15 Manfaat Air Kelapa untuk Rambut yang Wajib Diketahui

Manfaat air kelapa untuk rambut dan kulit kepala yang sehat sangatlah banyak. Jika Anda punya masalah dengan rambut seperti ketombe atau rontok, perawatan dengan menggunakan air kelapa adalah yang paling tepat. Perawatan dengan menggunakan bahan kimia akan menimbulkan efek samping yang tidak baik jika digunakan secara terus menerus. Lebih baik mencoba perawatan yang lebih alami bukan?

Kandungan yang ada di dala air kelapa sangat berguna dan berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulut kepala Anda. Di dalam air kelapa terdapat asam laurat yang mampu merangsang regenerasi sel dan pembelahan sel.  Air kelapa juga mengandung hormon nabati sitokinin yang berguna untuk merangsang pertumbuhan sel. Air kelapa juga mengandung anti bakteri dan vitamin C. Sebelum membahas lebih jauh apa saja kandungan yang ada dalam air kelapa, yuk kita simak manfaat air kelapa untuk rambut:

Baca juga:

Manfaat Air Kelapa untuk Rambut

1. Menghilangkan ketombe pada rambut

Ketombe pada rambut membuat kepercayaan diri menurun. Belum lagi jika ketombe yang tidak terkontrol dan sering jatuh ke pakaian. Untuk mengatasi ketombe, Anda bisa menggunakan campuran air kelapa hijau dengan garam. Siapkan satu biji kelapa hijau yang utuh dan satu sdm garam halus. Pecah kelapa hijau di bagian atasnya, lalu masukkan garam. Tutup kelapa dengan kain tipis yang bersih. Diamkan selama beberapa jam. Keramaslah dengan air kelapa dan garam sebelum Anda tidur, lalu bungkus kepala dengan handuk. Untuk hasil terbaik, bilas rambut keesokan hari setelah bangun tidur.

2. Mencegah tumbuhnya rambut beruban

Sama halnya dengan ketombe, rambut beruban bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Munculnya uban di rambut menandakan usia yang tidak lagi muda. Tidak hanya itu, uban bahkan bisa tumbuh di rambut anak muda lho. Untuk mencegah dan mengurangi rambut beruban, Anda bisa menggunakan air kelapa hijau dengan garam halus. Cara yang dilakukan sama seperti menghilangkan ketombe. Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu perawatan.

Baca juga:

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut yang panjang dan sehat tentunya menjadi idaman setiap wanit. Kini Anda bisa mendapatkan rambut panjang dengan lebih cepat menggunakan air kelapa. Anda bisa menggunakan air kelapa hijau yang masih muda atau air kelapa tua sekalipun. Manfaat yang Anda dapatkan akan sama. Caranya mudah, gunakan air kelapa setiap kali Anda keramas. Diamkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air.

4. Mengurangi rambut rontok

Manfaat Air Kelapa untuk Rambut yaitu untuk mengurangi rambut rontok, rambut rontok menjadi masalah hampir pada setiap wanita. Rambut rontok dapat disebabkan oleh banyak hal seperti sampo yang tidak cocok atau akar rambut yang rapuh. Kurangi rambut rontok dengan menggunakan air kelapa. Setiap hari setelah mandi, basahi rambut dengan air kelapa tua. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama 15 hari sebanyak 2 kali sehari.

Baca juga:

5. Mencegah rambut bercabang

Rambut yang bercabang di ujungnya menunjukkan rambut yang tidak sehat. Ujung rambut yang bercabang biasanya akan kering dan memerah, sehingga membuat penampilan kurang sempurna. Untuk mencegah rambut bercabang, gunakan air kelapa tua sebagai kondisioner rambut setelah keramas. Basahi rambut dengan air kelapa lalu diamkan selama 30 menit setelah Anda keramas menggunakan sampo. Bungkus rambut dengan handuk lalu bilas hingga bersih.

