20 Cara Mengatasi Wajah Kering dan Bersisik Secara Aman

Kulit wajah merupakan bagian terpenting yang harus selalu dirawat. Banyak sekali wanita yang mengalami kendala atau masalah dengan kulit wajahnya, misalnya seperti jerawat, kulit kering, kusam, berminyak dan lain sebagainya. Ada banyak sekali masalah yang bisa datang dan bertamu di kulit wajah mu. Namun ladies, kamu harus tahu dahulu apa masalah kulit mu sebelum mengatasinya. Nah ladies, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara melembabkan kulit yang kering dan kusam. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh, yuk simak dahulu apa saja sih yang menyebabkan kulit jadi kering dan kusam.

Penyebab Kulit Kering dan Bersisik

Ladies, ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kulit mu menjadi kering dan kusam, penyebab kulit kering dan keriput serta bersisik di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Faktor genetik atau keturunan.
  2. Kurang tidur atau kurang istirahat
  3. Kurang konsumsi air putih
  4. Kurang konsumsi buah dan sayur
  5. Malas membersihkan wajah
  6. Polusi udara atau polusi kendaraan bermotor
  7. Tidak cocok kosmetik
  8. Tidak cocok dengan air mandi

Ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kulit mu menjadi tidak lembab, namun kamu juga bisa melakukan pencegahan atau mengatasi hal tersebut dengan cara yang berikut ini.

  1. Tidur cukup

Tidur yang cukup ternyata sangat mempengaruhi kesehatan kulit kita loh ladies, terutama kulit yang berada dibagian wajah. Kamu bisa tidur paling tidak 6-8 jam untuk mencukupi kebutuhan tidur harian setiap harinya. Tidur yang berkualitas juga sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Dan jika seseorang kurang tidur, maka yang akan terjadi adalah perubahan pada warna kulit. Kulit mu bisa menjadi lebih kusam, kering dan bahkan terasa tidak sehat.

  1. Konsumsi air putih

Konsumsilah air putih setiap hari sebanyak 8 gelas per hari. Dengan rutin mengonsumsi air putih, maka tubuh mu akan jauh lebih sehat dan begitu juga dengan kulit mu. Konsumsilah air putih yang sehat, dan air putih yang sehat adalah air putih yang tidak berawarna, tidak berbau dan tidak berasa. Pastikan juga kamu menggunakan gelas yang bersih untuk minum ya ladies.

  1. Konsumsi buah

Salah satu cara untuk bisa hidup sehat dengan kulit yang cantik adalah dengan mengonsumsi buah segar. Kamu bisa mengonsumsi buah yang segar setiap hari, tidak perlu buah yang mahal dan import loh ladies. Kamu cukup mengonsumsi buah apel lokal, pisang, pepaya dan buah lokal jenis lainnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit mu. Pastikan juga untuk mencuci buah sebelum memakannya ya ladies, agar terhindar dari zat kimia berbahaya seperti pestisida.

  1. Konsumsi sayuran

Selain mengonsumsi buah, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran. Sayuran yang kamu konsumsi harus bebas dari zat kimia berbahaya ya ladies. Sayuran yang bisa kamu makan ada banyak sekali, misalnya saja wortel, brokoli, kacang-kacangan, bayam dan lain sebagainya. Sayur yang sehat tidak harus import, kamu bisa membeli sayuran lokal di pasar dengan harga dan kualitas yang baik.

  1. Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap hari sebagai cara mengatasi kulit keriput secara alami serta mendapatkan kulit yang sehat dan juga tubuh yang indah. Kamu bisa olahraga di pagi atau sore hari, dan pastikan jika olahraga yang kamu lakukan aman untuk dirimu ya ladies. Kamu bisa lari pagi, gym dan bahkan berenang, tapi sebelum berenang jangan lupa untuk menggunakan pelembab wajah. Olahraga yang menyehatkan adalah olahraga yang teratur atau rutin, dan pastikan kamu memiliki waktu luang untuk melakukannya.

  1. Gunakan masker saat keluar rumah

Selain kamu harus mengonsumsi asupan makanan yang menyehatkan, kamu juga bisa mengatasi kulit kering dan kusam dengan menggunakan masker ketika akan keluar rumah. Kamu bisa menggunakan masker yang biasa dijual di supermarket loh ladies. Dan pastikan jika masker tersebut bersih ya, jangan menggunakan masker berulang setiap hari. Gunakan satu masker untuk satu hari saja, dam pastikan ketika keluar rumah wajah mu terutupi masker agar terhindar dari polusi udara ya ladies.

  1. Rajin membersihkan wajah

Cara melembabkan wajah yang kering dan kusam juga bisa dilakukan dengan rutin membersihkan wajah setiap hari. Kamu bisa menggunakan milk cleanser setiap usai beraktivitas, dan dengan begitu wajah akan jauh lebih sehat, glowing dan cantik. Kamu tidak harus menggunakan milk cleanser yang mahal atau import, karena yang mahal belum tentu bagus loh ladies. Pilihlah pembersih wajah alami atau cleanser yang sudah berizin BPOM dengan harga yang terjangkau.

