Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Kasar Secara Alami

Salah satu permasalahan yang cukup sering dialami rambut adalah rambut kering dan kasar. Namun walaupun seperti itu, siapa sangka, tanpa kita sadar, terkadang kebiasaan sehari-hari kitalah yang menjadikan rambut menjadi kering dan kasar. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut kering dan kasar tersebut?

Seperti telah disinggung diawal, terkadang kebiasaan sehari-hari kitalah yang justeru menjadikan rambut menjadi kering dan kasar. Seperti misalnya penggunaan shampoo berbahan dasar keras yang mampu menghilangkan kadar minyak alami yang ada didalam rambut. Selain itu, terlalu seringnya mengeringkan rambut dengan menggunakan Hair Dryer pada rambut yang masih basah juga dapat menjadikan rambut menjadi kering dan kasar.

Untuk menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kasar sebenarnya dapat melakukan berbagai macam hal. Namun walaupun seperti itu, tidak semua cara mengatasi rambut kering dan kasar tersebut dianjurkan. Seperti misalnya menggunakan cara styling seperti smoothing atau rebonding. Kedua cara itu sangatlah tidak dianjurkan. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut kering dan kasar yang benar? Berikut beberapa cara yang dapat anda jadikan referensi:

  1. Menggunakan Shampo Bebas Sulfat

Nyatanya, walaupun semua iklan shampoo menjanjikan dapat mengatasi permasalahan rambut kering dan kasar, nyatanya hampir semua shampoo tersebut menggunakan bahan sulfat. Padahal bahan sulfat adalah salah satu bahan kimiawi yang cukup keras dan mampu menjadikan rambut kering bahkan rusak. Beberapa contoh dari bahan sulfat itu adalah Amonium Lauril Sulfat, Amonium Laureth Sulfat, dan jenis sulfat yang lainnya.

Jika anda belum mengetahui apa itu bahan Sulfat, bahan sulfat adalah bahan penghasil busa pada banyak shampoo. Namun walaupun seperti itu, sulfat inilah yang kemudian menjadikan rambut menjadi kaku dan sulit diatur. Jadi, cara mengatasi rambut kering dan kasar yang pertama adalah memilih shampoo tanpa bahan sulfat.

  1. Bilas Rambut Dengan Air Dingin

Setelah anda menggunakan shampoo tanpa sulfat, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghindari rambut kering dan kasar adalah membilas rambut dengan air dingin. Membasuh rambut dengan air dingin memiliki banyak fungsi. Seperti misalnya mampu memperlancar peredaran darah dan mampu menutup lapisan kurikula rambut. Selain digunakan untuk mengatasi rambut kering dan kasar, air dingin ternyata diyakini mampu menjadikan rambut semakin halus, bersinar, serta tidak mudah kusut. Selain menggunakan air dingin, anda juga merawat rambut dengan memanfaatkan air garam untuk rambut dimana salah satunya fungsinya adalah menjaga kelembaban rambut.

  1. Gunakan Kondisoner

Selain melakukan pembersihan, rambut ternyata juga membutuhkan perawatan agar kesehatannya tetap terjaga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner ini adalah bahan yang menjadikan rambut tetap dalam keadaan lembab. Kondisioner ini biasanya digunakan setelah keramas selesai dilakukan.

  1. Menggunakan Minyak Alami

Salah satu hal yang menjadikan rambut kering dan kasar adalah karena kulit kepala tidak memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup. Padahal minyak yang ada di kepala ini berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan minyak rambut untuk menjadikan rambut kembali lembab. Hanya saja, pastikan anda menggunkan minyak yang bersifat alami karena selain mampu mengatasi rambut yang kering dan kasar, minyak yang bersifat alami juga dinilai mampu menjaga kesehatan rambut. Beberapa minyak alami tersebut adalah:

  • Minyak Kelapa

Siapa sangka, minyak kelapa sudah terbukti ampuh dalam mengatasi rambut kering dan kasar serta menjaga kelembapan rambut. Hal ini terjadi karena minyak kelapa mengandung jenis lemak asam laurat yang juga diproduksi oleh tubuh manusia. Cara menggunakannya pun cukup mudah dilakukan sehingga anda bisa mencobanya sendiri dirumah.

