9 Cara Membersihkan Daki Di Ketiak yang Menghitam

Area ketiak mungkin tidak mendapatkan perhatian khusus selain pembersihan biasa ketika mandi. Tetapi seperti bagian kulit lain di tubuh, kulit di ketiak juga memerlukan sedikit perhatian dari waktu ke waktu. Ketiak yang berkeringat adalah masalah kecantikan yang paling umum dialami para wanita. Sesekali aroma keringat ringan adalah suatu yang normal, tetapi bau badan berlebih yang tidak menyenangkan bisa menjadi sumber ketidak nyamanan untuk orang lain dan sangat memalukan untuk diri sendiri. Penyebabnya bisa berasal dari kebersihan yang kurang, kekurangan nutrisi, masalah pencernaan seperti konstipasi kronis dan masalah medis seperti kelainan metabolisme, penyakit liver atau diabetes. Selain itu, daki bisa menjadi penyebab ketiak hitam dan kulit ketiak  tampak kotor. Seringkali noda gelap di ketiak ini berasal dari penumpukan kulit kering yang memerlukan eksfoliasi atau pembersihan. Cara membersihkan daki di ketiak harus dilakukan agar ketiak tidak menimbulkan bau tidak sedap dan tampak bersih dengan tips memutihkan ketiak.

1. Lemon Juice

Potong satu buah lemon segar menjadi dua bagian. Gosok setengah lemon pada ketiak Anda untuk cara membersihkan daki di ketiak. Pastikan cairannya menempel pada kulit Anda. Biarkan mengering sendiri dan mandi seperti biasa. Lakukan cara ini sekali setiap hari sampai bau badan hilang sepenuhnya. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda bisa mencairkan air lemon dengan air biasa dan mengaplikasikan pada ketiak menggunakan kapas. Lemon dapat menjadi cara menghilangkan daki bertahun – tahun yang sulit hilang dengan sifat asamnya.

2. Baking Soda

Campur sejumlah yang sama dari baking soda dan tepung jagung atau tepung maizena. Aplikasikan langsung pada bagian ketiak yang kering untuk mencegah keringat dan bau badan tidak sedap. Gunakan cara ini jika Anda memerlukan perlindungan untuk beberapa jam. Sebagai alternatif Anda mungkin bisa mencampur satu sendok makan baking soda dan air perasan lemon. Oleskan pada ketiak dan bagian tubuh lain yang banyak berkeringat. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air dan jangan digosok ketika melakukan cara menghilangkan daki yang sudah menghitam karena bisa membuat kulit iritasi.

3. Cuka Apel

Cuka apel adalah cara membersihkan daki di ketiak yang paling baik untuk menggantikan deodorant. Manfaat anti bakteri didalamnya akan melawan pertumbuhan bakteri. Tuangkan sedikit cuka apel dalam mangkuk, tambahkan sedikit air untuk mengencerkannya. Celupkan kapas dan usapkan ke area ketiak. Cara ini akan mengurangi PH kulit dan mengurangi bau ketiak, juga menjadi cara menghilangkan daki dekil di ketiak.

4. Kunyit dan Dadih

Campur dadih dengan tepung gram atau tepung besan, sejumput bubuk kunyit dan aplikasikan pada area tersebut. Dadih memiliki khasiat alami sebagai pemutih dan bisa membantu mencerahkan kulit ketiak. Kunyi t adalah anti bakteri yang membantu ketiak tetap segar. Jangan gunakan terlalu banyak bubuk kunyit karena bisa meninggalkan noda kuning jelek pada kulit dan pakaian Anda. Anda juga dapat melakukan cara menghilangkan daki di leher dengan minyak zaitun dan krim penghilang daki sebagai perontok daki paling ampuh.

5. Kentang

Pertama – tama iris kentang yang sudah dicuci dan dikupas tipis – tipis, lalu gosokkan perlahan potongan kentang pada ketiak. Anda juga bisa memarut kentang dan mengambil sarinya untuk dioleskan pada ketiak. Biarkan selama 20 – 25 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan salah satu cara membersihkan daki di ketiak dengan kentang ini sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

6. Mentimun

Mentimun adalah sumber luar biasa dari vitamin C, molybdenum, vitamin K, asam pantothenat, potasium, tembaga, mangan, magnesium, fosfor, vitamin B1 dan biotin. Potong mentimun tipis dan gosokkan pada ketiak. Anda juga bisa memarut mentimun untuk mendapatkan airnya dan mengoleskan air mentimun pada ketiak. Lakukan cara ini dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

7. Batu Apung

Anda juga bisa menggunakan batu apung untuk cara membersihkan daki di ketiak dari sel kulit mati yang menumpuk. Tetapi perhatikan agar tidak menggosoknya terlalu keras karena kulit ketiak bisa menjadi sensitif pada bahan yang bersifat abrasi, sehingga menjadi lecet atau iritasi yang justru membuat ketiak tampak menghitam.

8. Kulit Jeruk

Campur satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya hingga menjadi pasta yang kental. Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta tersebut dan biarkan sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi perawatan ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

9. Tawas

Tawas bertindak sebagai disinfektan pada kulit dan juga menyeimbangkan PH kulit. Semua mikroba yang berbahaya bertanggung jawab pada rasa gatal dan keringat sehingga menyebabkan daki menumpuk di ketiak juga akan hilang oleh tawas. Siapkan 1 – 2 sendok teh bubuk tawas dan air secukupnya. Campur sampai menjadi pasta dan aplikasikan pada ketiak selama 10 – 15 menit sebelum mandi seperti biasa. Gunakan cara ini satu atau dua kali dalam seminggu. Tawas mungkin tidak cocok untuk semua orang , karena itu lakukan tes alergi lebih dulu sebelum mencobanya.

Jika setelah melakukan cara membersihkan daki di ketiak namun tidak ada perubahan berarti pada warna kulit ketiak Anda, maka diskusikan kondisi tersebut dengan dokter kulit yang terpercaya. Jika ketiak Anda tidak hitam karena penumpukan daki, maka penyebabnya perlu dicari lebih jauh lagi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara lain untuk membersihkan kulit ketiak seandainya tidak ada sesuatu hal yang serius dari perubahan warna di ketiak tersebut.