6. Menguatkan akar rambut

Jika akar rambut tumbuh dengan kuat, maka kerontokan rambut bisa dicegah. Salah satu cara alami menguatkan akar rambut adalah dengan air kelapa. Caranya mudah, siapkan 1 buah kelapa tua, ambil airnya saja. Dalam keadaan rambut kering, siramkan air kelapa hingga mengenai kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala dengan lembut selama 15 menit agar air kelapa meresap dengan sempurna. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk dan diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Baca juga:

7. Menutrisi rambut dengan maksimal

Penggunaan sampo saja memang tidak cukup untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Namun kondisioner yang sering Anda pakai mengandung banyak bahan kimia yang bisa berakibat tidak baik untuk rambut dan kulit kepala. Perawatan alami dengan air kelapa dapat manjaga rambut tetap sehat dan ternutrisi. Gunakan air kelapa secara rutin dan teratur agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

8. Mempercepat pertumbuhan rambut

Setiap wanita pasti ingin rambutnya tumbuh lebat dan sehat. Tidak heran banyak dijual penumbuh rambut instan secara bebas. Penggunaan obat instan semacam ini bisa berakibat tidak baik untuk rambut. Gunakan air kelapa untuk menyuburkan rambut Anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, campurkan air kelapa dengan gel lidah buaya alami. Gunakan setiap hari dan rambut lebat pun segera Anda miliki.

Baca juga:

9. Memberi kilau hitam alami pada rambut

Untuk mendapatkan rambut hitam sehat dan berkilau alami, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ke salon. Cukup dengan perawatan rutin menggunakan air kelapa, rambut Anda akan menjadi hitam dan berkilau alami. Basahi rambut dengan air kelapa setiap sebelum keramas Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas, lalu keramaslah dengan sampo seperti biasa.

10. Mencegah kebotakan rambut

Air kelapa tidak hanya mampu mencegah rambut Anda dari kerontokan saja. Perawatan secara rutin dengan air kelapa akan mengatasi kebotakan pada kepala Anda. Jika Anda rutin menggunakan air kelapa untuk keramas atau sebagai kondisioner, maka rambut Anda akan tumbuh subur kembali. Pijat-pijat lembut kepala Anda agar air kelapa dapat terserap dengan maksimal. Anda harus secara rutin dan konsisten, karena hasil perawatan alami tidak bisa dilihat dengan instan.

Baca juga:

11. Melembabkan rambut yang kering

Rambut yang terkena polusi dan debu setiap hari sangat rentan menjadi kering dan kasar. Kembalikan kelembutan rambut Anda dengan perawatan alami menggunakan air kelapa. Gunakan air kelapa sebagai kondisioner alami rambut untuk merawat rambut yang kering ini. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

12. Mengatasi kulit kepala gatal

Kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala akan membuat kepala terasa gatal-gatal. Kulit kepala gatal tentu akan membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Atasi masalah ini secara alami dengan menggunakan air kelapa. Campur air kelapa dengan sari jeruk nipis, lalu siramkan pada kulit kepala. Pijat-pijat lembut selama beberapa menit, lalu bungkus dengan handuk dan diamkan selama 15 menit. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca juga:

13. Mengatasi bau apek pada kepala

Kulit kepala yang berkeringat serta bercampur dengan debu dan kotoran akan menimbulkan bau apek yang tidak sedap. Bau apek ini biasanya akan muncul dengan gatal-gatal di kulit kepala. Gunakan air kelapa yang dicampur dengan jus lemon untuk mengatasi bau apek pada kulit kepala Anda. Lakukan setiap kali Anda keramas dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas denga air.

14. Mengurangi minyak pada kulit kepala

Penyebab rambut berbau apek adalah kotoran yang bercampur dengan minyak di kulit kepala. Kulit kepala yang tertutup rambut membuatnya sangat rentan berminyak. Untuk mengatasinya, gunakan perawatan dengan air kelapa yang dikombinasikan dengan jus lemon. Gunakan campuran ini sebagai kondisioner setiap kali sehabis keramas. Lemon mampu menyerap kelebihan minyak di kulit kepala.

Baca juga:

15. Mencegah rambut lepek

Kulit kepala berminyak menyebabkan rambut menjadi lepek dan basah. Penampilan tentu menjadi kurang menarik kalau rambut sudah begini. Untuk mengatasinya, gunakan air kelapa untuk perawatan rutin rambut dan kulit kepala. Gunakan air kelapa setiap sehabis keramas sebagai kondisioner, dan dapatkan rambut yang bebas lepek.

Itulah Manfaat Air Kelapa untuk Rambut. Satu hal yang harus diingat dalam melakukan perawatan alami adalah kesabaran. Perawatan alami memang tidak bisa memberikan hasil yang instan, namun lebih aman untuk jangka panjang. Selamat mencoba!

Baca juga: