6 Cara Membuat Masker Kopi Untuk Wajah Berminyak

Seperti halnya manfaat teh hijau untuk wajah yang tidak hanya memberikan banyak manfaat ketika di minum, kopi juga sangat berkhasiat apabila dijadikan bahan alami membuat masker perawatan wajah. Kopi memiliki banyak manfaat dari mulai mengecilkan pori pori wajah, menghilangkan kulit kusam, menghaluskan kulit dan masih banyak lagi. Kopi memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang sangat tinggi sehingga berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat juga bisa diatasi. Berikut ini, kami punya ulasan menarik yakni cara membuat masker kopi untuk wajah berminyak yang sangat mudah untuk anda buat sendiri di rumah.

  1. Masker Kopi Madu

Manfaat madu untuk kulit sudah digunakan sejak beribu ribu tahun yang lalu. Kombinasi antara kopi dan madu tidak hanya baik untuk menutrisi kulit, namun juga sangat ampuh dalam mengatasi kulit berminyak. Serbuk kopi halus akan bertindak sebagai scrub alami untuk mengikis sel kulit mati dan kotoan penyumbat pori. Sedangkan madu akan bertindak sebagai pengikat kotoran dan minyak berlebih pada kulit sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

  • Siapkan kopi hitam bubuk secukupnya kemudian campur dengan 3 sendok makan madu murni.
  • Aduk kedua bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta dan jangan terlalu encer agar lebih mudah saat diaplikasikan pada wajah.
  • Oleskan masker ini pada wajah yang sudah dibersihkan dan juga pada bagian leher.
  • Diamkan selama 60 menit hingga masker kaku dan mengencang di wajah lalu bilas bersih dengan air.
  1. Masker Kopi dan Yogurt

Tambahan yogurt dalam masker kopi ini juga akan memaksimalkan pengurangan kadar minyak di area wajah. Dalam yogurt tidak hanya ampuh untuk mengurangi minyak berlebih, namun juga mengandung sifat anti jamur dan juga anti bakteri yang akan membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat pada kulit berminyak. Sedangkan kandungan zinc dalam yogurt bermanfaat untuk menyembuhkan bekas jerawat dalam waktu yang lumayan cepat.

  • Siapkan 200 ml yogurt plain atau tawar dan bubuk kopi hitam secukupnya.
  • Campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta.
  • Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air hangat untuk membuka pori pori wajah.
  • Oleskan masker secara merata ke wajah dan leher lalu diamkan selama 30 menit supaya nutrisi dari kopi dan yogurt bisa meresap sempurna.
  • Bilas bersih dengan air dan perciki dengan air es untuk menutup kembali pori pori wajah.
  1. Masker Kopi dan Lemon

Selain banyak manfaat lemon untuk rambut, buah citrus ini juga sangat baik digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Berbagai masalah pada kulit berminyak seperti jerawat, komedo, noda hitam dan tentu saja muka yang terlihat terlalu berminyak bisa diatasi hanya dengan memadukan kopi dengan lemon sebagai masker. Kandungan vitamin C yang ada dalam lemon sangat baik digunakan untuk mengurangi sebum atau minyak berlebih dan juga membunuh bakteri penyebab jerawat.

  • Peras air dari 1 buah lemon lalu campurkan dengan kopi hitam bubuk secukupnya sampai membentuk adonan pasta.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun ringan pembersih wajah untuk mengangkat sisa kotoran yang masih melekat di wajah.
  • Oleskan masker tersebut secara merata pada wajah dan leher lalu diamkan selama 30 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  1. Masker Kopi dan Jeruk Nipis

Manfaat buah jeruk nipis untuk wajah pada masker kopi ini sangat baik untuk mengurangi produksi minyak berlebih, mengatasi komedo dan jerawat serta mengecilkan pori pori wajah. Selain itu, kopi dan juga jeruk nipis ini sangat baik dipakai untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel bersama minyak penyebab kulit kusam.

  • Peras 1 buah jeruk nippi dan campur dengan bubuk kopi robusta secukupnya hingga menjadi adonan seperti pasta.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori dan oleskan masker hingga merata di permukaan kulit wajah.
  • Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas bersih dengan air dingin untuk menutup kembali pori pori wajah.
  • Lakukan perawatan wajah dengan masker kopi jeruk nipis ini sebanyak 2 kali seminggu untuk hasil memuaskan.
  1. Masker Kopi dan Putih Telur

Perpaduan kopi dan manfaat putih telur untuk wajah menjadi bahan alami yang sempurna tidak hanya untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah, namun juga memudarkan flek hitam serta memutihkan wajah secara alami. Tekstur putih telur yang lengket sangat baik untuk menarik minyak berlebih pada wajah sehingga tampilan wajah tidak terlihat mengkilap.

  • Ambil 1 putih telur dan kocok lepas sampai sedikit berbusa.
  • Tambahkan dengan 2 sendok makan kopi hitam lalu aduk kembali hingga rata.
  • Oleskan masker ini pada wajah dan diamkan sampai mengering dan wajah terasa kaku lalu bilas bersih dengan air hangat.
  1. Masker Kopi dan Air Mawar

Air mawar sangat baik digunakan untuk mengangkat sisa kotoran yang menyumbat pori, mengontrol minyak berlebih sekaligus mengatasi jerawat dan komedo sehingga akan memaksimalkan masker kopi tersebut. Selain itu, menggunakan kombinasi kopi dan air mawar sebagai masker akan memberikan tampilan kulit yang lebih putih dan cerah secara bertahap.

  • Campur 2 sendok makan ampas kopi dengan 2 sendok makan air mawar lalu aduk hingga rata.
  • Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit atau hingga kering.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih dan lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa cara membuat masker kopi untuk wajah berminyak yang dipadukan dengan beberapa bahan alami lainnya supaya lebih efektif dalam mengurangi minyak berlebih di area wajah. Selain untuk wajah berminyak, masker ini juga cocok digunakan untuk jenis kulit lainnya seperti kombinasi dan sensitif.