6 Manfaat Kulit Kentang Untuk Rambut Beruban, Kering dan Bermasalah

Tentu setiap orang mengingini rambut yang indah dan sehat. Tidak jarang kebanyakan wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk merawat rambutnya. Buat kalian yang tidak sempat ke salon jangan khawatir. Karena kalian tetap bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan tradisional, salah satunya yaitu kulit kentang. Siapa sangka jika kulit kentang mempunyai manfaat tidak hanya untuk muka saja. Kalian juga bisa memanfaatkan rambut untuk mengatasi masalah pada rambut kalian.

Kandungan Zat Dalam Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan sumber pati yang mengandung banyak vitamin, mineral serta serat. Didalam 100 g kentang sama dengan 70 kalori tapi cuma mengandung lemak yang sedikit yaitu sekitar 0.1 g per100 g serta kolesterol. Kentang yang segar beserta kulitnya merupakan sumber antioksidan dari vitamin seperti vitamin-C. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin-C  sangat membantu menjaga kekebalan bagi tubuh kalian. Sehingga bisa terhindar dari infeksi serta dampak radikal bebas. Kentang juga bisa mengandung sekali banyak mineral seperti besi, magnesium, mangan, tembaga, fosfor serta kalium.(Baca Juga: Cara Merawat Rambut Rontok dan kering)

Kentang selain mengandung vitamin C, kentang juga banyak mengandung vitamin B kompleks, serat, mineral bahkan senyawa Karatenoid (Lutein dan Zeaxanthin) yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dan tentunya organ tubuh lainnya, tidak hanya jantung saja. Tapi yang perlu diingat bahwa kentang juga bisa meningkatkan kadar glukosa jika kalian mengkonsumsi secara berlebihan. Karena ini bisa menyebabkan obesitas yang bisa memberi banyak tekanan pada jantung kalian. Sehingga cara mencegah penyakit jantung dengan mengkonsumsi kentang sangat tidak dianjurkan bagi penderita obesitas serta diabetes. Berikut manfaat kulit kentang untuk rambut yang bisa kalian coba dirumah. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Mengembang  ,  Cara Merawat Rambut Bob )

1. Rambut Menjadi Bersinar

Jika kalian menginginkan rambut lebih bersinar? Kalian bisa memanfaatkan kentang untuk mendapatkan rambut yang lebih bersinar. Kalian hanya perlu menyiapkan kentang, kemudian digiling kentang bersama kulitnya. Kemudian jangan lupa untuk menyaring cairan kentang. Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes susu kental serta telur kedalam adonan ini. Kemudian oleskan  semua adonan itu pada rambut kalian. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit, lalu cuci rambut kalian dengan menggunakan shampo. Pakailah secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal. (Baca Juga: Manfaat Garam untuk Perawatan Rambut Berketombe , Manfaat Ginseng Untuk Rambut)

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jika kalian ingin mempercepat pertumbuhan rambu, kalian bisa memanfaatkan kentang. Pertama siapkan kentang, kemudian digiling kentang bersama kulitnya. Kemudian jangan lupa untuk menyaring cairan kentang. Kalian juga bisa mencampurkan beberapa tetes susu kental serta telur kedalam adonan ini. Lalu gunakan air kentang ke rambut kalian, sambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan.

Tunggulah hingga setengah jam, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. (Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok,  Manfaat Conditioner rambut)

3. Memberi Vitamin Buat Rambut

Kekurangan vitamin tentu bisa membuat rambut kalian menjadi mudah rapuh serta patah. Kentang merupakan salah bahan makanan yang mengandung vitamin yang sangat baik untuk rambut.Sehingga kalian bisa memanfaatkan kentang untuk memberi nutrisi pada rambut kalian. Pertama siapkan kentang, kemudian rebuslah kentang bersama kulitnya. Kemudian gunakan air kentang ke rambut kalian, sambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan.

Tunggulah hingga setengah jam, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. (Baca Juga : Manfaat Hair Mask Untuk Rambut , Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok)

4. Memperkuat Akar Rambut

Kentang ternyata juga bermanfaat buat memperkuat rambut kalian. Kalian hanya perlu menyiapkan kentang, kemudian kalian giling kentang beserta kulitnya lalu dicampurkan dengan tiga sendok air lidah buaya. Kalian juga bisa menambahkan beberapa tetes madu kedalam adonan ini. Gunakanlah campuran itu ke kulit kepala kalian buat memperkuat akar rambut kalian.ambil menuangkan jangan lupa untuk memijat rambut secara perlahan.

