rusak.  Hindari sampo atau kondisioner yang mengandung sodium laurel atau laurel sulfat, yang bisa melucuti minyak alami dari kulit kepala dan rambut Anda.
  • Jangan keramas lebih dari dua kali seminggu jika memungkinkan, gunakan sampo yang mengandung kadar PH antara 4,5 hingga 5,5.
  • Keramaslah dengan menggunakan air hangat, jangan menggunakan air panas. Akhiri proses keramas dengan siraman air dingin. Air dingin akan membantu dengan menutup kutikula rambut.
  • Jika rambut Anda rusak karena penumpukan bahan kimia di kulit kepala, penggunaan clarifying shampoo akan menjadi solusi yang bagus untuk membersihkan sisa – sisa residu bahan kimia tersebut.
  • Pilihlah kondisioner yang mengandung lidah buaya, glycerol, panthenol atau protein, juga bahan alami seperti minyak macadamia, minyak argan atau shea butter.

5. Gunakan Produk Rambut yang Aman

Ketika rambut dalam keadaan tidak sehat, diperlukan produk penataan yang tepat untuk membuat penampilan rambut tetap rapi namun tidak memperparah kerusakan tersebut. Menggunakan produk leave – on fortifying spray ketika rambut basah sangat baik untuk menjaga rambut tetap rapi sekaligus melindunginya dari polusi. Cek label pada setiap produk sebelum menggunakan dan hindari produk yang mengandung alkohol tinggi atau peroksida.

6. Lindungi Rambut Anda

Ketika berada di dalam kolam renang, kandungan klorin di dalamnya bisa semakin merusak rambut. Gunakan pelindung kepala berupa swimming cap untuk meminimalkan resiko tersebut. Begitu juga ketika berada di bawah cahaya matahari, gunakan penutup kepala untuk melindungi kepala dari sinar matahari yang dapat membuat rambut menjadi berwarna kemerahan serta kering. Hal ini juga akan menjadi cara mengatasi rambut mati pada pria.

7. Perlakukan rambut dengan lembut

Rambut rusak menjadi sangat rapuh dan perlu ditangani dengan sangat hati – hati. Jika rambut rusak diperlakukan kasar, ia akan mengalami patah atau menjadi bercabang dan akan terlihat semakin berantakan. Menggosok rambut dengan keras akan menjadi penyebab kerusakan pada rambut. Beberapa cara untuk merawat rambut rusak dengan lembut yaitu:

  • Ketika mengaplikasikan sampo dan produk lain, gunakan jari untuk meratakan produk diantara rambut mulai dari akar sampai ujung, dan jangan menggosoknya.
  • Keringkan rambut dengan memeras air perlahan, jangan menggosoknya dengan kasar. Lalu tepuk – tepuk menggunakan kaus usang atau lap yang lembut hingga kering.
  • Gunakan sisir yang bergigi jarang dan jangan menggunakan sikat.

8. Perhatikan frekuensi keramas

Jika biasanya Anda menggunakan manfaat cuci rambut setiap hari maka ketika rambut dalam keadaan rusak sebaiknya bersabar untuk tidak mencuci rambut sesering dulu. Kurangi kegiatan mencuci rambut agar tidak terlalu sering. Contohnya yaitu:

  • Gunakan sampo secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya seukuran koin kecil. Pilih sampo yang cocok untuk rambut kering dan rusak.
  • Jika akar rambut terlihat berminyak diantara waktu keramas, gunakan dry shampoo sesekali. Hati – hati jika berlebihan menggunakan dry shampoo yang bisa berakibat kepada kondisi rambut yang semakin kering.

Merawat Rambut Rusak dengan Bahan Alami

Penggunaan kondisioner yang bagus dapat melembabkan rambut rusak dan memberinya nutrisi kembali agar dapat memulihkan diri. Dengan manfaat hair mask untuk  rambut yang berbahan alami Anda dapat membantu rambut rusak untuk menjadi sehat kembali. Cara membuat masker rambut alami di rumah yaitu:

1. Minyak Zaitun atau Minyak Kelapa

Anda dapat menggunakan manfaat minyak kelapa untuk rambut atau menggantinya dengan minyak zaitun. Cara menggunakannya adalah:

  • Lembabkan rambut Anda terlebih dulu.
  • Siapkan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Gunakan pada kulit kepala dan rambut menggunakan sisir yang diolesi minyak tersebut.
  • Tutup kepala dengan menggunakan shower cap
  • Biarkan paling tidak selama satu jam atau semalaman
  • Keramas keesokan harinya seperti biasa , mungkin memerlukan dua atau tiga kali membilas agar rambut bersih dari minyak.

