20 Cara Membuat Bibir Tipis Tanpa Operasi

Bibir selalu dianggap sebagai pusat perhatian pada wajah khususnya untuk kaum wanita. Memiliki bentuk bibir yang indah adalah impian setiap wanita. Senyum yang berasal dari bibir yang sehat dan merekah sempurna akan menarik banyak perhatian dari keseluruhan penampilan wanita. Tidak heran banyak sekali wanita yang berusaha untuk memiliki bentuk bibir yang cantik dan seksi untuk menunjang penampilannya sehari – hari. Bibir yang terlihat hitam dan kering pastinya tidak akan tampak menarik dan bisa mengurangi nilai penampilan seseorang.

Sebaliknya, bibir yang sehat dan indah mencerminkan tubuh yang sehat dan dirawat dengan baik. Bentuk bibir juga menentukan penampilan seorang wanita. Banyak orang yang menganggap bentuk bibir tebal lebih menarik dan lebih enak diliihat. Akan tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar karena justru pada beberapa orang yang memiliki bibir penuh dan besar pun terkadang mengalami masalah karena terlihat terlalu tebal bahkan tidak menarik. Karena itu, terkadang para pemilik bibir tebal ingin memiliki bentuk bibir yang lebih tipis.

Mendapatkan Bibir Tipis Sehari – hari

Tidak semua orang diberkati dengan bentuk bibir yang tipis dan kecil. Banyak wanita yang justru memiliki bentuk bibir tebal dan besar, serta menginginkan bibir yang tipis untuk menunjang penampilannya. Cara membuat bibir tipis yang perlu dijadikan suatu kebiasaan baik Anda sehari – hari yaitu:

1. Menjaga bibir tetap bersih

Banyak ahli kecantikan menyatakan bahwa menjaga bibir tetap bersih adalah suatu cara yang luar biasa untuk mendapatkan bibir yang kecil dan tipis. Kotoran, sisa make up dan sel kulit mati bisa menumpuk di kulit bibir, yang akan mengakibatkan retak dan pecah – pecah. Anda bisa membersihkan bibir dengan scrub yang tercantum dalam cara memerahkan bibir dengan gula pasir.

2. Gunakan pelembab

Mempertahankan kelembaban pada kulit bibir sangat penting untuk membuat bibir tampak kecil, lembut dan halus. Bibir yang kekurangan kelambaban akan tampak kering dan rapuh yang justru akan menyebabkan bibir tampak besar dan tebal. Lembabkan bibir dengan menggunakan pelembab berkualitas dan bisa juga Anda gunakan cara melembabkan bibir dengan madu.

3. Merawat cedera pada bibir

Bibir adalah organ tubuh yang mudah mengalami cedera karena tipisnya kulit bibir, khususnya jika perawatan bibir sering diabaikan. Bibir yang cedera akan tampak bengkak, pecah – pecah dan tentu saja akan tampak lebih besar daripada biasanya. Jika Anda sedang mengalami cedera pada bibir, segera tempelkan es batu untuk mencegahnya membengkak.

4. Hindari Lip Gloss

Lip gloss yang sifatnya mengkilap membuat bibir akan terlihat penuh dan besar, jadi hal ini akan menjadi masalah ketika bentuk bibir memang sudah penuh. Sebaiknya gunakan lipstik yang memiliki warna mirip dengan warna kulit Anda untuk cara membentuk bibir seksi, sehingga akan menyamarkan bentuk asli bibir dan tampak lebih tipis.

5. Tersenyum 

Sebuah senyum akan menarik bibir dan membuat bibir terlihat lebih tipis. Walaupun efek senyum terhadap bentuk bibir ini hanya bertahan sebentar saja, namun hal ini cukup efektif dan Anda akan terlihat lebih bersahabat. Membiasakan diri untuk tersenyum juga akan membawa aura positif pada kepribadian dan suasana hati Anda, juga memperbaiki kesan tentang kepribadian Anda di mata orang lain.

6. Minum air putih 

Menjaga kelembaban bibir sangat penting untuk memastikan bibir tidak terlihat kering dan pecah – pecah. Biasakan untuk mengonsumsi air putih enam sampai delapan gelas sehari untuk menjaga kulit tubuh dan bibir tetap lembab. Ketahuilah cara memerahkan bibir secara alami dalam 1 minggu dan cara memerahkan bibir dengan kunyit.

