14 Khasiat Halba untuk Rambut, Wajib Digunakan

Halba merupakan salah salah satu biji tanaman yang memiliki beragam manfaat. Terutama untuk meningkatkan libido bagi pria dan melancarkan ASI untuk wanita. Halba sendiri, atau yang biasa disebut kelabat merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk memnyedapkan rasa masakan. Dan halba sendiri biasanya digunakan sebagai salah satu bahan wajib untuk membuat kari. Tetapi, biji yang satu ini memiliki berbagai manfaat yang belum banyak diketahui lho Ladies! Halba sendiri memiliki beragaman manfaat baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Nah berikut adalah beberapa penjelasan manfaat biji halba bagi rambut.

  1. Sebagai sumber nutrisi

Biji halba memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi rambut. Diantaranya, terdapat kandungan lemak, vitamin B, maupun protein. Hal ini membuat biji halba sangat potensial untuk dijadikan sebagai salah satu sumber alami dalam membuat masker bagi rambut. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang mengandung vitamin e juga. Karena terdapat beberapa manfaat vitamin e untuk rambut . Karena terdapat berbagai jenis vitamin rambut yang bagus

  1.  Menyuburkan rambut

Biji halba ini memiliki manfaat untuk membuat rambut menjadi lebih subur. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan juga vitamin B yang ada pada biji halba tersebut. cara menyuburkan rambut dengan cepat sebenarnya bisa dilakukan apabila kamu mengaplikasikan masker biji halba dengan teratur dan diimbangi dengan konsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut.

  1. Menghindari rambut rontok

Selain membantu dalam pertubuhan rambut, kandungan protein juga membantu untuk menghindari terjadinya kerontokan. Dan kita juga harus mengetahui berbagai penyebab rambut rontok pada wanita untuk menjadikan rambut kita yang benar-benar sehat dan terhindar dari masalah rambut yang satu ini.

  1. Melembabkan rambut

Biji halba ini memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, yaitu sekitar 35,5 dalam satu sendok makan. Hal ini tentu membuat biji yang satu ini bisa membantu rambut agar tetap dalam keadaan yang lembab sehingga mudsah diatur dan mengurangi peluang terjadinya kerontokan.

  1. Meluruskan rambut

Pengaplikasian biji halba pada rambut, akan membuat rambut dalam keadaan yang lembab dan mudah diatur. Hal ini memungkinkan untuk merawat rambut agar terlihat lebih lurus karena rambut menjadi lebih sehat dan mudah untuk diatur dengan sedemikian rupa.

Nah, selain bermanfaat untuk rambut, biji halba ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Menigkatkan kadar ASI (Air Susu Ibu sampai 900%)
  2. Dapat mengobati diabetes
  3. Menghilangkan bercak ataupun noda pada kulit.
  4. Meningkatkan Libido pada Pria
  5. Meningkatkan Nafsu Makan.
  6. Mengobati gangguan pencernaan
  7. Mengobati asma
  8. Mengoobati dan mengencerkan lendir pada batuk berdahak
  9. Mengobati penyakit bisul
  10. Mengobati penyakit kanker hati
  11. Mengobati rematik, pilek, dan nyeri otot
  12. Mengobati wasir, simbelit
  13. Mengobati impotensi

Tetapi walaupun banyak manfaat yang bisa kita petik dari biji halba yang satu ini, ternyata terdapat beberapa efek samping yang harus kita perhatikan sehingga kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Biji halba ini bisa memicu kontraksi ataupun keguguran.  Sehingga hendaknya dihindari bagi wanita yang sedang mengandung/hamil. Halba juga dikenal membuat bau badan menjadi tidak sedap. Pemakaian biji halba juga bisa menyebabkan perut kembung dan berpotensi meningkatkan pendaharan pada penderita penyakit ganggguan pembekuan darah.

Dan khusus bagi penderita diabetes insulin-dependent dan memiliki penyakit kolestrol, hendaknya melakukan pengecekan dan pemeriksaan terlebih dahulu kepada dokter agar kondisi fisik tidak drop. Tetapi untuk meminimalisir efek tersebut kamu sebaiknya memanfaatkan berbagai bahan alami dengan cara tradisional. Salah satunya dengan cara meluruskan rambut secara tradisional. Karena sejatinya, apapun yang kita konsumsi harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing masing orang. Sehingga bisa didapatkan hasil yang optimal dan bisa meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.