Tunggulah kurang lebih 15 menit, kemudian bilaslah dengan menggunkan air biasa. Untuk hasil maksimal kalian perlu melakukannya 3-4 kali dalam sebulan secara rutin. Ini  juga bisa meminimalkan jika rambut kalian sering mengalami kerontokan. ( Baca juga : Vitamin Untuk Rambut Kering, Manfaat Santan Untuk Rambut )

5. Mengatasi Rambut Kering

Rambut kering seringkali diakibatkan kalian tidak menjaga kelembaban kulit kepala kalian dengan baik. Buat itu kalian perlu memakai langkah yang tepat supaya kelembaban kulit kepala bisa tetap terjaga serta normal. Kentang sangat bermanfaat buat melembabkan kulit kepala, caranya menggunkannya pun sangatlah mudah. Kalian cukup menghaluskan kentang beserta dengan kulitnya kemudian campurlah dengan gel atau daging lidah buaya.

Kemudian oleskan adonan ini pada kulit kepala, kemudian pijat secara ringan dan perlahan. Kemudian diamkanlah selama kurang lebih 15 menit, lalu kalian bisa mencucinya dengan air beserta shampo yang ringa. Setelah keramas kalian tidak perlu mengeringkannya. Jus kentang beserta kulit yang dicampur lidah buaya ternyata mampu membuat kulit kepala serta rambut kalian menjadi lebih sehat dan segar. Jus kentang juga ternyata kaya akan protein, vitamin A, B, C, fosfor serta mineral yang bisa menjaga kesehatan rambut kalian. (Baca Juga :Perawatan Rambut Berwarna alami)

6. Mengurangi Uban

Memiliki Uban tentu sangat menyebalkan dan mengganggu penampilan bukan? Apalagi jika kalian masih tergolong muda dan belum sepantasnya mempunyai uban. Banyak sekali kasus orang yang berumur 18-22 tahun tapi sudah mempunyai uban pada rambutnya. Mungkin masalah ini bukanlah masalah besar, tapi tidak jarang orang terutama wanita menganggapnya sebagai sebuah masalah. Karena mungkin seringkali mendengar komentar orang tentang rambutnya. Bahan-bahan yang harus kalian persiapkan yaitu kentang / kulit kentang secukupnya, kemudian siapkan air putih kurang lebih 2 gelas, 1 wadah bekas botol shampo, dan sebuah kuas.

Cara memakai kulit kentang buat menghilangkan ubann, pertama kupaslah kentang, kemudian kalian pisahkan kulit dari dagingnya. Tetapi yang kalian perlukan buat mengatasi uban ternyata kulitnya, bukan daging kentangnya. Lalu masukkan kulit kentang kedalam panci berisi air. Lalu didihkan air dengan kulit kentang selama sekitar 30 menit. Lalu angkatlah dan biarkan sampai dingin selama kurang lebih 5 menit, setelah itu kalian bisa memisahkan antara kulit kentang dengan air rebusan. Cuci rambut kalian menggunakan shampoo yang ringan serta bilaslah sampai bersih serta menunggu air rebusan kulit kentang menjadi lebih dingin.

Tunggu sampai air rebusan kulit kentang sampai benar-benar dingin, kemudian pakaila air tersebut dengan merendam rambut. Kalia juga bisa dengan sekedar menuangkan air tersebut pada rambut, kemudian tunggulah sampai 20 menit lamanya. Kalian juga bisa mengoleskan air ini pada rambut kalian yang beruban. Jika tidak ada kuas, kalian juga bisa memasukkan air rebusan kulit kentang ke dalam botol apa pun, bisa juga dari botol shampo bekas. Kemudian bilaslah hingga bersih seperti kalian keramas pada umumnya. Jika kalian menggunakannya secara rutin agar tampak lebih hitam serta menghilangkan uban. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut BercabangBahan Penghitam Rambut Alami)