15 Cara Mencegah Bibir Hitam

Bibir merupakan salah satu daya tarik dalam dunia kecantikan. Pesona bibir memang tidak pernah lepas dari mata setiap orang terlebih jika Anda memiliki bibir yang sehat dan berwarna merah alami. Sebenarnya bibir memiliki warna alami yang merah jambu. Warna tersebut adalah warna alami bibir yang dimiliki oleh setiap orang. Namun karena beberapa faktor warna bibir yang alami tersebut bisa berubah menjadi hitam. Tahu sendirikan bagaimana bibir yang berwarna hitam itu sama sekali tidak enak untuk dipandang. Terlebih lagi bagi seorang wanita warna bibir menjadi prioritas utama selain penampilan.

Oleh itu sebabnya banyak wanita yang memilih untuk menggunakan lipstik dan mewarnai bibir mereka dengan warna lipstik yang beranekaragam. Padahal warna tersebut hanya bersifat sementara saja. Jadi saat lipstik dihapus maka warna asli dari bibir mereka akan terlihat tidak merah muda. Untuk itu perlu dilakukan cara untuk mencegah bibir hitam. Sehingga saat keluar rumah tanpa menggunakan lisptik Anda tetap akan terlihat cantik. Nah, berikut ini cara mencegah bibir hitam antara lain :

1.Tidak merokok

Cara mencegah bibir hitam yang pertama adalah dengan tidak merokok, namun cara ini lebih ditujukan pada kaum lelaki daripada wanita. Didalam rokok terkandung berbagai jenis zat yang tidak baik bagi tubuh dan juga dapat membuat warna bibir berubah menjadi hitam. Saat Anda menempelkan pangkal rokok ke bibir maka zat nikotinnya akan menempel pada bibir. Oleh sebab itu ada baiknya untuk menjauhi kebiasaan merokok. Selain membuat warna bibir menjadi hitam penyebab wajah terlihat tua dan penyebab wajah kusam dan berminyak juga disebabkan karena kebiasaan yang tidak sehat yaitu merokok.

2. Hindari lipstik matte

Cara yang kedua mencegah bibir menjadi hitam adalah dengan menghindari penggunaan lipstik matte. Sekarang ini banyak sekali jenis lipstik yang dijual dipasaran. Namun ada cara yang tepat untuk mengatasi bibir hitam akibat lipstik. Lipstik matte adalah lipstik yang jika di oleskan pada bibir akan membuat bibir kering dan pecah-pecah. Namun penggunaan lisptik matte bisa bertahan lama di bibir meskipun Anda makan dan minum dengan menggunakan lipstik tersebut. Hanya saja jika akan menghadiri acara yang sebentar rasanya tidak perlu menggunakan lipstik yang tahan lama tersebut. Selain itu jika Anda memiliki bibir yang kering ada cara memilih lipstik untuk bibir kering yang dapat Anda pedomani dalam membeli lipstik.

3. Oleskan madu setiap malam

Manfaat madu untuk bibir berguna untuk mencegah bibir menghitam. Madu merupakan cairan kental yang berwarna kekuningan berasal dari perut lebah. Madu memiliki rasa yang manis dan enak sekali. Didalam madu juga terdapat kandungan antioksidan dan pelembap alami yang dapat membantu menjaga warna alami bibir. Cara melembapkan bibir dengan madu dapat Anda lakukan dengan mengoleskan madu pada bibir secara merata. Setelah itu tunggu hingga madu kering sendiri pada bibir. Jika sudah kering dan Anda ingin mengoleskannya kembali juga bisa. Mudah sekali bukan, cara ini bisa Anda lakukan dirumah pada saat malam hari.

4. Jangan membasahi bibir

Banyak orang yang melakukan cara melembapkan bibir dengan jalan membasahi bibir atau mengigit bibir. Padahal cara ini sama sekali tidak sehat karena justru akan membuat bibir menjadi pecah dan kering. Alangkah baiknya jika Anda merasa bibir kering oleskan pelembap alami pada bibir. Pelembap alami pada bibir ini dapat di beli di minimarket terdekat.

5. Minyak zaitun

Cara mencegah bibir menghitam yang kelima adalah dengan menggunakan bahan alami yaitu minyak zaitun. Minyak yang berasal dari buah zaitun itu dapat mencegah bibir hitam karena kandungan vitamin e dan antioksidannya. Manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan memang tidak hanya sebatas bibir namun juga wajah dan tubuh. Manfaat minyak zaitun untuk bibir dapat dilakukan dengan cara oleskan minyak zaitun pada bibir Anda secara merata dan diamkan selama beberapa saat. Sesudah itu jika kering Anda bisa oleskan kembali karena biasanya minyak zaitun ini bisa cepat mengering pada bibir.

6. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan adalah sebanyak 8 gelas sehari. Manfaat minum air putih bagi tubuh penting untuk mengganti cairan tubuh yang keluar melalui air seni dan keringat. Sedangkan manfaat minum air putih yang cukup bagi bibir berguna untuk mencegah bibir hitam. Karena saat asupan kebutuhan minum tercukupi maka bibir tidak akan menjadi kering dimana bibir yang kering ini merupakan awal mula bibir menjadi hitam. Selain itu manfaat minum air putih sebelum tidur juga dianjurkan sebagai salah satu bentuk detoksifikasi bagi tubuh secara alami.