7. Menghilangkan rambut diatas bibir

Jika Anda termasuk wanita yang memiliki rambut halus tumbuh di atas bibir yang terlihat jelas, sebaiknya hilangkan segera karena akan turut mempengaruhi bentuk bibir yang akan tampak lebih besar. Rambut halus di atas bibir juga akan tampak lebih jelas lagi ketika Anda menggunakan make up seperti foundation. Menghilangkannya dapat dilakukan dengan cara wax, threading atau tweezing adalah beberapa metode yang aman untuk menghilangkan bulu. Jangan menghilangkannya dengan cara mencukur, karena hasil pencukuran justru akan membuat rambut tipis diatas bibir tumbuh menjadi kasar dan tebal.

8. Hindari menggigit bibir

Menggigit bibir adalah suatu kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang, namun yang tidak disadari adalah kebiasaan tersebut akan memancing penampilan bibir menjadi tampak lebih lebar dan tebal. Mengigit bibir juga bisa menyebabkan bibir menjadi cedera atau berdarah. Hentikan atau hindari kebiasaan ini untuk mendapatkan bentuk bibir Anda yang alami.

Senam Untuk Menipiskan Bibir

Latihan senam bibir dipercaya akan dapat memberikan bentuk bibir yang lebih indah dan sempurna, termasuk untuk mendapatkan cara menipiskan bibir yang tebal. Berikut ini adalah gerakan senam bibir yang bisa dilakukan:

  1. Bersiul – Lakukan gerakan seperti akan bersiul dan keluarkan nada siulan mulai dari rendah hingga tinggi untuk melatih otot wajah dan bibir  selama 3 hingga 5 menit. Gerakan ini akan melatih otot rahang dan membuat bibir lebih kencang.
  2. Mencium – Mendorong bibir ke depan dengan gerakan mencium sambil mengisap dinding pipi bagian dalam, tahan selama 2-3 detik. Lakukan pengulangan beberapa kali selama 3-5 menit.
  3. Senyum lebar – Tersenyum sambil membentuk senyuman lebar selama beberapa detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  4. Rotasi Bibir – Memutar bibir membentuk satu lingkaran bersudut 360 derajat sambil memonyongkan bibir seperti hendak mencium.
  5. Senyum sebelah – Menarik sisi bibir sebelah seperti sedang tersenyum sementara sudut yang satunya dibiarkan saja.
  6. Senyum/cium – Kombinasi antara gerakan senyum dan cium dilakukan dengan cepat sebanyak 5-10 kali selama 15-20 detik untuk melatih otot ujung dan tepian bibir.
  7. Meniup lilin – Hampir sama dengan gerakan mencium dan bersiul, namun sambil menahan udara di dalam pipi sehingga pipi tampak menggembung. Lakukan sambil menghembuskan napas selama 2-3 detik secara perlahan.

Make Up untuk Menipiskan Bibir

Cara membuat bibir tipis lainnya adalah dengan menggunakan trik make up yang dapat menjadi cara mengecilkan bibir secara alami dengan cepat.

1. Gunakan concealer

Menggunakan concealer atau foundation merupakan tips make up tahan lama. Pilihlah concealer yang paling mendekati warna kulit Anda. Oleskan pada bibir bagian atas bawah dan sekitar satu milimeter panjangnya.

2. Gunakan Foundation

Menyamarkan bentuk bibir dan area di sekelilingnya agar berwarna sama untuk cara membuat bibir tipis dapat Anda lakukan dengan menggunakan foundation. Anda dapat memilih foundation untuk kulit sawo matang, foundation untuk warm undertone, atau foundation untuk kulit gelap dan foundation untuk kulit kering.

3. Menggunakan Concealer

Ketika founfation sudah benar – benar kering, saatnya menggunakan concealer pada area bibir. Anda dapat menggunakan merk concealer untuk kulit berminyak atau merek concealer yang bagus yang dibuat khusus untuk bibir. oleskan concealer seperlunya pada bibir Anda. Baurkan concealer pada kulit sekeliling bibir dengan menggunakan spons.

