6 Cara Merawat Rambut Bayi Agar Hitam Dan Lebat Alami

Setiap orang tua pastinya ingin pertumbuhan rambut bayinya bagus dan sehat, tidak penting apakah ketika lahir rambutnya sudah tebal atau tipis. Sebagian bayi lahir dengan rambut yang lebat sementara yang lainnya hanya memiliki beberapa helai rambut di kepala kecilnya. Dalam beberapa bulan pertamanya biasanya bayi mengalami kerontokan rambut, dan hal ini tidak terlihat pada bayi yang sudah dicukur botak sejak lahir. Secara normal, setelah enam bulan rambut bayi memang akan rontok dan tumbuh kembali. Sebagian besar orang tua akan merasa perlu merawat rambut bayi sejak awal agar pertumbuhannya kelak semakin membaik seiring pertambahan usianya. Rambut bayi yang baru tumbuh bisa jadi memiliki warna dan tekstur yang berbeda. Tidak semua orang tua memahami fakta tersebut, sehingga ketika rambut rontok mereka akan merasa takut dan panik karena tidak memahami penyebab rambut bayi rontok. Pada awalnya sebagian bayi memang tampak akan mengalami pertumbuhan rambut yang lambat sehingga membuat orang tuanya khawatir bahwa rambutnya tidak akan tumbuh dengan baik. Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang wajar, namun Anda bisa melakukan beberapa cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat seperti berikut ini.

1. Minyak Kelapa

Manfaat VCO untuk rambut bayi pada umumnya bagus untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Gunakan sedikit pada kulit kepala bayi untuk membantu penyisiran yang lebih mudah. Lakukan ketika mandi dan pijatkan sedikit pada kulit kepalanya di malam hari. Biarkan semalaman dan cuci keesokan paginya, dan Anda akan melihat kulit kepala bayi lembut serta sehat.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menjadi cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat karena manfaatnya untuk rambut dan kulit. Keajaibannya bisa memberi khasiat sebagai cara menebalkan rambut bayi dan cara menumbuhkan rambut bayi. Gunakan gel lidah buaya, cuci dan campurkan dengan air suling secukupnya sampai menjadi pasta kental. Gunakan pasta lidah buaya untuk mencuci rambut bayi Anda.

3. Gelatin

Gelatin adalah salah satu bentuk dari asam amino esensial yang dapat berguna bagi anak – anak dan orang dewasa. Untuk anak kecil yang masih mengonsumsi susu, gelatin akan sulit dimasukkan dalam menu makanannya. Anda bisa menggunakan gelatin untuk cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat ketika mandi. Campur satu sendok teh bubuk gelatin dengan satu sendok air dingin atau air panas, madu dan cuka apel. Gunakan sedikit untuk memijat kulit kepala bayi, biarkan meresap dan keramas seperti biasa.

4. Minyak Argan

Popularitas minyak argan sudah meningkat beberapa tahun belakangan ini. Salon – salon rambut terkemuka bahkan menggunakan serangkaian produk yang mengandung argan oil sebagai produk unggulannya. Minyak ini juga dapat menjadi cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi yang kuat, tebal dan halus.

5. Minyak Zaitun

Minyak ini bagus untuk rambut bayi dan digunakan untuk memperkuat rambut bay. Manfaat minyak zaitun untuk rambut anak bisa menghilangkan cradle cap pada bayi. Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E yang dapat mencegah rambut rontok. Aplikasikan tipis pada kulit kepala bayi dan pijat menggunakan sikat rambut lembut atau waslap lembut. Biarkan minyak meresap sekitar 10 menit. Bilas dengan sampo bayi yang lembut dan air hangat. Anda mungkin perlu mengulangi keramas pada kepala bayi sampai kulit kepala tidak lagi berminyak. Minyak zaitun juga bagus untuk kulit kepala yang gatal, melembapkan rambut, memperbaiki kekuatan rambut dan mengobati ketombe.

6. Minyak Castor

Minyak ini sangat efektif untuk cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat, memperkuat dan menebalkan rambut bayi. Minyak ini mampu menembus akar rambut bayi dan memperkuatnya dari dalam, kaya akan vitamin E, omega 6 dan 9, mineral serta protein sehingga efektif untuk pertumbuhan rambut bayi. Anda juga bisa mencoba manfaat madu untuk rambut bayi dan merk vitamin rambut anak jika ingin lebih praktis.

Nutrisi Untuk Rambut Bayi

Tidak cukup hanya dengan mengoleskan bahan alami pada kulit kepala bayi sebagai cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat. Anda juga perlu memperhatikan asupan gizi bayi agar pertumbuhan rambut dapat didukung dari dalam tubuh. Bagi Anda yang memberikan ASI, beberapa bahan makanan berikut ini juga dapat dikonsumsi.

  • Menambahkan makanan tertentu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberi anak – anak nutrisi yang diperlukan tubuh.
  • Kacang, jagung dan bayam mengandung vitamin E sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Asam folat yang ditemukan dalam makanan seperti asparagus, kacang – kacangan, buah – buahan citrus, akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memperkuat helaiannya sehingga tidak mudah patah.
  • Vitamin B dapat memproduksi keratin, yaitu protein yang memperkuat helaian rambut. Vitamin B bisa ditemukan pada pisang, sereal whole grain, beras dan telur.
  • Produk susu seperti susu skim dan yogurt, stroberi dan brokoli juga menjadi sumber kalsium yang sangat baik. Kalsium merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bayi seringkali mengalami kerontokan rambut sejak lahir hingga usianya enam bulan. Dalam banyak kasus, rambut bayi akan tumbuh kembali dengan warna dan tekstur baru yang sepenuhnya berbeda. Untuk sebagian anak, rambut akan tumbuh dengan cepat kembali namun sebagian yang lain akan membutuhkan sedikit waktu. Situasi ini sepenuhnya normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Berkaitan dengan cara merawat rambut bayi agar hitam dan lebat, hal yang paling penting adalah kesabaran. Rambut baru akan tumbuh mulai dari setengah hingga satu inci setiap bulan dan 5 atau 6 inci dalam setahun. Ini berarti Anda bisa saja baru bisa melihat pertumbuhan rambut bayi yang nyata dalam beberapa bulan.