  1. Maskeran wajah

Gunakanlah masker wajah untuk cara merawat kulit kering,mendinginkan wajah dan melembabkan kulit wajah. Kamu bisa menggunakan masker yang memiliki izin BPOM ya ladies. Gunakan masker seminggu sekali, agar wajah tetap lembab dan terawat. Kamu juga bisa memasker wajah di salon, namun tentu pastikan jika budget mu sesuai ya ladies.

  1. Menggunakan pelembab

Gunakanlah pelembab wajah untuk menjaga kelembaban wajah mu ya ladies. Kamu bisa menggunakan pelembab yang lokal saja, tidak perlu menggunakan pelembab yang import tapi nyatanya tidak berefek pada wajah mu. Pastikan jika merk pelembab terdaftar izin BPOM dan ketika membelinya jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsanya ya ladies. Gunakan pelembab untuk kulit kering dan kusam seperlunya dan pastikan jika kandungan pelembab tersebut aman untuk kulit mu.

  1. Menggunakan krim malam

Selain menggunakan pelembab wajah, kamu juga bisa menggunakan krim malam sebeum tidur. Dengan menggunakan krim malam, wajah akan lebih sehat, lembab dan berkilau loh ladies. Kamu bisa menggunakan krim malam series dari salah satu brand lokal seperti Wardah, dan pastikan jika kamu mengecek tanggal kadaluwarsanya sebelum membelinya ya ladies. Kamu harus menggunakan krim tersebut secara rutin, untuk mendapatkan kulit yang sehat, lembab dan cerah.

  1. Menggunakan serum wajah

Serum wajah ternyata juga sangat penting untuk digunakan setiap minggunya, dan kamu bisa menggunakannya  2 kali dalam seminggu. Kamu bisa memilih serum wajah dengan bahan kolagen dan water atau air ya ladies. Pastikan jika serum yang kamu gunakan memiliiki izin edar dari BPOM dan jauh dari tanggal kadaluwarsa. Jangan menggunakan serum abal-abal yang tidak memiliki izin BPOM, karena bisa jadi bahan yang terkandung tidak aman untuk kulit kita atau belum pasti keamanannya.

  1. Menggunakan toner

Toner wajah juga sangat penting digunakan setiap hari, kamu bisa menggunakan toner dari bahan alami seperti lidah buaya dan buah-buahan lainnya. Gunakanlah toner wajah sebelum menggunakan pelembab atau krim lainnya. Pastikan jika toner berbahan alami dan aman untuk digunakan jangka panjang ya ladies. Pastikan juga jika toner tersebut memiliki izin edar dari BPOM agar nantinya kamu merasa lebih aman ketika menggunakan toner tersebut.

  1. Facial wajah

Facial wajah dengan rutin bisa membuat wajah tampak lebih glowing dan sehat. Kamu bisa melakukan facial 3 minggu sekali, gunanya untuk membersihkan kulit atau sel mati dari wajah mu. Pastikan jika kamu melakukan facial di tempat yang aman dan terpercaya, misalnya saja melakukan facial di klinik kecantikan yang sudah berizin dan bersertifikat ya ladies. Kamu bisa memilih facial buah, facial

  1. Menggunakan facial wash berbahan susu

Selain melakukan facial di klinik kecantikan, kamu juga bisa menggunakan facial wash berbahan susu. Kamu bisa menggunakan facial wash dengan bahan susu sapi atau susu kambing loh ladies. Apalagi akhir-akhir ini sangat banyak sekali produk kosmetik yang menggunakan bahan dasar susu. Pilihlah facial wash susu yang memiliki izin BPOM agar tidak berbahaya bagi kulit. Kamu juga harus memperhatikan tanggal kadaluwarsa dari facial wash tersebut ya ladies, agar nantinya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit wajah mu.

  1. Minum vitamin kulit

Minumlah vitamin untuk kulit setiap hari, tapi tetap perhatikan merk serta jenis vitamin kulit yang akan kamu konsumsi ya ladies. Pastikan jika vitamin yang akan kamu konsumsi aman dan terdaftar di BPOM, pastikan juga kamu membeli vitamin yang masih jauh dari tanggal kadaluwarsa ya ladies. Hindari membeli vitamin dari brand yang tidak jelas asal usulnya, kamu bisa mengecek brand di internet tanpa harus pusing memikirkannya.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Gunakanlah minyak zaitun untuk menjaga kelembaban dan kecerahan warna kulit tubuh mu. kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun juga untuk memperbaiki pencernaan mu loh ladies. Pastikan jika minyak zaitun yang kamu gunakan asli ya ladies, agar tidak berbahaya bagi kesehatan kulit mu. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah sangat banyak, misalnya saja dengan di oleskan di wajah mu yang kering dan kusam. Kamu bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam masker wajah alami. Misalnya saja dengan membuat masker zaitun dengan campuran buah-buahan.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Gunakanlah minyak kelapa untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit wajah mu ya ladies. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa ini di siang atau malam hari, kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa ini sebagai campuran masker wajah atau rambut. Pastikan jika minyak kelapa kamu buat sendiri ya ladies. Cara membuatnya juga sangat mudah sekali loh ladies

  • Pertama kamu bisa menyiapkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan.
  • Kemudian kamu bisa menambahkan pisang sebanyak ½ buah saja.
  • Haluskan pisang dan minyak kelapa.
  • Selanjutnya kamu bisa menggunakannya dengan kuas masker.

