5 Tips Memilih Catok Rambut Yang Bagus Dengan Tepat

Catok rambut atau pelurus rambut adalah kunci untuk mendapatkan rambut yang glossy dan lembut. Catok rambut adalah alat yang memiliki banyak fungsi,  manfaat catok rambut tidak hanya meluruskan rambut namun juga bisa digunakan untuk cara membuat rambut keriting gantung sendiri. Jenis catok rambut di pasaran sangat bervariasi dari segi bahan, ukuran dan bentuk, jadi mungkin akan sedikit membingungkan untuk memilihnya. Sangat penting untuk mengetahui tips memilih catok rambut yang bagus untuk mencegah rusaknya helaian rambut Anda.

Alat catok yang tepat akan dapat bertahan selama bertahun – tahun dan melindungi rambut dari kerusakan yang tidak perlu. Alat yang tepat akan menjadi investasi dan bukannya pembelian yang percuma yang harus Anda ganti setiap beberapa bulan. Melakukan tips memilih catok rambut yang bagus akan membantu Anda untuk menata rambut dengan cepat tanpa kerusakan dari suhu panas, rambut patah atau tekstur yang tidak seimbang. Tidak akan sia – sia untuk menghabiskan sedikit waktu dalam memilih peralatan yang tepat untuk kebutuhan dan kondisi rambut Anda.

1. Memilih Bentuk

Anda mungkin berpikir bahwa catok rambut hanya berbentuk datar saja, tetapi bentuk sudut dari alat ini dapat mempengaruhi kegunaannya. Jika pelat dan bagian ujung terluarnya sedikit membulat, akan lebih mudah untuk mengubah catok menjadi alat pengeriting rambut. Catok rambut dengan ujung tajam akan lebih sulit diadaptasi tetapi akan memberi Anda penampilan rambut yang sedikit lebih lurus. Untuk perlindungan rambut dan menghindari bahaya catok rambut, gunakan krim rambut untuk catok atau vitamin rambut sebelum dicatok.

2. Mempertimbangkan Lebar Plat

Dalam tips memilih catok rambut yang bagus, semakin lebar plat akan semakin cepat Anda dapat meluruskan rambut. Sudah tentu jika Anda merencanakan untuk bepergian, Anda akan membutuhkan plat yang sedikit lebih kecil yang mudah dimuat ke dalam tas. Wanita yang memiliki rambut halus juga bisa menemukan bahwa plat lebar akan menghasilkan terlalu banyak panas dan merusak helaian rambutnya. Catok rambut akan menjadi cara merawat rambut mengembang menjadi lurus dengan memastikan Anda juga menggunakan vitamin rambut yang bagus untuk melindungi rambut. 

3. Memilih Plat

Plat pada alat catok rambut dibuat dari berbagai variasi bahan logam dan yang lainnya. Tidak ada cara yang benar dalam tips memilih catok rambut yang bagus ketika memilih plat, sebaiknya Anda mempertimbangkan kebutuhan rambut Anda.

  • Titanium akan memanas dengan cepat dan suhunya lebih merata, namun cenderung lebih mahal dan Anda tidak membutuhkan bahan alumunium kecuali memiliki rambut yang sangat keriting dan kasar.
  • Plat berbahan keramik memberi gabungan nilai dan manfaat yang efektif, menawarkan panas yang lebih merata untuk kebanyakan tekstur rambut. Beberapa catok rambut hanya memiliki lapisan keramik yang akan mengelupas seiring waktu sehingga mengakibatkan panas tidak merata atau tidak bekerja sama sekali.
  • Plat berbahan turmalin akan cocok bagi rambut rusak. Plat ini terkadang disebut plat ionik yang memproduksi ion negatif lebih banyak daripada ion positif, mengurangi kusut dan melindungi helaian rambut.

4. Mempertimbangkan Suhu Panas

Panas yang tinggi dalam tips memilih catok rambut yang bagus berarti cara meluruskan rambut yang lebih cepat dan efektif, tetapi tidak semua jenis rambut membutuhkan catok yang paling panas. Untuk mengurangi kerusakan pada rambut, carilah catok yang memiliki tombol penyesuaian suhu panas lalu gunakan pada suhu paling rendah sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Catok rambut murah terkadang memiliki panas yang tidak merata sehingga menghasilkan tekstur yang tidak seimbang dan bahkan beberapa bagian rambut yang terbakar.

5. Menyesuaikan Jenis Rambut

Ketika menerapkan tips memilih catok rambut yang bagus, Anda perlu mempertimbangkan kesesuaiannya dengan jenis rambut yang dimiliki.

  • Rambut Halus – Rambut yang halus dan tipis akan mudah mengalami kerusakan. Hindari catok rambut yang hanya memiliki satu mode suhu. Carilah catok yang memiliki pilihan pengaturan suhu yang memungkinkan Anda mengontrol panasnya. Catok berbahan keramik akan cocok bagi rambut halus.
  • Rambut Tebal – Pilih catok yang memiliki pengaturan suhu lebih tinggi yang akan memungkinkan Anda untuk meluruskan rambut dalam satu atau dua gerakan. Menggunakan suhu rendah membuat Anda harus melakukan pelurusan beberapa kali dan meningkatkan resiko kerusakan kutikula. Jenis plat yang cocok adalah yang berbahan titanium, yang cepat panas dan bertahan lama.
  • Rambut Keriting – Jenis rambut ini adalah yang paling rentan pada kekusutan. Anda perlu menggunakan catok yang rata dengan plat lebar, yang bisa menampung sejumlah besar rambut dalam satu waktu dan menghemat waktu penataan rambut Plat berbahan turmalin pada umumnya bagus untuk tipe rambut ini karena efektif bahkan pada suhu rendah. Anda juga bisa menggunakan plat keramik.
  • Rambut Rusak – Sebenarnya tips memilih catok rambut yang bagus untuk rambut rusak adalah tidak menggunakannya sama sekali. Tetapi jika Anda harus menggunakannya, pilihlah yang memiliki pengaturan suhu dan ujung membulat untuk mencegah rambut rontok dan tersangkut. Gunakan pelindung rambut lebih dulu dan pilih yang berbahan titanium dengan teknologi ionic.

Selain melakukan tips memilih catok rambut yang bagus, Anda juga perlu tahu mengenai suhu yang cocok untuk rambut. Penyesuaian suhu sangat penting karena akan memungkinkan Anda memilih suhu yang tepat untuk jenis dan gaya rambut. Rambut rapuh, rusak dan lemah sebaiknya menggunakan suhu 100 – 140 derajat celcius, rambut halus pada suhu 140 – 160 derajat celcius, rambut normal 160 – 180 derajat celcius, sedangkan rambut tebal perlu menggunakan suhu 180 – 240 derajat celcius. Perhatikan juga apakah alat catok yang dipilih mudah digunakan dan siap panas dalam waktu singkat saja yaitu sekitar 30 detik seperti alat catok pada umumnya.