7 Penyebab Kulit Belang Di Wajah yang Sering Terjadi

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan kulit berubah warna menjadi gelap. Kondisi ini bisa muncul dalam skala kecil, area kulit yang besar, atau mempengaruhi seluruh tubuh. Gejala hiperpigmentasi bisa dilihat jika ada area kulit yang menjadi gelap. Ukuran petak gelap bisa bervariasi. Kulit kita mengandung zat yang disebut melanin yang membentuk pigmen. Melanin adalah polimer kompleks yang dihasilkan dari asam amino bernama tyrosine yang ditemukan dalam sel melanosit.

Sel melanosit adalah sel yang khusus didistribusikan melalui lapisan atas dari kulit, yaitu bagian epidermis. Ketika melanin diproduksi, akan menyebar ke sel kulit terdekat lainnya sehingga memberikan warna kulit yang sama. Terkadang  sel melanosit bisa berkumpul dalam grup membentuk tahi lalatm bintik – bintik, age spot, dan kulit belang lainnya. Kulit yang belang bisa menjadi masalah kosmetik yang memalukan terutama jika terjadi pada wajah Anda. Walaupun kulit belang di bagian lain tubuh bisa ditutupi, wajah merupakan area pertama yang dilihat orang lain. Untuk mengatasi masalah kulit belang, terlebih dulu Anda perlu memahami apa saja penyebab kulit belang di wajah tersebut.

1. Melasma

Melasma adalah penyebab kulit belang di wajah berupa petak – petak berwarna coklat. Melasma lebih umum terjadi pada wanita hingga sekitar 90 persen dan seringkali timbul selama kehamilan. Orang dengan kulit yang lebih gelap juga lebih rentan mengalami melasma. Penyebabnya belum diketahui, tetapi orang dengan riwayat keluarga yang mengalami melasma lebih mungkin mengalaminya. Terkadang melasma bisa hilang dengan sendirinya tetapi ada beberapa pilihan perawatan termasuk prosedur chemical peeling, mikrodermabrasi dan krim yang mengandung hydroquinone.

2. Rosacea

Penyebab kulit belang di wajah ini berupa penyakit kulit yang menimbulkan ruam kemerahan seperti jerawat di wajah. Kemerahan umumnya muncul di dahi, dagu, pipi dan hidung, juga bisa diikuti oleh bentol dan jerawat atau pembuluh darah yang terlihat jelas. Penyebabnya hingga kini belum diketahui tetapi ada perawatan yang bisa meringankan gejalanya untuk cara menghilangkan belang di wajah karena rosacea.

3. Jerawat

Penyebab kulit belang di wajah ini berasal dari produksi minyak atau sebum yang berlebih di kulit wajah. Dikombinasikan dengan sel kulit mati dan bakteri yang dapat menyumbat pori – pori dan menyebabkan lesi. Jerawat paling umum di wajah namun juga bisa muncul di dada, bahu dan punggung. Lesi jerawat bisa menyebabkan kemerahan dan bopeng bahkan jerawat kronis bisa menyebabkan perubahan warna kulit.

4. Sinar Matahari

Kerusakan akibat sinar matahari adalah penyebab kulit belang di wajah yang paling sering dan umum khususnya pada orang yang berusia lebih tua. Ekspos jangka panjang terhadap sinar matahari mengarah kepada perubahan pigmentasi yang menyebabkan bintik – bintik coklat dan garis putih. Paparan sinar matahari juga bisa mengarah kepada seborrhoeic keratoses yang berwarna coklat dan sering dianggap sebagai kelainan kulit pra kanker, dan juga bisa mengarah kepada kanker kulit. Anda bisa melakukan cara menghilangkan wajah kusam dan belang dengan masker untuk wajah belang atau cara menghilangkan wajah belang dengan kunyit.

5. Vitiligo

Ini adalah penyakit dimana kulit membentuk petak – petak putih. Vitiligo muncul ketika sel melanosit berhenti memproduksi melanin, karena sel mati atau berhenti berfungsi. Penyebab kondisi ini tidak jelas, tetapi diduga merupakan penyakit autoimun. Vitiligo bisa muncul pada usia berapapun dan di bagian tubuh manapun termasuk wajah. Pada awalnya berbentuk seperti titik kecil dan pucat pada kulit yang seiring waktu membesar. Umumnya vitiligo tidak berbahaya dan tidak menular tetapi masalah ini bisa membuat stres secara emosi dan psikologis pada penderitanya. Ada beberapa perawatan yang bisa membantu diantaranya krim kortikosteroid, perawatan depigmentasi dan sinar fototerapi UV A dan UV B. Beberapa perawatan ini memiliki efek samping tertentu sehigga harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

6. Hormon

Kulit belang pada wajah bisa disebabkan oleh perubahan tingkat hormon dalam tubuh yang mempengaruhi warna kulit. Kulit wajah yang belang bisa terjadi pada wanita yang sedang mengonsumsi obat – obatan mengandung hormon seperti pil kontrasepsi atau karena hormon kehamilan yang turut mempengaruhi warna kulit. Begitu juga dengan penyakit endokrin seperti penyakit Addison  yang mengganggu tingkat hormon dan bisa meningkatkan produksi melanin. Anda dapat mencoba cara memutihkan kulit belang dengan lemon.

7. Kosmetik

Perawatan kecantikan merupakan salah satu industri besar yang menguntungkan karena setiap wanita selalu akan mencari cara untuk tampil lebih cantik dan semakin cantik lagi. Sayangnya tidak setiap produsen memiliki integritas dalam pembuatan produknya. Banyak produsen nakal yang menggunakan bahan – bahan kimia tidak aman ke dalam produk kosmetiknya dan dijual dengan harga murah sehingga para wanita tergiur untuk mendapatkan manfaat besar hanya dengan harga serendah mungkin. Jenis kosmetik inilah yang bisa menjadi penyebab kulit belang di wajah karena bahannya tidak cocok dengan kulit.

Untuk mengatasi penyebab kulit belang di wajah, Anda memerlukan bantuan dokter kulit yang terpercaya. Dokter akan mengamati rekam medis Anda dan memberikan tes fisik untuk menentukan penyebabnya dengan tepat. Pengobatan topikal biasanya akan diberikan pada beberapa kasus hiperpigmentasi, biasanya menggunakan obat mengandung hydroquinone yang dapat memutihkan kulit, atau asam retinoat. Untuk perlindungan dasar sebagai pencegahan kulit belang Anda bisa memulainya dengan menggunakan tabir surya secara rutin setiap hari.