2. Alpukat dan Minyak Zaitun

Kaya akan vitamin, lemak, protein dan asam lemak esensial serta kandungan minyak alami, alpukat dapat membantu untuk menyehatkan rambut kembali dan menjadi bahan alami untuk perawatan rambut rusak. Alpukat melapisi dan melembutkan rambut agar tetap terhidrasi dan mudah diatur, juga dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Cara membuatnya adalah:

  • Sesuaikan bahannya dengan panjang rambut Anda.
  • Siapkan setengah hingga satu buah alpukat matang, satu hingga dua sendok teh minyak zaitun.
  • Hancurkan kedua bahan di dalam blender hingga lembut dan encer
  • Gunakan pada rambut Anda, biarkan selama satu jam dan cuci sampai bersih.

3. Alpukat dan Kuning Telur

Manfaat masker alpukat untuk rambut bisa Anda kombinasikan dengan manfaat telur untuk rambut dengan cara pembuatan sebagai berikut:

  • Hancurkan satu buah alpukat matang dan tambahkan satu butir kuning telur serta santan secukupnya sampai membentuk tekstur seperti pasta.
  • Gunakan ramuan ini pada rambut dan kulit kepala lalu pijat perlahan selama lima menit.
  • Diamkan selama satu jam, bilas dengan air hangat dan keramas seperti biasa.

4. Telur

Telur dapat menyediakan nutrisi yang dibutuhkan rambut rusak. Kuning telur mengandung protein, mineral dan asam lemak yang dapat menutrisi helaian rambut dan memberi kilau alami. Selain itu, manfaat putih telur untuk rambut diambil dari enzim dalam putih telur yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dan rambut.

  • Kocok satu butir telur dan pijatkan ke kulit kepala selama beberapa menit. Tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama dua puluh menit. Bilas dengan air dingin lalu keramas seperti biasa.
  • Pecahkan dua butir telur dan kocok bersama setengah cangkir yogurt. Tambahkan satu hingga satu setengah sendok makan minyak almond dan kocok lagi hingga bertekstur seperti krim. Pijat kulit kepala dan rambut, tutup kepala dengan handuk selama setengah jam lalu cuci bersih dengan air dingin dan keramas.

Kedua cara perawatan ini dapat Anda ikuti sekali setiap dua minggu.

5. Pisang

Pisang juga dapat membantu menyehatkan kembali rambut yang rusak. Manfaat pisang untuk rambut didapat dari kandungan tinggi potasium, vitamin dan minyak alaminya dapat membantu melembutkan rambut serta memperbaiki elastisitasnya. Cara membuat masker pisang untuk rambut yaitu:

  • Hancurkan satu buah pisang matang dan balurkan menyeluruh pada rambut. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air hangat.
  • Campurkan dua buah pisang yang terlalu matang dengan satu sendok teh minyakn kelapa, madu dan minyak zaitun. Gunakan pasta ini pada rambut,, diamkan selama dua puluh sampai tiga puluh menit dam bilas dengan air hangat.

Anda dapat melakukan perawatan ini satu kali setiap satu atau dua minggu.

6. Kembang Sepatu

Bunga ini adalah cara Ayurvedic yang hebat untuk mendorong pertumbuhan rambut dan memperbaiki rambut rusak dengan mengunci kutikula rambut dengan kelembaban, menambahkan kilau pada rambut kering dan rusak.

  • Panaskan delapan sampai sepuluh bunga kembang sepatu yang dicampur dengan satu cangkir minyak kelapa sampai hangus. Saring dan biarkan mendingin. Gunakan sebagai minyak rambut. Pijat kulit kepala selama beberapa menit dan biarkan selama paling tidak 30 menit sebelum dicuci.
  • Giling tiga sampai empat daun kembang sepatu dan dua kelopak bunga kembang sepatu dengan sedikit air. Oleskan pada seluruh rambut dan biarkan selama dua puluh menit lalu bilas dengan air hangat.

Rambut yang rusak perlu diimbangi dengan perawatan dari dalam untuk mendorong perbaikan kondisinya kembali. Anda dapat menjaga asupan gizi dengan makanan yang mengandung banyak manfaat seperti sayur, buah dan juga menghindari makanan berlemak agar tubuh tetap sehat. Selain itu, konsumsi air putih yang sesuai takaran juga dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi hingga ke pori – pori kulit, termasuk kulit kepala.