9 Cara Mengatasi Wajah Kusam dan Flek Hitam Terbaru

Seiring Bertambahnya usia, kesegaran kulit dan tampilan muda pada wajah sudah mulai memudar dan rasanya cukup sulit untuk dipertahankan. Banyak orang yang beranggapan jika ada sebagian wanita yang cukup beruntung karena memiliki kulit wajah sempurna dan bersinar, namun sebenarnya penyebab kulit kering dan kusam serta banyak flek hitam bukan dihasilkan dari tipe kulit, akan tetapi karena gaya hidup dan pola diet yang dilakukan. Untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang sempurna harus dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, tidur cukup dan terbebas dari stres. Kulit wajah yang terlihat kusam dan banyak flek hitam bisa terjadi karena gaya hidup yang terlalu sibuk, paparan bahan kimia, polusi dan sinar matahari yang terlalu berlebihan sehingga tampilan kulit akhirnya terlihat kusam. Untuk cara mengatasi wajah kusam dan flek hitam tidak harus dilakukan dengan menutupi noda memakai foundation atau BB cream saja, namun ada beberapa solusi rumah sederhana yang sudah teruji ampuh untuk memberikan tampilan kulit seperti impian anda seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Masker Coklat

Cara melembabkan wajah yang kering dan kusam pertama adalah memakai coklat hitam atau dark chocolate. Coklat hitam atau dark chocolate sangat baik digunakan dan tidak menyebabkan wajah anda berjerawat. Tidak hanya lezat untuk dinikmati, namun coklat mengandung antioksidan alami untuk penyembuhan kulit serta mengatasi beberapa masalah kulit wajah seperti kusam, kering dan flek hitam.

  • Campur 1/2 sendok makan coklat hitam bubuk, 1/2 sendok makan madu, 1 sendok teh tepung gandum dan 2 sendok makan susu atau santan.
  • Bersihkan wajah dan secara perlahan, pijat area wajah dengan pasta tersebut lalu diamkan hingga mengering.
  • Bersihkan dengan air dingin.
  1. Almond

Almond mengandung pelembab dan nutrisi alami yang tinggi. Mengaplikasikan almond pada wajah secara teratur akan mempertahankan kemilau alami kulit, menutrisi sekaligus menghilangkan flek hitam secara cepat.

  • Rendam almond secukupnya dalam susu selama semalam.
  • Esok paginya, haluskan almond bersama dengan susu hingga membentuk pasta yang halus.
  • Oleskan pasta tersebut pada wajah setiap pagi lalu biarkan sampai mengering dan bilas memakai air dingin.
  1. Madu dan Lemon

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu menjadi salah satu dari sekian banyak kegunaan madu. Madu mengandung antioksidan, antiseptik, anti inflamasi dan sifatnya yang meringankan kulit sehingga sudah begitu banyak produk kosmetik yang memakai madu sebagai salah satu bahan dasarnya. Sedangkan tambahan lemon sangat baik untuk memutihkan kulit, menyamarkan bintik bintik hitam dan mengembalikan cahaya kuli.

  • Campur 1 sendok makan madu dengan jus lemon lalu oleskan secara lembut pada wajah sesuai dengan alur pertumbuhan bulu di wajah.
  • Diamkan selama 10 menit lalu bilas bersih dengan air.
  1. Minyak Kelapa

Manfaat buah kelapa bagi kecantikan salah satunya bisa didapat dari ekstrak minyak kelapa. Minyak kelapa sangat baik untuk mempertahankan membran yang sehat sehingga kulit bisa selalu lembab. Kulit dehidrasi akan terlihat kusam dan tidak bernyawa sehingga harus dilembabkan supaya bisa memperbaiki tampilan kulit sekaligus juga berguna untuk mengatasi masalah pada wajah seperti keriput dan flek hitam. Sifat antioksidan dan anti bakteri dalam minyak kelapa juga akan menyembuhkan kerusakan kulit, mencegah tanda penuaan dini, melembutkan dan membuat wajah bersinar.

  • Campurkan 2 sendok makan minyak kelapa dengan 2 sendok makan madu.
  • Terapkan pada wajah hingga merata dan diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Kenari

Kenari juga menjadi bahan alami yang bisa meningkatkan keindahan dan kemilau kulit wajah karena mengandung asam lemak esensial untuk melembabkan kulit. Kandungan zat besi dan seng dalam kenari juga baik dalam mempertahankan kolagen, sedangkan asam lemak omega 3 akan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Haluskan kenari secukupnya lalu campur dengan jus pepaya dan jus lemon secukupnya.
  • Oleskan secara merata pada wajah untuk mengelupas sel kulit mati penyebab flek hitam dan kulit kusam.
  1. Mentimun dan Jeruk

Manfaat timun untuk wajah sangat baik untuk menghidrasi dan meringankan bintik hitam pada wajah. Sedangkan jeruk yang tinggi akan antioksidan sangat dibutuhkan untuk menghilangkan tampilan kulit wajah kusam sehingga kombinasi kedua bahan ini akan memberikan tampilan kulit wajah yang sangat sempurna.

  • Campur 2 sendok makan jus mentimun dengan 2 sendok makan jus jeruk dan 1 sendok makan tepung beras.
  • Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.
  1. Aprikot

Aprikot juga menjadi buah ajaib untuk mengatasi kulit kusam sekaligus cara mencerahkan kulit wajah karena mengandung vitamin A sehingga bisa memberikan tampilan kulit semakin lembut dan kenyal. Aprikot juga menjadi bahan yang baik untuk mengelupas sel kulit mati dan menyingkirkan penyumbatan pori.

  • Rendam aprikot selama 1 malam dan esok paginya dihaluskan hingga lembut.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun lalu oleskan pada wajah.
  • Diamkan hingga mengering sekitar 15 hingga 20 menit lalu bilas bersih dengan air hangat.
  1. Strawberry

Buah ini tinggi akan serat namun rendah gula. Strawberry juga menjadi sumber vitamin C tinggi yang merupakan antioksidan penting untuk mengatasi garis halus dan bintik hitam sekaligus menjaga elastisitas kulit. Asam alpha hydroxyl yang ada dalam buah ini dapat membantu untuk menyingkirkan sel kulit mati dan menjaga kesehatan kulit dengan menyeluruh.

  • Haluskan buah strawberry segar secukupnya dan tambahkan dengan beberapa tetes madu.
  • Oleskan pada wajah kemudian diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.
  1. Yogurt

Yogurt merupakan komponen penting untuk merawat kulit yang berperan sebagai tabir surya alami, cara meratakan warna kulit dan agen pembersih. Selain itu, yogurt juga bisa memberikan tampilan kulit halus, membuat wajah bersinar dan menghilangkan flek hitam.

  • Campur 1 sendok teh yogurt dengan sedikit madu dan 1/2 buah pisang yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan secara merata ke wajah dan diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

Cara mengatasi wajah kusam dan flek hitam terbaik sudah disediakan alam dan bisa digunakan secara mudah dan terjangkau dibandingkan dengan berbagai jenis perawatan yang cukup mahal. Tidak hanya bisa mengatasi dua masalah wajah, namun semua bahan ini juga memberi nutrisi pada kulit untuk tampilan awet muda dan sempurna.