Untuk menggunakan minyak kelapa, yang perlu anda lakukan adalah mengoleskan minyak kelapa murni atau yang biasa juga dikenal dengan nama Virgin Coconut Oil secara merata sampai dengan ujung rambut. Untuk membantu perataan minyak kepala pada rambut ini, anda bisa memijatnya secara lembut atau menyisirnya. Setelah minyak kelapa menyebar secara merata, diamkan selama minimal 2 jam agar kandungan minyak kelapa dapat menyerap sebelum akhirnya dibilas.

Semakin lama proses pendiaman minyak kelapa dikepala semakin banyak juga kandungan yang terserap sehingga permasalahan anda dengan rambut kering dan kasar akan semkin cepat terselesaikan. Selain minyak kelapa, anda juga bisa memanfaatkan air kelapa untuk rambut yang salah satu manfaatnya adalah menghilangkan ketombe.

  • Minyak Jojoba

Mungkin banyak dari anda yang masih merasa asing dengan minyak satu ini. Namun walaupun seperti itu, minyak Jojoba adalah salah satu minyak yang berkhasiat ampuh dalam menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kasar. Minyak Jojoba adalah minyak yang diekstrak dari tumbuhan Simmondsia Chinensis yang banyak ditemukan di daerah California dan Arizona di Amerika Serikat.

Cara mengatasi rambut kering dan kasar dengan menggunakan minyak Jojoba ini tidak jauh berbeda dengan penggunaan minyak kelapa. Anda cukup mengoleskannya pada rambut serta kulit kepala lalu lakukan pemijatan dengan lembut agar minyak terserap maksimal sebelum nantinya didiamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas. Selain itu, anda juga menggunakan minyak Jojoba bersamaan dengan kodisioner. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup mencampurkan beberapa tetes minyak jojoba bersamaan dengan pemakaian kondisioner sehingga rambut anda akan mendapatkan kelembapan ekstra.

  • Minyak Zaitun

Minyak lain yang biasa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan rambut kering dan kasar adalah minyak Zaitun atau Olive Oil. Minyak zaitun adalah minyak yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Selain nutrisi, minyak zaitun juga dikenal memiliki banyak kandungan lain seperti vitamin, omega 3, omega 9, dan juga protein. Cara penggunaan minyak zaitun ini sama seperti penggunaan minyak kelapa dan juga minyak Jojoba.

  1. Menggunakan Madu

Cara mengatasi rambut kering dan kasar selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu dikenal mengandung gula alami dengan kadar yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut agar tidak kusam, kering, dan kasar. Selain itu, madu juga ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang akan menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut anda.

Untuk mengatasi rambut kering dan kasar, anda bisa menggunakan madu dengan mencampurkannya dengan Yoghurt. Jika dirasa terlalu mahal, anda bisa mengganti Yoghurt tersebut dengan santan kelapa. Gunakan masker ini 20 menit sebelum anda keramas. Lakukan pemaskeran ini dua kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Makanan Sehat

Cara  yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, perbanyaklah minum air mineral. Salah satu makanan sehat yang bisa anda coba untuk kesehatan rambut adalah jus mengkudu. Jus ini harus dicoba karena manfaat buah mengkudu untuk rambut yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut anda. Makanan yang sehat juga merupakan cara mengatasi rambut rontok pada pria yang jarang diketahui.

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan penutup kepala seperti topi ataupun yang lainnya. Paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama dinilai dapat menjadikan kulit kepala kering dan menjadikan rambut anda ikut kering serta kasar. Sedangkan untuk bagian tubuh yang lain, cara tepat untuk menghindari sinar matahari langsung adalah dengan memanfaatkan handbody susu kambing yang sudah bisa anda dapatkan di toko-toko perawatan tubuh yang ada disekitar anda.

  1. Jangan Perlakukan Rambut Secara Berlebihan

Cara paling ampuh selanjutnya dalam mengatasi rambut kering dan kasar adalah dengan mengurangi perlakuan yang dapat merusak rambut anda. Perlakuan yang dimaksud adalah seperti pewarnaan rambut, catok atau pelurusan, pengeritingan, ataupun proses lainnya yang dapat merusak inti rambut karena proses kimiawi yang berat serta suhu panas berlebihan dari alat yang digunakan. Selain rambut, menghentikan perlakuan yang berlebihan ini juga merupakan cara mencegah bibir hitam yang cukup efektif.

Itulah 8 cara mengtasi rambut kering dan kasar yang bisa anda coba mulai besok. Terima kasih dan selamat mencoba.