4. Pensil Bibir

Karena tidak semua wanita merasa nyaman dengan menggunakan foundation atau concealer untuk menutupi bibir mereka, menggunakan pensil bibir sebagai alternatif cara membuat bibir tipis dapat menjadi pilihan. Pilihlah warna pucat atau netral untuk pensil bibir Anda. Warna yang terlalu gelap justru akan membuat bibir tampak lebih besar. Pulaskan pensil bibir dalam sapuan yang tipis agar tidak terlihat membatasi bibir dengan terlalu jelas.

5. Memilih Lipstik

Salah satu cara efektif lain untuk mendapatkan ilusi bentuk bibir yang lebih tipis adalah dengan mengaplikasikan lebih banyak warna pada bibir Anda. Cara memilih warna lipstik sesuai warna bibir  yang tepat akan sangat membantu. Misalnya, memilih warna lipstik untuk bibir gelap atau warna lipstik untuk bibir tebal yang sesuai. Anda bisa memilih warna lipstik yang terang seperti pink atau coklat muda, atau ungu dan bronze. Listik bertekstur creamy diperlukan untuk proses ini karena akan bertindak sebagai make up finishing.

Warna Bibir dan Kondisi Kesehatan

Tidak hanya perlu memperhatikan bentuk bibir agar wajah terlihat cantik saja, namun perbedaan warna bibir pun perlu menjadi perhatian Anda. Penyebabnya karena perubahan warna bibir bisa mengindikasikan adanya perubahan pula dalam kondisi kesehatan tubuh.

  • Bibir gelap

Merokok adalah salah satu faktor yang menjadi penyebab warna bibir menjadi hitam, karena berbagai jenis bahan kimia berbahaya yang mempengaruhi perubahan warna tersebut. Akan tetapi jika rokok bukanlah penyebab bibir Anda menjadi hitam, maka bisa jadi warna bibir tersebut disebabkan oleh anemia yaitu kekurangan hemoglobin di dalam tubuh, keracunan logam dalam kosmetik, dan juga hiperpigmentasi sinar matahari. Manfaat pasta gigi untuk bibir dapat mengatasi masalah bibir yang menghitam bukan karena penyakit.

  • Bibir kering dan pecah – pecah

Terkadang kondisi bibir yang pecah – pecah bukan hanya disebabkan oleh pelembab pada bibir saja namun juga karena beberapa kondisi kesehatan tertentu antara lain pellagra, terjadi karena kekurangan vitamin B3 atau niasin, angular cheilitis yaitu penyakit pada bibir yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah – pecah. Manfaat mentega untuk bibir dan manfaat minyak zaitun untuk bibir dapat mengatasi masalah bibir kering dan pecah – pecah.

  • Bibir bengkak dan membesar

Faktor yang biasanya menyebabkan bibir membengkak dan besar adalah alergi, terutama alergi makanan. Jenis – jenis makanan yang biasanya membuat bibir menjadi bengkak dan membesar biasanya adalah kacang – kacangan, kerang, putih telur, dan bermacam produk susu.

  • Bibir pucat

Penyakit yang biasanya menyebabkan bibir terlihat pucat antara lain adalah anemia, masalah pada jantung dan pembuluh darah, hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah. Jika beberapa kondisi tersebut Anda alami, maka tidak hanya bibir yang akan terlihat pucat. Seluruh kulit tubuh dan wajah pun biasanya akan terlihat pucat, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila gejala ini berlangsung terus menerus.

Cara membuat bibir tipis yang telah dijabarkan diatas tersebut semuanya dapat dilakukan secara alami, namun hasilnya tentu saja tidak akan bertahan lama. Anda dapat memperoleh bentuk bibir yang tipis permanen hanya melalui cara operasi, namun karena begitu banyak resiko negatif yang bisa terjadi sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan sangat seksama sebelum menempuh metode operasi. Pertimbangan yang seksama diperlukan agar Anda tidak menyesal ketika sampai mengalami resiko negatif tersebut, misalnya bentuk bibir yang didapatkan setelah operasi tidak sesuai dengan yang diinginkan.