7. Jangan minum kopi

Jika kopi dijadikan sebagai masker maka manfaat masker kopi adalah untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. Namun lain halnya jika kopi disajikan dalam bentuk panas atau dingin saat diminum. Kopi memiliki kandungan kafein didalamnya. Dan mengonsumsi minuman yang megandung kafein secara berlebih dapat membuat bibir menjadi hitam. Untuk itu batasi minum kopi setiap harinya bagi Anda yang merupakan pecinta kopi sejati. Cobalah untuk mengganti kopi dengan minum jus atau air putih setiap harinya.

8. Lindungi dari sinar matahari

Cara mencegah bibir menghitam yang kesembilan adalah dengan melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik untuk bibir dan kulit. Biasanya sinar ini sedang tinggi-tingginya pada jam sepulu pagi hingga jam tiga sore. Jika harus keluar ruangan pada jam tersebut maka gunakan pelindung bibir seperti lip balm. Merk lip balm untuk bibir hitam banyak tersedia di toko-toko kosmetik. Cara menggunakan lip balm ini Anda hanya perlu mengoleskannya langsung pada bibir Anda.

9. Rutin scrub bibir

Scrub tidak hanya berlaku pada wajah dan tubuh tapi juga pada bibir. Scrub secara rutin seminggu dua kali merupakan tips memerahkan bibir secara alami. Ini karena saat Anda melakukan scrub pada bibir maka sel kulit mati yang menempel di bibir yang merupakan penyebab bibir hitam jadi terangkat sempurna. Untuk membuat scrub pada bibir Anda bisa menggunakan gula sebagai bahan alaminya. Masukkan satu sendok gula dan campurkan sedikit air secukupnya. Setelah itu gosokkan pada wajah secara lembut hingga beberapa kali. Lanjut jika sudah baru bersihkan wajah Anda.

10. Cukupi asupan vitamin c

Vitamin c merupakan vitamin wajah kulit bersih bersinar dan vitamin yang dapat mencegah bibir menghitam secara alami. Asupan vitamin c bisa didapat dengan rajin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin c tinggi seperti buah jeruk. Dengan tercukupinya asupan vitamin ini dapat membantu Anda terhindar dari bibir hitam yang cukup menganggu penamiplan cantik Anda diluar rumah.

11. Oleskan lemon

Cara mencegah bibir menghitam selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon sebagai bahan alaminya. Lemon buah yang memiliki warna kulit kuning ini memiliki rasa yang asam manis. Buah lemon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi juga sehingga baik untuk bibir. Adapun cara menggunakan lemon untuk bibir adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah lemon segar dan belah buah tersebut menjadi dua bagian.
  • Lanjutkan dengan memeras buah lemon untuk diambil airnya.
  • Air dari perasan buah lemon tersebut kemudian dioleskan pada bibir secara merata dan biarkan hingga mengering.

Cara penggunaan buah lemon untuk bibir ini dapat dilakukan satu kali sehari pada malam hari.

12. Mentega

Manfaat mentega untuk bibir berguna untuk mencegah bibir menghitam. Siapa sangka mentega yang biasa digunakan untuk melezatkan rasa roti ini baik untuk bibir. Adapun cara untuk menggunakan mentega sebagai pencegah bibit hitam adalah campurkan mentega dengan minyak zaitun. Setelah itu aduk hingga merata kedua bahan tersebut dan oleskan pada bibir Anda secara merata. Biarkan olesan tersebut selama 30 menit jika sudah kering baru bersihkan dari bibir Anda.

13. Alpukat

Manfaat aha untuk bibir adalah untuk mencerahkan bibir dan mengatasi bibir menghitam. Buah alpukat salah satunya bermanfaat sekali untuk melembapkan bibir secara alami karena buah ini kaya akan lemak tak jenuh yang baik sekali. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau ini dapat dijadikan masker bibir dengan cara sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah alpukat matang dan belah menjadi dua bagian.
  • Setelah itu ambil isi dagingnya satu sendok makan dan oleskan pada bibir.
  • Sedangkan untuk isi daging lainnya bisa langsung untuk dikonsumsi, karena isi buah alpukat yang sudah dibelah akan menjadi hitam jika dibiarkan begitu saja akibat teroksidasi dengan udara.

Penggunaan buah alpukat untuk mencegah bibir menghitam ini dapat dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari.

14. Mentimun

Cara memerahkan bibir yang menghitam secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun, Buah mentimun memiliki kandungan air yang sangat banyak karena itu selain mencegah bibir hitam buah ini juga berguna untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Adapun cara untuk menjadikan timun sebagai bahan alami untuk bibir adalah sebagai berikut :

  • Sediakan satu buah mentimun kemudian cuci buah tersebut hingga bersih.
  • Setelah di cuci kupas kulit dari mentimun tersebut.
  • Haluskan daging dari mentimun yang sudah dikupas kulitnya menyerupai masker.
  • Lanjutkan dengan oleskan masker mentimun tersebut pada bibir dan tunggu selama 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit baru kemudian bersihkan bibir Anda.

Penggunaan mentimun untuk bibir ini dapat Anda lakukan sebanyak satu kali dalam sehari dirumah sendiri. Karena cara ini sangat simpel dan praktis untuk di buat sendiri.

15. Minyak kelapa

Cara mencegah bibir hitam yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini berasal dari biah kelapa yang sudah diproses secara alami sehingga menghasilkan minyak. Minyak kelapa ini yang nantinya akan digunakan untuk bibir. Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan bibir menghitam. Adapun cara menggunakan minyak kelapa untuk bibir ini dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kelapa ini pada bibir secara merata. Setelah itu biarkan minyak kelapa tersebut mengering pada bibir. Intinya menggunakan minyak kelapa ini merupakan tips menghilangkan bibir hitam secara alami.

Nah, itulah cara untuk mencegah bibir menghitam dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan menggunakan bahan alami.