Cara menggunakan masker ini juga sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama pastikan jika wajah mu sudah bersih.
  • Kedua kamu bisa mengoleskan masker pada wajah mu secara merata.
  • Ketiga kamu bisa mendiamkan masker pada wajah mu hingga mengering.
  • Selanjutnya kamu bisa membilas kulit wajah mu dengan air bersih yang mengalir.

Merawat kulit wajah dengan menggunakan masker dari minyak kelapa ini bisa kamu lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Menggunakan air mawar

Selain menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan air mawar loh ladies. Air mawar sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah mu, kamu juga bisa membeli air mawar sendiri di toko kosmetik, tapi pastikan jika air mawar yang kamu beli memiliki izin BPOM. Ladies, kamu bisa membuat air mawar sendiri di rumah loh, dan caranya juga sangat mudah sekali.

  • Pertama siapkan bunga mawar merah sebanyak 5 tangkai, ambil saja kelopaknya ya ladies.
  • Kedua kamu bisa mencuci bersih kelopak mawar dengan air bersih.
  • Kemudian rebuslah mawar dengan air sebanyak 2 gelas, dan rebus hingga menjadi 1 gelas.
  • Selanjutnya diamkan ya ladies, jika sudah tidak panas bisa kamu masukkan ke dalam kulkas agar dingin.
  • Masukkan dalam botol spray, dan air mawar segar sudah siap kamu gunakan.

Cara menggunakan air mawar untuk menjaga kelembaban dan kecerahan warna kulit mu juga sangat mudah.

  • Pertama bersihkan kulit wajah mu dengan menggunakan facial wash.
  • Kedua kamu bisa menyemprotkan air mawar pada kulit wajah mu yang sudah bersih.
  • Tepuk-tepuk semprotan pertama mu ya ladies.
  • Kemudian semprotkan lagi dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

Ladies, cara ini bisa kamu lakukan setiap usai beraktivitas di malam hari, kamu bisa menggunakan air mawar ini setiap malam dalam jangka panjang.

  1. Menggunakan lidah buaya

Setelah kamu menggunakan air mawar, kamu bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk kulit wajah, lidah buaya bisa membuat kulit tampak lebih lembab dan sehat ya ladies. Lidah buaya sangat kaya akan kandungan air dan vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Dan bahkan ada banyak sekali produk kosmetik yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan dasar pembuatan produknya. Nah ladies, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah. Cara membuat dan menggunakan lidah buaya sebagai masker wajah sebagai berikut.

  • Pertama siapkan lidah buaya sebanyak 1 buah.
  • Kedua cuci bersih lidah buayanya ya ladies.
  • Selanjutnya ambilah gel lidah buaya.
  • Kemudian kamu bisa menambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya ya ladies.
  • Dan terakhir masukkan masker dalam kulkas agar siap digunakan.

Cara menggunakan masker dari lidah buaya dan minyak alami ini sangat mudah sekali loh ladies.

  • Pertama pastikan jika wajah mu sudah bersih.
  • Kedua kamu bisa mengoleskan masker pada wajah mu secara merata.
  • Ketiga kamu bisa mendiamkan masker pada wajah mu hingga mengering.
  • Selanjutnya kamu bisa membilas kulit wajah mu dengan air bersih yang mengalir.

Merawat kulit wajah dengan menggunakan masker dari lidah buaya ini bisa kamu lakukan 2 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Menggunakan masker buah

Selain menggunakan masker dari lidah buaya dan air mawar, kamu bisa menggunakan masker dari buah-buahan seperti stroberi, pisang, bengkoang, ketimun dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan buah sebagai masker alami pelembab dan pencerah wajah loh ladies. Dan cara membuat serta menggunakannya juga sangat mudah sekali loh. Misalnya saja membuat masker dari stroberi, kamu bisa menggunakan susu sebagai bahan tambahan masker mu. Dan pastikan jika buah yang kamu gunakan adalah buah segar ya ladies.

Nah ladies, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara melembabkan kulit wajah agar lebih lembut, cerah dan tidak kusam. Cara ini sangat efektif dan mampu membantu kulit mu agar lebih ternutrisi, dan jangan lupa untuk tetap mengonsumsi vitamin untuk kulit agar bagian dalam kulit mu tetap terjaga dan terawat setiap saat ya ladies. Pastikan kamu melakukan perawatan wajah dengan cara yang benat, aman dan jika bisa lebih baik menggunakan cara yang alami saja.